Advetorial

Pupuk Kaltim Fasilitasi Mitra Binaan dengan Pelatihan Manajemen Budidaya Ikan

Pupuk Kaltim Fasilitasi Mitra Binaan dengan Pelatihan Manajemen Budidaya Ikan
Manajemen Pupuk Kaltim berfoto bersama dengan peserta pelatihan budidaya ikan di sekretariat HPKK Bontang Kuala, Senin (29/4).(Fauzi Humas Pupuk Kaltim)

Akurasi.id, Bontang – Pupuk Kaltim terus membuktikan komitmennya terhadap peningkatan hasil budidaya, baik ikan laut maupun ikan air tawar di Bontang. Salah satunya memfasilitasi warga pesisir yang merupakan mitra binaan, dengan memberikan pelatihan manajemen budidaya ikan kerapu, baronang, kakap, dan ikan putih pada keramba tancap dan keramba apung.

Kegiatan yang diselenggarakan di Sekretariat Himpunan Pembudidayaan Perikanan dan Kelautan (HPKK) Bontang Kuala itu, turut menggandeng dua instruktur dari Balai Riset Budidaya Air Payau di Maros, Sulawesi Selatan. Pelatihan ini dilaksanakan selama tiga hari sejak 29 April-1 Mei 2019.

Udiyanto, Superintendent Bina Lingkungan dan Kemitraan Departemen CSR Pupuk Kaltim mengatakan, hasil produksi perikanan di Bontang khususnya sektor budidaya ikan laut di keramba saat ini, cenderung tidak ada peningkatan yang signifikan. Padahal kata dia, banyak jenis ikan yang sangat potensial untuk dikembangkan yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Berdasarkan hasil pengamatan kata dia, terdapat dua hal yang menyebabkan produksi serta rendahnya minat masyarakat terhadap budidaya ikan laut. Yaitu rendahnya pengetahuan teknis tentang budidaya ikan, dan lambatnya transfer teknologi pada nelayan.

“Perlunya pelatihan agar memperoleh transfer teknologi dan informasi mengenai budidaya ikan laut di keramba, mendorong peningkatan hasil secara maksimal dan berkelanjutan, meningkatkan SDM bagi nelayan, serta mendorong dan mengembalikan semangat usaha nelayan pesisir,” tuturnya saat membuka pelatihan, Senin (29/4).

Pupuk Kaltim Fasilitasi Mitra Binaan dengan Pelatihan Manajemen Budidaya Ikan
Salah satu instruktur dari Balai Riset Budidaya Air Payau Maros saat memberikan pengarahan kepada peserta pelatihan.(Fauzi Humas Pupuk Kaltim)

Dirinya berharap, seluruh peserta pelatihan akan memahami tentang manajemen budidaya ikan pada keramba, serta teknik budidaya pada keramba apung dan tancap.

Program Pupuk Kaltim ini pun didukung penuh Pemkot Bontang. Syamsu Wardi, Kabid Perikanan Tangkap dan Budidaya Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKP3) mengatakan, pelatihan ini sejalan dengan visi misi Pemkot Bontang. Melalui pelatihan ini dia berharap, bisa menambah pengetahuan dan keahlian bagi para pelaku usaha budidaya ikan.

“Terima kasih Pupuk Kaltim terhadap kepeduliannya dalam peningkatan SDM pelaku usaha budidaya ikan di Bontang,”  tukasnya. (*)

Penulis: Bambang Al-Fatih
Editor: Yusva Alam

5/5 (1 Review)

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar!

avatar
Back to top button
Close
Close