Advetorial

Satukan Keberagaman, SMP Vidatra Gelar Wisuda Akbar Penghafal Kitab Suci 5 Agama

WISUDA AKBAR SMP VIDATRA
Para peserta wisuda mengabadikan foto bersama Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni, Kepala Disdik Bontang, dan para tokoh agama. (Suci Surya Dewi/Akurasi.id)

Akurasi.id, Bontang – Tahun ini sudah kali ke empat SMP Yayasan Pendidikan Vidya Dahana Patra (YPVDP) menggelar Wisuda Akbar Tahfidz Alquran dan Penghafal Kitab Suci. Dengan tema ‘Merawat Keberagaman Memantapkan Keberagamaan’, prosesi yang berlangsung khidmat ini dilaksanakan di Multi Purpose Building Badak LNG, Sabtu (7/3/20).

baca juga: Gastra 2020 Sukses Digelar, Ketua Umum Vidatra Tantang Tahun Depan Tampil di Luar ‘Pagar’

Sekolah yang lebih dikenal sebutan SMP Vidatra ini mewisuda sebanyak 160 siswa. Di antaranya 95 siswa beragama Islam penghafal Alquran, 39 siswa penganut agama Kristen penghafal Kitab Injil, serta 20 siswa pemeluk agama Katolik menghafalkan Ayat-ayat Emas Al Kitab. Sedangkan penganut agama Hindu ada 4 siswa dan agama Budha ada 2 siswa.

Kegiatan sakral ini dihadiri Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni. Selain itu turut hadir pula Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Bontang yang diwakili Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Ali Mustofa, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Bontang Akhmad Suharto, dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bontang Imam Hambali. Selain itu, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Bontang, Pastor Gereja GOPK Bontang PT Badak, Pastor Paroki Santo Yosep Bontang, Yayasan Vidatra, serta manajemen SMP Vidatra nampak hadir menyaksikan proses wisuda tersebut.

Dalam sambutannya, Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni memberikan apresiasi kepada para wisudawan dan wisudawati penghafal kitab suci ini. Dirinya mengaku bangga atas pencapaian yang diraih para siswa di SMP Vidatra. Orang nomor satu di Kota Taman –sebutan Bontang- ini mengimbau kepada para orang tua agar tidak pernah lelah membimbing putra dan putrinya agar menjadi tangguh.

“Orang tua adalah madrasah pertama bagi anak. Bimbinglah hingga anak menemukan jati dirinya dan kelak menjadi anak yang tangguh. Semoga dengan wisuda ini anak-anak kita menjadi soleh dan kuat imannya,” harapnya.

wisuda akbar smp vidatra
Kepala SMP Vidatra Siswanta dan Kepala Disdik Akhmad Suharto mengabadikan momen usai memberi penghargaan kepada penghafal kitab terbaik. (Suci Surya Dewi/Akurasi.id)

Kepala SMP Vidatra Siswanta mengatakan tahun ini berhasil menggelar kembali Wisuda Akbar Penghafal Kitab Suci angkatan ke-4. Dia menyebut kegiatan tersebut aplikasi dari pembelajaran Baca Tulis Kitab Suci (BTK) Alquran dan Alkitab yang ada di sekolah. Jadi, lanjut dia, setiap agama masing-masing memiliki kompetensi yang wajib dipenuhi.

“Semoga ke depan bertambah jumlah wisudanya,” harapnya.

Sebelum melaksanakan wisuda, Siswanta menjelaskan bahwa sebelumnya para siswa SMP Vidatra ini berhasil mengikuti uji kompetensi hafalan dan pemahaman pada 22 dan 29 Februari lalu. Di mana proses pelaksanaannya dilakukan bertahap. Para penguji diambil dari para tokoh agama di Bontang.

“Tujuannya untuk menguji kompetensi yang ditetapkan dari masing-masing agama dalam menghapal kitab sucinya. Penguji dari tokoh agama di Bontang, jadi lebih independen dalam penilaian kemampuan setiap anak,” bebernya.

Terpisah, Ketua Harian Yayasan Vidatra Bontang Nuri Fathurohman menghaturkan ucapan terima kasih kepada SMP Vidatra yang telah mengemban amanah dalam mendidik siswanya. Mulai dari bidang akademik, non akademik, dan bidang keagamaan. Di YPVDP, kata Nuri, pendidikan keagamaan di Vidatra selalu diterapkan mulai dari jenjang SD, SMP, dan SMA.

“Bidang akademik dan agama, 2 hal itu penting dalam membentuk karakter suatu budaya bangsa. Sehingga ketika keluar nanti menjadi ilmuwan berakhlak mulia,” pungkasnya.

Bagikan Penghargaan Bagi Penghafal Kitab Suci Terbaik

Tak hanya mewisuda para siswa dengan memakaikan selempang dan memberikan piagam. SMP Vidatra juga memberikan penghargaan bagi siswa penghapal kitab suci terbaik masing-masing agamanya.

Kategori tahfidzul quran, peraih penghargaan hafalan terbanyak diraih Salsabila Nur Hanifah dengan 5 juz dan Dzakwan Dwi Ramadhani sebanyak 3 juz. Lalu tartil terbaik diraih Gym Fadhil Hidayatullah dan Binti Naila Nur Fadhilla Farikha AM. Serta penghafal Alquran waktu tercepat diperoleh Risty Laili Ramadhani dan Naufal Rais Ryanur.

Kategori penghafal Alkitab Dasar Iman Kristen diraih Christian Bagas Imanuel Manik, Carolina Levrinsa Bakara, Johan Alwi Guevara Hutajalu, Lois Jelita Maria Tampi, Hennoch Anjesis Ramothy Silalahi, dan Medeline Selena Dianty Yahya.

Lalu, penghargaan juga dibagikan untuk penghafal Ayat-ayat Emas Alkitab. Di antaranya Cristiano Farrel Arrang, Yuanda Marchela Andiang, Dionisius Christianto Rangga Saputra, Natalie Aurelia Christin Setiawan, dan Angelyne Catheryna Setiawan.

Sedangkan penghafal Kitab Wibuthi Yoga Bab X, Sloka 1-5 diraih Ni Luh Putu Ayu Patriyatningsih. Serta Austin Kovida Kuncoro Tjhoa meraih penghargaan kategori penghafal Dhamapadha Puppha Vagga Syair 55-59. (adv)

 Penulis/Editor: Suci Surya Dewi


Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks