Kabar Politik

Jemput Aspirasi Warga Teluk Singkama, Sutomo Jabir:  Akan Saya Kawal Agar Ditindaklanjuti

Jemput Aspirasi Warga Teluk Singkama, Sutomo Jabir:  Akan Saya Kawal Agar Ditindaklanjuti
Anggota Komisi II DPRD Kaltim Sutomo Jabir saat meninjau infrastruktur pertanian di Dapil Bontang, Kutim, dan Berau. (Redaksi Akurasi.id)

Jemput Aspirasi Warga Teluk Singkama, Sutomo Jabir:  Akan Saya Kawal Agar Ditindaklanjuti. Lewat kesempatan itu, anggota Komisi II DPRD Kaltim itu, mengingatkan warga agar saat mengusulkan proposal pembangunan juga disertai dengan memasukannya di musrembang.

Akurasi.id, Samarinda – Dalam agenda serap aspirasi atau reses di Desa Teluk Singkama, Kecamatan Sangatta Selatan, Kutai Timur (Kutim), anggota Komisi II DPRD Kaltim Sutomo Jabir banyak menerima aspirasi yang berkaitan dengan sarana dan prasarana yang diperlukan petani. Terutama aspirasi warga Teluk Singkama dalam meningkatkan usaha tani persawahan.

Hal tersebut disampaikan masyarakat dalam agenda reses DPRD Kaltim yang berlangsung pada 7-14 juli 2021. Selain melakukan penyerapan aspirasi, agenda ini sekaligus dimanfaatkan anggota DPRD Kaltim dari Fraksi PKB ini untuk bersilaturahmi dengan masyarakat sekitar.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh tokoh masyarakat serta kelompok tani yang kemudian mengadukan beberapa persoalan. Sutomo Jabir pun mendengarkan satu-persatu aspirasi yang disampaikan kepadanya sebagai wakil rakyat Daerah Pemilihan (Dapil) VI Bontang, Kutim, dan Berau.

Diantaranya disampaikan Agus Sudarman. Sebagai anggota kelompok tani ia meminta peningkatan jalan usaha tani di kawasan tersebut. Untuk memudahkan akses para petani di Desa Teluk Singkama. Kemudian, ia juga meminta bantuan berupa pembangunan jembatan serta bendungan untuk mengairi persawahan.

Disisi lain, keluhan juga disampaikan Hasdi yang merupakan anggota Kelompok Tani Tunas Muda. Ia mengaku telah sering membuat proposal pengajuan bantuan usaha tani, jalan buntung dan jalanan untuk akses pertanian kepada pemerintah setempat. Namun proposal itu tidak pernah ditanggapi.

Menanggapi keluhan masyarakat ini, Sutomo mengawalinya dengan memberikan masukan terlebih dahulu kepada warga untuk memperhatikan kelengkapan berkas yang akan diajukan. Karena kerapkali pengajuan proposal tidak diindahkan pejabat setempat karena kelengkapannya kurang. Kemudian, proposal tersebut tetap dimasukan di Musrembang agar dirinya bisa mengawal ke dinas terkait.

“Kelengkapan proposal yang diajukan bisa diperhatikan dulu. Namun jangan hanya sekadar memasukan proposal, namun usulkan juga di Musrenbang,” terang Sutomo.

Baca Juga  Abdul Samad Soroti Turap di Gunung Elai dan Bontang Permai, Dinilai Lambat Penanganan

Sedangkan mengenai usulan lain yang diajukan, terkait infrastruktur dan sebagainya, dikatakannya, akan dikoordinasikan di tingkat kabupaten maupun provinsi. “Akan saya kawal agar apa yang menjadi usulan warga bisa ditindaklanjuti,” ucapnya.

Mengingat tingginya tingkat kasus Covid-19 di Kaltim, Sutomo turut mengingatkan warga agar mengikuti program vaksinasi untuk membentuk kesehatan bersama. “Karena menekan angka penyebaran Covid-19 tidak hanya merupakan tugas pemerintah, namun juga tugas kita bersama,” tambahnya. (*)

Penulis: Devi Nila Sari
Editor: Dirhanuddin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks