Kabar Politik

Jalan Tanah Datar dan Bandara APT Pranoto Diperbaiki, Seno Aji: APBN Rp283 Miliar Segera Turun

Jalan Tanah Datar dan Bandara APT Pranoto Diperbaiki, Seno Aji: APBN Rp283 Miliar Segera Turun
Tampak kondisi ruas jalan di Desa Tanah Datar yang mengalami kerusakan parah dan viral di media sosial kini mendapatkan perhatian serius untuk dilakukan rehabilitasi. (Istimewa)

Jalan Tanah Datar dan Bandara APT Pranoto Diperbaiki, Seno Aji: APBN Rp283 Miliar Segera Turun. Namun yang membuat Wakil Ketua DPRD Kaltim itu cukup geram, karena saat ada masalah seperti itu, justru instansi terkait malah saling lempar tanggung jawab.

Akurasi.id, Samarinda Kondisi Jalan Poros Samarinda-Bontang yang berada di Desa Tanah Datar, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mendadak viral di sejumlah media sosial (medsos). Jalur utama menuju Bandara APT Pranoto ini mengalami kerusakan parah, bahkan ketika hujan mengguyur kondisi ruas jalan kian mengkhawatirkan.

Menyikapi hal itu, Senin (5/4/2021) siang kemarin, Komisi III DPRD Kaltim melaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kaltimtara, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Perumahan Rakyat (PUPR PERA) Kaltim, dan Dinas PUPR Samarinda.

Pertemuan tersebut membahas penyelarasan program kegiatan yang dilaksanakan oleh instansi yang hadir dalam RDP. Salah satunya adalah perbaikan akses jalan menuju Bandara APT Pranoto, serta Tanah Datar yang mengalami rusak berat dan viral di media sosial.

Tak hanya itu, perbaikan jalan menuju Bandara APT Pranoto itu direncanakan mulai dilakukan dari Jalan DI Panjaitan, Simpang Lempake Samarinda, hingga Simpang Sambera dan Santan di Kutai Kartanegara.

Hal itu diungkapkan pula oleh Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji. Kata dia, jika pertemuan siang kemarin dengan instansi terakit terkesan saling melempar tanggung jawab akibat kewenangan yang terlihat tumpang tindih.

“Rapat itu juga dilakukan agar DPRD mengetahui kewenangan masing-masing pihak,” ujar wakil rakyat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kukar tersebut.

Baca Juga  Jalan Soekarno Hatta Rusak, Sering Dilintasi Truk “Obesitas”, DPRD Pertanyakan Tanggung Jawab Perusahaan

Untuk pembenahan jalan akses menuju Bandara APT Pranoto dan Tanah Datar, Seno mengatakan, bakal ditangani oleh BBPJN Wilayah II Kaltimtara, karena statusnya merupakan jalan nasional. Untuk anggarannya bersumber dari APBN sebesar Rp283 miliar dengan skema Multi Years Contract (MYC).

“Itu untuk perbaikan total. Baik pelapisan aspal, pelebaran jalan, dan irigasinya. Mudahan 2023 akses dari Jalan DI Panjaitan sampai Bandara APT Pranoto sudah baik dan lancar,” tutup politisi dari Fraksi Gerindra ini. (*)

Penulis: Zulkifli
Editor: Dirhanuddin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks