Advetorial

Pupuk Kaltim Peringati Bulan K3 Nasional, Gelar Beragam Lomba Safety

Bulan K3 Nasional
Direktur Operasional PT Pupuk Kaltim, Bagya Sugihartana (tengah) saat melepas balon sebagai tanda dimulainya kegiatan peringatan Bulan K3 Nasional 2020. (Humas Pupuk Kaltim)

Akurasi.id, Bontang – Dalam rangka menyambut Bulan K3 Nasional, PT Pupuk Kalimantan Timur menggelar beragam kegiatan, di Halaman Gedung Olah Raga (GOR) PT Pupuk Kaltim, Minggu (12/1/20). Rangkaian kegiatan yang dimulai dengan opening ceremony peringatan Bulan K3 Nasional 2020 kali ini dihadiri Direktur Operasional PT Pupuk Kaltim Bagya Sugihartana, jajaran direksi, manajemen, dan seluruh karyawan beserta keluarga besar PT Pupuk Kaltim.

Baca juga : Mitra Binaan PT Pupuk Kaltim Hadir di Bontang Food Festival

Kemeriahan peringatan Bulan K3 Nasional kali ini begitu terasa. Sebab beragam kegiatan akan diselenggarakan selama berlangsungnya Bulan K3 Nasional tahun ini. Pada acara pembukaan beragam kegiatan diselenggarakan panitia. Seperti senam bersama, jalan sehat, pengumuman pemenang viral 500 K triwulan 3 tahun 2019, dan pengumuman pemenang new you challenge 2019. Bahkan kegiatan tersebut dirangkai dengan launching strava challenge untuk karyawan PT Pupuk Kaltim, yakni tantangan lari atau jalan kaki selama pelaksanaan Bulan K3 Nasional, dengan sistem penilaian berkelompok dan menggunakan aplikasi strava sebagai tools untuk mencatat aktivitas olahraga.

Ketua Panitia Bulan K3 Nasional 2020 PT Pupuk Kaltim, Erlina menjelaskan, Peringatan Bulan K3 Nasional tahun 2020 ini mengusung tema ‘Optimalisasi kemandirian masyarakat berbudaya K3 pada era revolusi industri 4.0 berbasis teknologi informasi’. Sedangkan pelaksanaan kegiatan Bulan K3 Nasional 2020 dimulai sejak Minggu (12/1/20) dan berakhir 12 Februari 2020 nanti.

Bulan K3 Nasional
Jalan sehat diikuti seluruh karyawan dan keluarga besar PT Pupuk Kaltim, serta jajaran direksi dan manajemen. (Humas Pupuk Kaltim)

Beragam agenda kegiatan yang akan dilaksanakan di antaranya fire and rescue competition, sosialisasi tanggap darurat ke masyarakat, seminar HIV Aids dan narkoba serta consulting and testing HIV, donor darah karyawan, lomba video safety, serta closing ceremony.

“Seluruh kegiatan yang akan dilaksanakan bertujuan meningkatkan awareness atau kesadaran dan kepatuhan terhadap norma K3 di lingkungan perusahaan. Serta meningkatkan partisipasi semua pihak dalam mewujudkan pelaksanaan budaya K3 di setiap kegiatan dalam bekerja,” ucap Erlina dalam sambutannya.

Sementara itu, Direktur Operasional PT Pupuk Kaltim, Bagya Sugihartana menyampaikan bahwa di era globalisasi saat ini kita menghadapi berbagai tantangan. Sehingga membawa perubahan di berbagai bidang. Salah satunya pemanfaatan teknologi digital. Hal ini sesuai tema Peringatan Bulan K3 Nasional 2020.

Tak hanya efek positif, namun pemanfaatan teknologi pun memiliki potensi bahaya. Untuk itulah perkembangan teknologi informasi (TI) harus diimbangi dengan upaya menekan kecelakaan kerja dan penyakit akibat bekerja. Yaitu melalui pelaksanaan K3.

“Upaya-upaya K3 harus ditingkatkan melalui berbagai pendekatan dengan memperhatikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” tegasnya saat memberi sambutan.

Dari Peringatan Bulan K3 Nasional ini dia mengharapkan seluruh karyawan dan keluarga besar PT Pupuk Kaltim turut berperan aktif menciptakan tempat kerja yang aman, nyaman, dan sehat. Guna meningkatkan produktivitas perusahaan.

Ditambahkannya, jajaran direksi dan manajemen bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh keluarga besar PT Pupuk Kaltim atas pencapaian 29.321.947 jam kerja aman tanpa kecelakaan sampai akhir Desember 2019.

“Kami berharap pencapaian jam kerja ini dapat terus ditingkatkan melalui berbagai upaya positif di bidang K3. Prestasi dan penghargaan prestisius di bidang K3 pun telah berhasil kita raih. Baik standar nasional maupun internasional,” ungkapnya.

Prestasi dapat diraih berkat kerja keras seluruh karyawan dan keluarga besar Pupuk Kaltim. Karenanya dirinya menghaturkan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada karyawan dan keluarga besar PT Pupuk Kaltim yang telah bekerja keras untuk kemajuan perusahaan.

“Saya Imbau agar semua karyawan dan keluarga besar Pupuk Kaltim, dapat mengendalikan semua potensi bahaya dan memenuhi batas standar aman. Sehingga tercipta lingkungan kerja yang aman, sehat, dan proses produksi lancar. Akhirnya mampu menekan resiko kerugian yang berdampak pada peningkatan produktivitas perusahaan,” pungkasnya. (*)

Penulis: Yusva Alam
Editor: Suci Surya Dewi

Tags

Leave a Reply

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close