Advetorial

Pupuk Kaltim Mengajar Tingkatkan Mutu Pendidikan di Malahing

Pupuk Kaltim Mengajar Tingkatkan Mutu Pendidikan di Malahing
Shemly (baju biru) mencoba berinteraksi dengan para siswa SD YPPI saat mengajar Bahasa Inggris. (Humas Pupuk Kaltim for Akurasi.id)

Akurasi.id, Bontang – Program Better Living in Malahing terus menggema di Kampung Malahing. Kini, sisi pendidikan yang mendapat sentuhan dari program CSR PT Pupuk Kalimantan Timur tersebut. Melalui program Pupuk Kaltim Mengajar, anak-anak dan guru di SD Yayasan Pendidikan Pembinaan Islam (YPPI) dan PAUD Terapung Malahing kembali mendapat suntikan ilmu.

Person In Charge (PIC) Program CSR Better Living in Malahing, Irma Safni menjelaskan, Pupuk Kaltim Mengajar merupakan salahsatu program yang telah dicanangkan dalam program Better Living in Malahing, di bidang pendidikan. Dalam bidang ini, Pupuk Kaltim meminta para karyawannya untuk terlibat dalam upaya mencerdaskan anak bangsa.

“Kami menjadwalkan karyawan untuk bergiliran mengajar di Malahing,” ujar Irma.

Selain meminta karyawan untuk mengajar di SD YPPI Malahing, kali ini Pupuk Kaltim mengajar juga bekerjasama dengan Persatuan Istri Karyawan Pupuk Kaltim (PIKA PKT) melalui PAUD Terpadu Kuncup Melati untuk memberdayakan guru-guru serta mengajar anak-anak PAUD Terapung di Malahing.

Pupuk Kaltim Mengajar Tingkatkan Mutu Pendidikan di Malahing
Para Tenaga Pengajar PAUD Kuncup Melati memberikan pengajaran yang menyenangkan kepada anak-anak PAUD Terapung, Malahing. (Yusva Alam/Akurasi.id)

“Kerjasama ini dilakukan untuk memaksimalkan proses belajar mengajar di PAUD Terapung.  Harapannya anak-anak di Malahing mendapatkan kualitas pendidikan yang baik seperti di darat,” bebernya.

Sementara itu, karyawan yang mendapat tugas mengajar di SD YPPI Malahing, Selasa (26/2) kemarin adalah Shemly Romalona Nasution. Karyawan yang bekerja di Departemen Operasi 1 A sebagai operator ini memberikan pelajaran Bahasa Inggris kepada murid-murid.

Shemly berupaya memberikan pengajaran yang menyenangkan dengan cara berinteraksi. Mulai dengan cara mengajak bernyanyi Bahasa Inggris, memberikan materi tentang keseharian anak-anak, hingga cuaca.

“Anak-anak jadi antusias belajar Bahasa Inggris,” ungkapnya.

Menurutnya, Bahasa Inggris saat ini menjadi bahasa yang sangat penting. Karena banyak digunakan di berbagai bidang, termasuk pendidikan. Oleh karenanya ia berharap murid-murid yang diajarnya dapat lebih aktif dan pandai berbahasa Inggris.

“Saya datang ingin berbagi ilmu di Kelas IV dan V,” imbuhnya.

Ernawati bersama Heny Narulita, Tenaga Pengajar dari PAUD Kuncup Melati juga tampak antusias mengikuti program ini. Mereka menjelaskan, Selasa kemarin memberikan pembelajaran tentang kebutuhanku dengan sub tema kebersihan dan kesehatan. Mengajarkan anak-anak tentang apa sih pentingnya kebersihan dan kesehatan.

“Kegiatan mainnya dengan mengajak anak-anak menempel potongan kertas dalam bentuk huruf. Sekalian kenalin huruf, utamanya huruf B dan S,” beber Ernawati.

Ia menambahkan, dari hasil kerjasama Pupuk Kaltim dengan PIKA PKT melalui PAUD Kuncup Melati, didapatkan jadwal mengajar di Malahing setiap Selasa dan Kamis. Dengan kegiatan dan tema pembelajaran yang berbeda-beda.

“Kami berharap dengan kerjasama ini, perkembangan sikap anak-anak di Malahing lebih maju dan kesopansantunan terhadap orang yang mereka kenal,” katanya.

Selain membantu pengajaran sekira 30an anak-anak PAUD Terapung, PAUD Kuncup Melati juga membantu meningkatkan kualitas tenaga pengajarnya. Nantinya para guru tersebut akan mengikuti magang di PAUD Kuncup Melati. Sehingga bisa tahu cara pengajaran yang baik, untuk kemudian pelan-pelan dievaluasi dan dilepas untuk kembali mengajar.

“Rencana magang dimulai Bulan Maret,” imbuhnya.

Salahsatu Tenaga Pengajar di PAUD Terapung, Jumriani mengaku senang dengan adanya program Pupuk Kaltim mengajar ini. Menurutnya, anak-anak jadi lebih semangat belajar, serta mendapatkan ilmu lebih banyak dan luas.

“Kami berharap program ini terus berlanjut, karena sangat membantu sekali di Kampung Malahing,” pungkas Jumriani. (*)

Penulis: Yusva Alam
Editor: Yusva Alam

4.5/5 (4 Reviews)
Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar!

avatar
Back to top button
Close
Close