Advetorial

Pupuk Kaltim Peduli Lingkungan, Berikan Wawasan Pengelolaan Sampah Kepada Mitra Binaan

Pupuk Kaltim Peduli Lingkungan, Berikan Wawasan Pengelolaan Sampah Kepada Mitra Binaan
Ketua Koperasi Mekarsari Guntung Sejahtera, Rahmawati menyampaikan materi tentang pengelolaan sampah kepada masyarakat binaan Pupuk Kaltim. (Fauzi/Humas Pupuk Kaltim)

Akurasi.id, Bontang – Sumbangsi PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) terhadap pembangunan dan masyarakat Kota Bontang sangat besar. Pasalnya, perusahaan pupuk terbesar di Indonesia ini tidak hentinya melakukan berbagai kegiatan positif yang dapat dirasakan langsung masyarakat.

Melalui corporate social responsibility (CSR), Pupuk Kaltim kembali menggelar pelatihan pemilahan dan pemanfaatan sampah untuk masyarakat, Jumat (16/8/19) sore. Bertempat di Pemilahan Sampah Terpadu (TPSP) Bessai Berinta, Kelurahan Bontang Kuala, Kecamatan Bontang Utara, para perwakilan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) atusias mengikuti kegiatan tersebut.

Dengan menghadirkan pemateri yang berpengalaman di bidang pengelolan sampah, yakni Ketua Koperasi Mekarsari Guntung Sejahtera, Rahmawati dan Fasilitator Yayasan Bikal Bontang Hamzah.Turut hadir Plt Superintendent CSR Bina Wilayah Pupuk Kaltim Agus Hermanto dan Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bontang, Topan Kurnia.

Agus Hermanto menuturkan, kegiatan ini merupakan upaya Pupuk Kaltim dalam melakukan penguatan kelembagaan binaan CSR Pupuk Kaltim. Khususnya binaan yang berbentuk KSM. Kata dia, hal ini dilakukan untuk mendorong masyarakat menjadi mandiri secara berkelanjutan. Sehingga dapat menjalankan bisnis dengan efektif dan efesien. “Selama ini keberadaan sampah tidak memiliki manfaat. Padahal jika dikembangkan dengan baik, sampah memiliki manfaat yang luar biasa,” tuturnya.

Pupuk Kaltim Peduli Lingkungan, Berikan Wawasan Pengelolaan Sampah Kepada Mitra Binaan
Para peserta pelatihan berfoto bersama dengan Plt Superintendent CSR Bina Wilayah Pupuk Kaltim Agus Hermanto dan pemateri sebelum memasuki materi pelatihan. (Fauzi/Humas Pupuk Kaltim)

Lebih lanjut Agus mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dalam pengelolan sampah. Sehingga pihaknya berharap para peserta dapat memahami pentingnya pemilahan dan pemanfaatan sampah. “Semoga usai pelatihan ini menambah semangat bekerja dalam upaya meningkatkan kesejahteraan,” harapnya.

Agus Hermanto mengharapkan dia agar Pupuk Kaltim dapat terus beroperasi dengan baik dan lancar. Sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih besar kepada masyarakat Bontang. “Mudah-mudahan Pupuk Kaltim tetap eksis. Mohon doa dan dukungan pemerintah dan masyarakat Bontang untuk saat ini dan di masa mendatang Pupuk Kaltim tetap beroperasi dengan baik,” pintanya.

Sementara itu, Kabid Kebersihan DLH Bontang Topan Kurnia berucap, Pupuk Kaltim terus berkontribusi di TPSP. Menurutnya, pelatihan yang digagas Pupuk Kaltim sangat bermanfaat untuk pengelolaan sampah yang baik. Selain menjaga lingkungan yang bersih. “Kegiatan ini sangat baik. Sehingga dalam pengumpulan sampah dapat diolah dan direduksi dengan baik. Tidak semua beban ada di TPA,” kata dia.

Topan menyampaikan terima kasih kepada Pupuk Kaltim. Dia berujar, kontribusi Pupuk Kaltim sangat besar dan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Bontang. “Semoga kerja sama dengan Pupuk Kaltim dapat terus ditingkatkan ke depan,” tandasnya. (*)

Penulis :Hermawan
Editor: Yusuf Arafah

5/5 (4 Reviews)
Tags

Tinggalkan Komentar!

avatar

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close