Advetorial

Pupuk Kaltim Luncurkan Mobil Imun Goes to RT

Pupuk Kaltim Luncurkan Mobil Imun Goes to RT
Warga RT 46 Kelurahan Loktuan memeriksa kesehatan di Mobil Imun. (Yusva Alam/Akurasi.id)

Akurasi.id, Bontang – Pada Sabtu (16/3/19), PT Pupuk Kaltim meluncurkan program Mobil Imun Goes to RT. Peluncuran dilakukan di RT 46, Kelurahan Loktuan, Kecamatan Bontang Utara, Bontang. Program ini menunjukkan kepedulian Pupuk Kaltim untuk kesehatan masyarakat di sekitar perusahaan tersebut.

Sebanyak 3 RT disasar program yang sudah berlangsung sejak 2017 ini. Di antaranya RT 46, 47, dan 48. Berbeda dengan tahun sebelumnya, warga diminta hadir di kelurahan untuk pemeriksaan kesehatan. Kali ini, Mobil Imun datang berkeliling di setiap RT.

“(Pada) 2019 ini kami coba jemput bola,” ujar Esti Yuli Wulandari, Superintendent Bina Wilayah Departement CSR PT Pupuk Kaltim.

Dia menjelaskan, upaya ini merupakan hasil evaluasi setelah Pupuk Kaltim menjalankan program peduli kesehatan warga. Tujuannya agar kegiatan tersebut dapat menjangkau seluruh warga di sekitar perusahaan.

Program ini tidak hanya menyasar Kelurahan Loktuan, warga Kelurahan Guntung juga disasar Pupuk Kaltim lewat program kesehatan itu. “Kami fokus pada masyarakat bufferzone,” jelasnya.

Sediakan Beragam Layanan Kesehatan

Pupuk Kaltim Luncurkan Mobil Imun Goes to RT
Petugas Mobil Imun memantau perkembangan fisik seorang warga. (Yusva Alam/Akurasi.id)

Penanggung Jawab Mobil Imun, Sumarni mengungkapkan, program ini hadir untuk mendekatkan pelayanan promotif dan preventif dalam rangka meningkatkan imunitas warga di sekitar perusahaan.

Dalam program tersebut, banyak layanan yang tersedia. Salah satunya, vaksinasi bagi balita yang belum lengkap vaksin, dapat ditambah di Mobil Imun. Selain itu, petugas memantau tumbuh kembang balita. Di antaranya menimbang berat badan, mengukur tinggi badan, dan deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM).

Jika ditemukan warga yang memiliki penyakit dengan resiko tinggi, petugas akan merujuknya ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Bontang Utara 2. Contohnya ibu-ibu yang memiliki tensi lebih dari 200 dan gula darah yang tinggi.

“Puskesmas yang keluarkan rujukan ke rumah sakit. Apabila (Puskesmas) tidak bisa mengatasi (penyakit warga itu),” ungkap perempuan yang bertugas di Puskesmas Bontang Utara 2 ini.

Pelayanan lainnya terkait pemberian informasi kesehatan. Seperti informasi Demam Berdasar Dengue (DBD), distribusi abate dan obat gizi.

“Program ini untuk semua usia. Balita, remaja, pralansia, sampai lansia,” bebernya.

Dia menyebut, hasil pemeriksaan Sabtu ini, petugas menemukan penyakit yang paling banyak dialami warga adalah hipertensi dan diabetes melitus.

Warga Antusias Periksa Kesehatan Lewat Mobil Imun

Hadirnya program ini membuat warga antusias memeriksa kesehatan. Penduduk setempat senang dengan upaya Pupuk Kaltim. Pasalnya saat pemeriksaan kesehatan, warga tidak lagi dibebani untuk datang ke kelurahan.

“Dulu banyak warga kami yang tidak sempat periksa. Karena harus datang ke kelurahan,” ungkap Herawati, Ketua RT 46, Kelurahan Loktuan.

Mewakili warganya, dia mengucapkan terima kasih kepada manajemen Pupuk Kaltim yang telah meluncurkan program Mobil Imun. Herawati berharap program ini rutin dilaksanakan di kelurahan yang dipimpinnya. (*)

Penulis: Yusva Alam
Editor: Ufqil Mubin

5/5 (2 Reviews)

Tags

Tinggalkan Komentar!

avatar

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close