MENU

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sebut Record Center Kearsipan Setwan Bontang Terbaik

DPK adakan monev di ruang record center Sekretariat Dewan Bontang. (Rezki Jaya/Akurasi.id)
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sebut Record Center Kearsipan Setwan Bontang Terbaik
DPK adakan monev di ruang record center Sekretariat Dewan Bontang. (Rezki Jaya/Akurasi.id)

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sebut Record Center kearsipan Setwan Bontang terbaik. DPK mengakui dibanding dengan OPD lain, Setwan memiliki ruang Record Center untuk mengelola arsip inaktif yang baik.

Akurasi.id, Bontang – Guna melihat pengelolaan kearsipan di tiap OPD, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) yang juga sebagai Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) Monitoring dan Evaluasi (Monev) di Record Center Sekretariat DPRD (Setwan) Bontang.

Kepala DPK Bontang Retno Febriaryanti melalui Kepala Bidang Kearsipan Nurbaena menjelaskan, suatu kewajiban pihaknya selaku LKD untuk memberikan pendampingan untuk memastikan pengelolaan arsip di setiap OPD sudah berjalan dengan baik.

“Sebelumnya kami sudah audit ke Setwan terlebih dahulu, sekaligus memberitahu apa saja yang kurang dan harus di koreksi. Alhamdulillah saat ini, kami adakan monev dan sudah jauh lebih baik pengelolaan arsipnya. Ini yang membuat kami semangat dalam memberikan pembinaan di setiap OPD,” ungkap Nurbaena saat ditemui, Rabu (14/7/2021).

Dia mengakui dibanding dengan OPD lain, Setwan Bontang memiliki ruang record center untuk mengelola arsip inaktif yang baik. Seluruh fasilitas untuk menunjang pengelolaan kearsipan terpenuhi. Hal ini akan memudahkan jika ingin mencari arsip yang diinginkan.

“Bahkan saya bilang bagus sekali untuk ruang Record Center di Setwan ini,” tuturnya. Selain itu, dia juga memberikan usulan agar Setwan dapat memberikan arsip berupa foto pejabat DPRD dari periode pertama hingga saat ini. Hal tersebut bertujuan untuk menyelamatkan arsip statis tersebut.

Senada, Kepala Seksi (Kasi) Pembinaan dan Pengawasan Kearsipan DPK Bontang Hapidah Basri Rase menyebutkan, ruang Record Center yang dimiliki Sekretariat DPRD Bontang sangat baik. Hal ini lantaran lokasi gedung yang terpisah.

Baca Juga  Lomba Gagas 2021 Masuk Tahap Akhir, Peserta Lomba Sampaikan Presentasi, Retno: Ini Kali Pertama

“Perkembangan arsip yang ada di setwan ini luar biasa, 2 tahun awal memang masih dalam pembinaan dan pembenahan. Setelah ini mereka merasakan manfaatnya, pihaknya memperbaiki tata kelola kearsipannya hingga baik seperti sekarang ini,” ucapnya

Sementara, Sekretaris DPRD Bontang, Lukman menjelaskan dengan adanya kunjungan yang dilakukan LKD merupakan suatu pembinaan dalam menangani kearsipan di tiap OPD. Hal tersebut dinilai sangat berguna untuk pihaknya hingga mengetahui cara mengelola arsip yang baik.

“Saya ucapkan terima kasih kepada DPK selaku LKD Bontang, dengan adanya kunjungan ini yang mengarah kan kami untuk melakukan tata kelola arsip yang baik. Sesuai dengan standar yang ditetapkan,” ucapnya Dia mengakui sebelumnya pihaknya kewalahan dalam mengelola arsip, tetapi dengan adanya aplikasi yang diberikan oleh DPK, dapat meningkatkan kualitas dalam pengelolaan arsip.

Dengan demikian, dia mengakui pihaknya yang sebelumnya jika mencari arsip dapat memakan waktu berhari-hari. Tetapi untuk saat ini cukup hitungan menit sudah di dapat, karena arsip sudah tertata dengan baik. “Ke depan, semoga apa yang kami lakukan ini semakin baik lagi. Dan tujuannya pun untuk mempermudah pekerjaan kami,” kata dia. (*)

Penulis: Rezki Jaya
Editor: Redaksi

Share :

Print Friendly, PDF & Email
IKLAN SPACE AKURASI.ID DISEWAKAN
TINGGALKAN BALASAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
POPULER POST
JOB VACANCY
REKOMENDASI
INSTAGRAM FEED
[instagram-feed]