AdvetorialRagam

My Trip Jumat Berkah Kita, Cara De’Bugistak Berbagi dan Bangun Budaya Hafalan Alquran Para Napi Lapas Bontang

My Trip My Jumat Berkah, Cara De’Bugistak Berbagi dan Bangun Budaya Hafalan Alquran Para Napi Lapas Bontang
Para pemenang lomba hafalan Alquran yang diikuti para napi Lapas Bontang mendapatkan hadiah dari De,Bugistak pada kegiatan My Trip Jumat Berkah kita. (Dok De’Bugistak)

My trip Jumat Berkah Kita, cara De’Bugistak berbagi dan bangun budaya hafalan Alquran para napi Lapas Bontang. Kegiatan ini sendiri, merupakan agenda rutin yang dilaksanakan De,Bugistak untuk saling tolong menolong dengan mereka yang membutuhkan.

Akurasi.id, Bontang – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk saling membantu, terutama dalam menolong mereka yang membutuhkan. Dari berbagi rezeki secara langsung maupun dengan ikut memberikan edukasi kepada masyarakat. Contohnya saja seperti yang dilakukan De’Bugistak.

Pada Jumat (5/2/2021) ini, De’Bugistak membuat sebuah program yang terbilang unik bertajuk My Trip Jumat Berkah Kita. Kegiatan ini bahkan menggandeng Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kota Bontang untuk mengadakan kegiatan hafalan Alquran bagi para napi beragama Islam di tempat tersebut.

Pendiri De’Bugistak Bontang Dyta Wahyuni Siregar bercerita, kegiatan tersebut berawal dari kegiatan usaha dengan konsep langit, yakni membantu orang lain yang tidak memiliki pekerjaan dan penghasilan. Program ini telah berjalan selama 4 tahun terakhir.

“Program Jumat Berbagi ini, kami jalankan dengan menyisihkan sebagian dari rezeki usaha Uni Laundry yang saya dapatkan. Penghasilan setiap Jumat akan disisihkan untuk kegiatan amal, salah satunya seperti sekarang, saya mengadakan kegiatan lomba menghafal Alquran bagi para napi di Lapas Bontang,” tuturnya.

Pada awalnya, kegiatan My Trip Jumat Berkah Kita bertajuk Door to Door Jumat Berkah. Kegiatan ini terbilang sangat rutin dilaksanakan setiap Jumat. Kemudian pada 2021, namanya dirubah menjadi My Trip My Jumat Berkah.

“Setelah kami pikir-pikir lagi, nama yang pertama agak kurang apik, sehingga saya ubah menjadi My Trip Jumat Berkah Kita. Mudahan-mudahan lewat kegiatan ini, kami bisa terus berbagi kepada masyarakat,” harapnya.

Baca Juga  Baznas Bontang Capai Target, ZIS Selama 2020 Capai Rp5,7 M

Wanita berhijab ini berujar, pada awalnya, kegiatan Jumat Berkah ini dikemas dalam bentuk video dan hasilnya diupload di YouTube dengan nama The Bugistak Channel. Semua kegiatan Jumat berkah ada di channel tersebut. Video tersebut juga sebagai laporan kepada teman, saudara dan kerabat yang sering ikut untuk donasi program ini. Dengan tujuan kegiatan ini semakin menggerakan masyarakat lain untuk ikut berbagi kepada yang membutuhkan.

My Trip My Jumat Berkah, Cara De’Bugistak Berbagi dan Bangun Budaya Hafalan Alquran Para Napi Lapas Bontang
Dyta Wahyuni Siregar pemilik De’Bugistak dan Riza Mardani Kasih Bimbingan Narapidana dan Anak Didik Lapas Bontang berfoto bersama. (Rezki Jaya/Akurasi.id)

“Arti dari kata Bugistak itu, karena Bugis suku suami saya, dan tim di Bugistak ini juga mayoritas dari Suku Bugis, sementara untuk saya sendiri Suku Batak, makanya diberi nama Bugistak,” jelasnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, pada Jumat (5/2/2021) kali ini, pihaknya melaksanakan kegiatan sosial dengan mengajak para napi beragama Islam yang berada di Lapas Kelas IIA Bontang untuk menyetorkan hafalan Alquran Juz 30. Mereka yang punya hafalan banyak akan mendapatkan hadiah dari De’Bugistak.

“Pada kegiatan sosial ini, kami juga membawakan makan siang untuk para napi. Ada juga hadiah kecil-kecilan yang kami berikan buat saudara-saudara kami para napi yang ada di lapas, yang telah ikut menyetorkan hafalan Alquran Juz 30,” tuturnya.

Baca Juga  Baznas Bontang Capai Target, ZIS Selama 2020 Capai Rp5,7 M

Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Narapidana dan Anak Didik Lapas Kelas IIA Bontang, Riza Mardani mengapresiasi dengan baik adanya kepedulian dari De’Bugistak untuk para napi yang ada di tempat itu. Apalagi dalam kegiatan sosial itu juga diikuti dengan pembinaan bagi para napi.

“Kami sangat berterima kasih atas kunjungan De’Bugistak ke Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bontang ini. Harapan kami, mudah-mudahan kegiatan seperti ini akan terus ada. Apalagi di sini juga ada banyak kegiatan kerohanian, salah satunya kegiatan hafalan Alquran,” tandasnya. (*/adv)

Penulis: Rezki Jaya
Editor: Dirhanuddin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks