Destinasi

Melodi Nostalgia “Bengawan Solo”: Dibalik Lagu Keroncong yang Menggugah Kenangan

Loading

Akurasi, Nasional. Surakarta, 25 Januari 2024 – Indonesia, negara dengan kekayaan musik dan seni yang melimpah, memiliki warisan budaya yang kaya. Salah satu lagu yang ikonik dan diakui secara internasional adalah “Bengawan Solo”. Melodi yang mengalun lembut ini menciptakan rasa nostalgia dan kecintaan pada masa lampau. Namun, tahukah Anda kisah di balik lagu ini?

Sebuah Perjalanan Melodi: “Bengawan Solo”

  1. Ciptaan Gesang: “Bengawan Solo” merupakan ciptaan dari seorang musisi legendaris Indonesia, Gesang Martohartono. Lagu ini lahir pada tahun 1940-an dan sejak saat itu merajai panggung musik tradisional Indonesia.
  2. Inspirasi Sungai Solo: Lagu ini terinspirasi oleh Sungai Bengawan Solo, sungai terpanjang di Pulau Jawa. Gesang menciptakan melodi yang menggambarkan aliran sungai tersebut, menciptakan gambaran indah tentang keindahan alam Indonesia.
  3. Meraih Pencapaian Internasional: “Bengawan Solo” bukan hanya memikat hati pendengar dalam negeri, tetapi juga meraih kesuksesan di tingkat internasional. Versi orkestra dari lagu ini pernah dibawakan oleh orkestra terkemuka dunia, termasuk oleh Vienna Symphony Orchestra.
Baca Juga  Perangi Stunting, Pertamina EP Gelar Kegiatan Pertamina Sehati

Bengawan Solo: Warisan Budaya yang Abadi

  1. Pengakuan UNESCO: Keindahan melodi “Bengawan Solo” dan kisah di baliknya membuat lagu ini diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia. Pengakuan ini menjadi bukti bahwa musik Indonesia memiliki tempat istimewa di panggung dunia.
  2. Menggugah Kenangan: Bagi banyak orang, “Bengawan Solo” bukan hanya sekadar lagu, melainkan sebuah pengantar kenangan. Melodi keroncong yang khas mengajak pendengar untuk merenung dan merasakan kehangatan nostalgia.
Baca Juga  Ribuan Wisatawan "Serbu" Beras Basah saat Libur Lebaran

Melodi Abadi dari Negeri Keroncong

Jasa SMK3 dan ISO

“Bengawan Solo” tetap menjadi simbol kekayaan musik Indonesia. Dengan melodi yang timeless dan lirik yang sarat makna, lagu ini terus mengalun di hati para pecinta musik Indonesia. Di tengah gempuran lagu-lagu modern, “Bengawan Solo” tetap membawa pesona keroncong yang klasik dan keindahan alam Nusantara.

Melalui “Bengawan Solo”, Gesang Martohartono memberikan warisan tak ternilai bagi Indonesia dan dunia. Lagu ini terus mengalun sebagai bagian dari kisah panjang musik Indonesia yang membanggakan.(*)

Editor: Ani

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button