Advetorial

Baznas Bontang Gelar Pelatihan Manajemen Bencana Tingkat Dasar

Baznas Bontang Gelar Pelatihan Manajemen Bencana Tingkat Dasar
Baznas Bontang gelar Pelatihan Manajemen Bencana Tingkat Dasar oleh Baznas Tanggap Bencana (BTB) yang diselenggarakan di Auditorium 3D. (Rezki Jaya/Akurasi.id)

Baznas Bontang gelar Pelatihan Manajemen Bencana Tingkat Dasar. Kegiatan ini diadakan dalam rangka meningkatkan karakter masyarakat yang menjadi salah satu program Baznas Bontang.

Akurasi.id, Bontang – Dalam rangka meningkatkan karakter masyarakat Bontang, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bontang menyelenggarakan kegiatan pelatihan manajemen bencana tingkat dasar oleh Baznas Tanggap Bencana (BTB). Kegiatan inj diselenggarakan selama 3 hari, mulai Kamis (26/11/2020) hingga Sabtu (28/11/2020) mendatang.

Baca juga: Baznas Bontang Gelar Pelatihan Fardu Kifayah di Kecamatan Bontang Selatan

Pelatihan ini disebut merupakan pertama kali dilaksanakan di Kota Taman -sebutan Bontang-. Di mana diikuti 28 peserta. Diantaranya 16 orang dari anggota Baznas dan 12 orang dari relawan Baznas Bontang.

Sebanyak 2 orang menjadi narasumber yang merupakan perwakilan dari kepala Baznas Tanggap Bencana Pusat dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bontang.

Ketua Baznas Bontang Haji Kuba Siga mengatakan, dalam pengembangan karakter, salah satu yang penting mengenai tanggap bencana. Dalam pelatihan ini diutamakan untuk seluruh anggota Baznas. Karena pentingnya tanggap bencana, Baznas akan senantiasa ada untuk masyarakat.

“Kenapa kami mengutamakan petugas Baznas untuk menguasai menejemen bencana tingkat dasar ini, agar Baznas ini luas cakupannya. Bukan hanya membantu masyarakat dalam segi kekurangan ekonomi, keuangan atau kesehatan, tetapi dari segi bencana pun Baznas akan ada di tengah-tengah masyarakat,” jelasnya.

Baznas Bontang Gelar Pelatihan Manajemen Bencana Tingkat Dasar
Ketua Baznas Bontang, Haji Kuba Siga (Rezki Jaya/Akurasi.id)

Dia juga menjelaskan salah satu misi Baznas Bontang. Yakni membantu masyarakat yang mengalami kesusahan atau  bencana. Dan ini juga merupakan kewajiban Baznas untuk mengetahui ilmu tentang cara menangani bencana, cara penyelamatan, dan lain sebagainya.

“Kami harap kedepannya supaya semua anggota-anggota Baznas itu paham tentang manajemen bencana tingkat dasar ini,” harapnya.

Dalam kegiatan pembukaan pelatihan yang digelar di Auditorium 3D, Pjs Wali Kota Bontang, Riza Indra Riadi melalui Asisten Administrasi, Zulkifli menyambut baik kegiatan ini, karena menurut dia, menjadi relawan merupakan sebuah panggilan hati. Sehingga segala tenaga dan pikiran yang disumbangkan untuk kegiatan penanggulangan bencana bukanlah sebuah keterpaksaan.

“Dengan bersandar pada kerja ikhlas karena rida Allah, InsyaAllah  kinerja terbaik akan tercapai. Rasa puas atas pertolongan yang berguna bagi korban bencana adalah imbalan atas kerja keras kita,” ucap Zulkifli memberikan sambutan sekaligus membuka acara secara resmi.

Dia juga berharap, melalui kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang Pengurangan Resiko Bencana (PRB), menangani korban bencana melalui tahapan rescue, relief, recovery, recontruction, serta menumbuhkan jiwa kerelawanan di masyarakat.

Tak ketinggalan, Ridwan selaku petugas Baznas sekaligus peserta pada pelatihan manajemen bencana tingkat dasar ini mengucapkan pelatihan ini sangatlah penting. Terlebih lagi dalam penanganan bencana harus mempuyai dasarnya terlebih dahulu, agar nantinya di lapangan lebih siap lagi.

“Harapanya saya semoga pelatihan seperti ini bukan hanya sekali saja, tetapi di tahun-tahun yang akan datang ada lagi untuk level yang lebih tinggi lagi. Ini semua untuk pengetahuan kami selaku petugas Baznas Bontang agar lebih luas lagi,” pungkasnya. (adv)

Penulis: Rezki Jaya
Editor: Suci Surya Dewi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks