Advetorial

Pupuk Kaltim Berikan Pelatihan Administrasi dan Pembukuan Keuangan Pada Mitra Binaan

Pupuk Kaltim Berikan Pelatihan Administrasi dan Pembukuan Keuangan Pada Mitra Binaan
Para peserta dan manajemen PT Pupuk Kaltim berfoto bersama usai melaksanakan pelatihan administrasi dan pembukuan, Selasa (30/4/2019). (Fauzi/ Humas Pupuk Kaltim )

Akurasi.id, Bontang – Peningkatan mutu dan kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu lokus kerja yang digalakkan PT Pupuk Kaltim bagi masyarakat. Di antaranya dengan memberikan pelatihan administrasi dan pembukuan laporan keuangan bagi para kelompok usaha atau organisasi yang selama ini telah menjadi mitra PT Pupuk Kaltim.

Kegiatan yang mengusung tema Creating Better Society ini dilaksanakan pada 29-30 April 2019 itu menggandeng LKP Suvi Training. Program pembinaan melalui dana coorporate social responsibility (CSR) ini melibatkan sebanyak 13 peserta yang terdiri dari tiga kelompok usaha, yakni kelompok Kimasea, Cangkang Salona, dan KJA KOP BEM.

Kepada media ini, Staf Departemen CSR Pupuk Kaltim, Nikita Adriyani mengatakan, pelatihan administrasi dan pembukuan untuk mitra binaan CSR Pupuk Kaltim merupakan program kolaborasi antara Pupuk Kaltim dan LKP Suvi Training.

Melalui kegiatan itu, Pupuk Kaltim dan LKP Suvi Training ingin mendukung program pembinaan dan pemberdayaan masyarakat yang digalakkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang. Salah satunya mewujudkan visi Kota Taman sebagai kota Smart City.

“Penyelenggaraan kegiatan ini dalam rangka mendukung keberlanjutan dan kemandirian kelompok-kelompok binaan CSR Pupuk Kaltim. Kami ingin menguatkan aspek kelembagaan atau organisasi yang terstruktur secara baik serta sebagai bentuk pengembangan kapasitas atau capacity building bagi anggota kelompok,” jelasnya.

Dari acara itu diharapkan, para peserta mendapatkan pelatihan dasar dalam mengelola administrasi kelompok serta dapat menularkannya kepada anggota kelompoknya. “Semoga ilmu yang didapatkan di pelatihan ini bisa memberikan banyak manfaat,” ucapnya.

Dijelaskan, pemberian pelatihan dasar itu agar bagaimana melakukan proses pembukuan yang sederhana dengan metode pencatatan. Dengan demikian, akan membentuk  tertib administrasi guna mendukung keberlangsungan kelompok maupun organisasi yang dijalankan.

“Setelah mendapatkan pengetahuan dan pemahaman dalam pelatihan ini, kami berharap para peserta memiliki kualifikasi dasar yang dapat digunakan dalam menunjang kegiatan kelompok,” harap Nikita.

Pupuk Kaltim Berikan Pelatihan Administrasi dan Pembukuan Keuangan Pada Mitra Binaan
Staf Departemen CSR Pupuk Kaltim Nikita Adriyani memberikan sambutan usai pelatihan administrasi dan pembukuan kepada kelompok usaha. (Fauzi/ Humas Pupuk Kaltim)

Senada, Kepala LKP Suvi Training Eviwati mengharapkan, apa yang sudah diperoleh para peserta selama pelatihan berlangsung dapat diimplementasikan sebaik mungkin bagi pengembangan kelompok usaha atau organisasi.

Walau pun pelatihan telah selesai dilaksanakan, lanjut dia, pihaknya akan tetap membantu memberikan pembinaan kepada mitra binaan PT Pupuk Kaltim. Secara berkala, pihaknya akan berkunjung ke setiap kelompok usaha untuk melihat implementasi keilmuan dari pelatihan yang sudah diikuti.

“Kami berterima kasih kepada Pupuk Kaltim yang sudah bermitra dengan kami untuk memberikan pengetahuan tentang administrasi dan pembukuan kepada mitra binaan Pupuk Kaltim. Kami akan berkunjung ke kelompok binaan untuk melihat hasil dari pelatihan ini,” tuturnya.

Ketua kelompok Kimasea Jusman mengaku, baginya pelatihan tersebut sangat membantunya dalam memahami sistem administrasi dan pembukuan yang baik. Tidak hanya itu, ia mengaku mendapatkan banyak motivasi dalam mengelola manajemen administrasi.

“Program ini sangat membantu kami. Terima kasih dari kami untuk Pupuk Kaltim. Selama ini Pupuk Kaltim selalu peduli kepada kami. Semoga Pupuk Kaltim selalu menghadirkan manfaat yang baik dan senantiasa membantu masyarakat Bontang,” ucapnya. (*)

Penulis: Hermawan
Editor: Yusuf Arafah

5/5 (2 Reviews)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar!

avatar
Back to top button
Close
Close