AdvetorialRagam

Baksos PIKA PKT, Operasi Bibir Sumbing dan Langit-langit Sumbing 12 Anak

Baksos PIKA PKT, Operasi Bibir Sumbing dan Langit-langit Sumbing 12 Anak
Baksos PIKA PKT berupa bantuan operasi bibir sumbing dan langit-langit sumbing yang diserahkan secara simbolis oleh Ketua PIKA PKT kepada orang tua pasien. (Rezki Jaya/Akurasi.id)

Baksos PIKA PKT, operasi bibir sumbing dan langit-langit sumbing 12 anak. Kegiatan ini digelar untuk mereka yang kurang mampu dalam rangka HUT PT Pupuk Kaltim.

Akurasi.id, Bontang – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) PT Pupuk Kaltim yang jatuh pada Senin (7/12/2020) mendatang, bersama dengan Persatuan Istri Karyawan (PIKA) Pupuk Kaltim bekerja sama dengan Smile Train Indonesia dan Yayasan Anugrah Sentosa mengadakan program bakti sosial (baksos). Program baksos operasi bibir sumbing dan sumbing langit-langit dilaksanakan di RS Pupuk Kaltim Kota Bontang, Sabtu (5/12/2020).

Sebanyak 12 anak mengikuti program tersebut. Mulai dari usia 3 bulan hingga 6 tahun.

Baca Juga  Baznas Bontang Capai Target, ZIS Selama 2020 Capai Rp5,7 M

Ketua Umum PIKA PKT Kuntari Rahmad Pribadi menjelaskan selama 19 tahun, pihaknya terus berperan aktif dalam mendukung kemajuan dan berkembangnya Pupuk Kaltim. Berbagai program kerja maupun kegiatan dalam berbagai bidang terus diselenggarakan. Salah satunya bidang sosial seperti baksos yang digelar hari ini.

Lanjut dia, program ini bertujuan untuk mengembalikan senyum anak-anak yang kurang beruntung yang terkena bibir sumbing dan langit-langit sumbing. Seperti yang  diketahui, penderita bibir sumbing dan langit-langit sumbing adalah turunan yang dibawa anak sejak lahir. Anak-anak yang menderita tentunya akan mengalami kesulitan dalam makan maupun berbicara, yang otomatis akan menghambat tumbuh kembang anak. Bila dibiarkan, akan membuat anak kerap sakit karena rentan terhadap infeksi.

“Pasien tidak hanya dari Bontang, tetapi dari beberapa daerah sekitar Bontang, dengan masalah yang beragam, mulai dari celah di bibir hingga celah di langit-langit mulut. Mudah-mudahan apa yang akan kami laksanakan hari ini dapat berhasil dengan baik. Dan anak-anak akan tersenyum kembali dengan senyuman yang sempurna,” kata Kuntari saat memberikan sambutan.

Tindakan medis seperti operasi, kata dia, sangat dibutuhkan sejak dini untuk mengembalikan fungsi anggota tubuh anak dengan baik dan semestinya.

“Kami memahami biaya operasi sering menjadi kendala bagi keluarga pasien. Untuk itu pada program ini, pasien akan dibebaskan dari seluruh biaya. Semua akan diberikan secara gratis, mulai dari biaya operasi, rawat inap, perawatan hingga konsumsi selama di RS Pupuk Kaltim,” ucapnya.

Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian dan kontribusi PIKA PKT bagi masyarakat, yang kali ini menargetkan anak-anak penderita bibir sumbing dan langit-langit sumbing yang keluarganya kurang mampu.

“Dalam rangka HUT PT PKT yang 43 tahun. Marilah kita semua mendoakan agar Pupuk Kaltim untuk hari ini dan yang akan datang terus beroperasi dengan baik dan lancar. Sehingga dapat terus memberikan manfaat yang lebih besar lagi bagi kita semua, terutama bagi masyarakat  Bontang dan bangsa Indonesia. Sukses dan jaya selalu untuk Pupuk Kaltim,” tutupnya.

Baksos PIKA PKT, Operasi Bibir Sumbing dan Langit-langit Sumbing 12 Anak
Ketua PIKA PKT memberikan bingkisan kepada salah satu pasien bibir sumbing dan langit-langit sumbing. (Rezki Jaya/Akurasi.id)

Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi mengatakan, perusahaan terus berupaya meningkatkan kontribusi bagi masyarakat Bontang dan Kaltim secara berkesinambungan. Sehingga keberadaan Pupuk Kaltim semakin dirasakan manfaatnya. Menurutnya, Pupuk Kaltim memiliki tanggung jawab sosial kepada masyarakat dengan terus aktif berkontribusi diberbagai bidang. Tentu hal ini sejalan dengan visi Pupuk Kaltim untuk terus hadir memberikan manfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.

“Kegiatan operasi bibir sumbing ini salah satu upaya Pupuk Kaltim untuk terus dekat dengan masyarakat, khususnya bagi anak-anak kita sebagai generasi penerus bangsa,” kata Rahmad.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Tim Yayasan Anugrah Sentosa, Agus Santosa yang sekaligus perpanjangan Smile Train Indonesia menjelaskan, dengan berdirinya yayasan tersebut  diharapkan bisa membantu masyarakat yang kurang beruntung dan meraka bisa tersenyum kembali. Sesuai dengan  tagline “Membuat Senyum di Seluruh Indonesia”.

“Kepada keluarga penderita, jangan merasa rendah hati, kami akan melakukan operasi sebaik mungkin. Ditambah dengan adanya fasilitas terbaik yang ada di RS Pupuk kaltim ini,” ucap Agus.

Muslimah selaku ibu dari Adibah barusia 2 tahun yang merupakan salah satu pasien operasi bibir sumbing dan langit-langit sumbing mengucapkan terimakasih kepada Pupuk Kaltim dan PIKA PKT.

“Saya berterima kasih Pupuk Kaltim dan PIKA PKT dan tak lupa juga pihak RS Pupuk Kaltim atas program gratis ini. Program yang sangat luar biasa dan sangat bermanfaat bagi kami orang tua dan juga anak yang menderita cacat bibir sumbing. Saya sangat mengucapkan terima kasih,” ucap  Muslimah sembari menitikkan air mata. (adv)

 

Penulis: Rezki Jaya

Editor: Suci Surya Dewi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks