Advetorial

YPVDP Terapkan Google Education untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan

YPVDP Terapkan Google Education untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan
YPVDP terapkan Google Education dan berbagi ilmu kepada para guru, alumni, dan masyarakat umum bersama perwakilan Google Indonesia secara virtual. (Suci Surya Dewi/Akurasi.id)

YPVDP terapkan Google Education untuk tingkatkan kualitas pendidikan. Proses belajar mengajar siswa Yayasan Vidatra di tengah pandemi kini pun semakin dipermudah.

Akurasi.id, Bontang – Masa pandemi Covid-19 saat ini, tak menyurutkan niat Yayasan Pendidikan Vidya Dahana Patra (YPVDP) atau Vidatra Bontang memberikan pelayanan pendidikan berkualitas kepada para siswa.

Baca juga: Keluarga Besar Yayasan Vidatra Mengucapkan Dirgahayu ke-21 Kota Bontang

Salah satunya melakukan pemantapan Google for Education untuk pembelajaran daring di YPVDP, Senin (19/10/2020), di Mini Studio SMP Vidatra Bontang. Di mana kegiatan ini dilaksanakan secara virtual dengan narasumber dari Google Indonesia Steven Sutranto, Certified Trainer, REVO.

Ketua Harian Yayasan Vidatra Bontang Nuri Fathurohman mengatakan sejak pandemi Covid-19, selama ini para siswa mulai SD hingga SMA melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Kata dia, meski dalam situasi saat ini YPVDP tetap berkomitmen memberikan mutu pelayanan pendidikan yang berkualitas.

“Walau kondisi pandemi, kualitas di YPVDP tetap bisa berjalan dengan baik, mutu terjaga dan tingkat kepercayaan masyarakat untuk menitipkan putra putrinya di Yayasan Vidatra semakin meningkat,” kata Nuri kepada Akurasi.id.

Penggunaan aplikasi pembelajaran Google Suite for Education mempunyai nilai lebih dibanding dengan aplikasi pembelajaran lainnya. Nuri pun memaparkan kelebihannya. Diantaranya memiliki Google Meet yang dapat digunakan untuk layanan komunikasi video.

Lalu Google Classroom untuk pengelolaan kelas. Yakni untuk  menyederhanakan membuat, mendistribusikan, dan menilai tugas tanpa harus bertatap muka. Serta memudahkan proses berbagi file antara guru dan siswa. Selain itu ada pula Google Form yang dapat digunakan untuk ulangan siswa.

“Bahkan bisa menggunakan papan tulis maya yang dapat digunakan siswa dan guru bersama. Jadi guru bisa memerintahkan siswa menulis di papan tulis maya seperti suasana di kelas,” bebernya.

Selain itu, kata Nuri, Yayasan Vidatra menggunakan Google Suite lantaran kelebihannya memori penyimpanannya yang unlimited atau tanpa batas. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) itu dapat disimpan melalui Google Drive. Di mana data yang disimpan dengan mudahnya disimpan dan disebarkan ke orang tua siswa dalam waktu singkat, yakni 10-15 menit saja.

YPVDP Terapkan Google Education untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan
Ketua Harian Yayasan Vidatra Nuri Fathurohman. (Suci Surya Dewi/Akurasi.id)

“Sebentar saja, sudah bisa dikirim dan dilihat orang tua siswa apa saja yang sudah dipelajari anaknya. Bahkan jika ada yang tidak jelas, bisa diputar ulang direkamannya,” paparnya.

“Penggunaan Google Suite for Education hasil kerja sama antara Yayasan Vidatra dengan Google, sangat bermanfaat dan positif,” tambahnya.

Selain itu, untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Yayasan Vidatra, Nuri menjelaskan pihaknya telah membagikan paket data internet untuk seluruh siswa dan guru. Pada hari biasa sebelumnya, di sekolah pun telah disediakan internet dengan kuota unlimited.

“Selain itu kami juga siapkan fasilitas pembelajaran seperti studio mini. Jika penuh, para guru bisa berkreatif dengan menggunakan laptop yang dihadapkan ke papan tulis layaknya belajar di kelas,” terangnya.

Belajar di masa pandemi Covid-19 tak menyurutkan semangat belajar siswa. Kata Nuri, para siswa justru semakin antusias. Pasalnya guru tak hanya memberikan penerangan soal pelajaran saja. Di samping mentransfer ilmu, lanjutnya, pihaknya juga mengaplikasikan pendidikan akhlak, pendidikan karakter, dan lainnya.

“Mohon doa restu agar pembelajaran ini bisa berjalan lancar,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Yayasan Vidatra akan membuka penerimaan siswa ajaran baru pada November 2020. Bagi orang tua yang ingin mendaftarkan anak bersekolah di Yayasan Vidatra dapat mendaftar di SD, SMP, atau SMA Vidatra. (*)

Penulis/Editor: Suci Surya Dewi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks