Catatan

Pustakawan Teman Mencari Pengetahuan

Pustakawan Teman Mencari Pengetahuan
Dobi Rizami(dok pribadi)

Ditulis Oleh: Dobi Rizami

26 Februari 2019

Kita diperlihatkan tontonan persaingan meraih kesuksesan di berbagai lini kehidupan, fenomena yang dirasakan hanya memperlihatkan kesuksesan. Pada kenyataannya, dalam perjalanan tidak terlepas dari tantangan yang menghadang. Bermacam permasalahan yang dirasakan berupa pengetahuan di bidang: keterampilan (soft skills), pengalaman, permodalan, informasi teknologi yang cepat terbarukan, sosial kemasyarakatan, dan lain – lain.

Apapun tantangan yang dihadapi dalam persaingan, tidak terlepas dari komitmen kita dalam meningkatkan pengetahuan untuk menjawab tantangan dengan segala potensi kekuatan. Agar dapat berdaya saing dalam konstelasi merebut prestasi penuh inovasi dan memberikan jaminan kompetensi, sehingga kehidupan kesuksesan pun diraih.

Komitmen juga perlu ditanamkan perhatian, agar tidak berada pada zona kenyamanan, berpangku tangan, dan terlena dengan tontonan kemajuan. Tetapi kita mungkin harus bekerja keras dan keringat bertetesan, untuk meraih apa yang dicita-citakan agar menjadi kenyataan.

Menurut Undang – Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan pasal 1, perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi, karya tulis, karya cetak dan atau karya secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi pada pemustaka.

Dengan demikian, perpustakaan dapat diartikan secara luas sebagai salah satu unit yang berupa tempat untuk mengumpulkan, menyimpan, mengelola dan mengatur koleksi bahan pustaka secara sistematis, untuk dipergunakan oleh pemakai sebagai sumber informasi sekaligus belajar yang menyenangkan.

Sedangkan pengertian pustakawan menurut Undang – Undang Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan pasal 1 ayat 8 adalah seseorang yang memiliki kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan dan pelatihan kepustakawanan, serta mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pengolahan dan pelayanan perpustakaan.

Keahlian kompetensi profesional pustakawan dengan tugasnya, dapat kita jadikan untuk mencari pengetahuan dari buku koleksi perpustakaan maupun yang tersedia berupa digital. Hal ini mungkin dapat menjadi pedoman yang dapat kita gunakan sebagai kekuatan mencari pengetahuan, sesuai dengan kebutuhan menjawab beragam permasalahan tantangan yang membentang. Untuk mewujudkan cita–cita bukan kata tapi fakta, bukan bersilat kata tapi karya nyata yang terbaik buat nusa dan bangsa.

Jadikan pustakawan teman menggali informasi mencari pengetahuan memaksimalkan akal.

“Tanpa saudara kandungnya pengetahuan, akal (instrumen berpikir manusia) bagaikan si miskin yang tak berumah. Sedangkan pengetahuan tanpa akal seperti rumah yang tak terjaga. Bahkan cinta, keadilan, kebaikan akan terbatas kegunaannya jika akal tak hadir.” (Khalil Gibran). (*)

Editor: Yusva Alam

Sekilas: Dobi Rizami adalah Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Kota Bontang. Bagi Dobi, menulis ibarat kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi setiap harinya.

5/5 (2 Reviews)
Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar!

avatar
Back to top button
Close
Close