MENU

Bicarakan Serapan Anggaran Pembangunan, Komisi I DPRD Bontang Panggil Camat Bontang Selatan

Anggota Komisi I DPRD Bontang Maming saat mengikuti rapat bersama Camat Bontang Selatan. (Rezki Jaya/Akurasi.id)
Bicarakan Serapan Anggaran Pembangunan, Komisi I DPRD Bontang Panggil Camat Bontang Selatan
Anggota Komisi I DPRD Bontang Maming saat mengikuti rapat bersama Camat Bontang Selatan. (Rezki Jaya/Akurasi.id)

Bicarakan Serapan Anggaran Pembangunan, Komisi I DPRD Bontang Panggil Camat Bontang Selatan. Selain masalah administrasi, isu pergeseran produta juga disebut menjadi kendala atas masih rendahnya capaian kinerja Pemerintah Kecamatan Bontang Selatan.

Akurasi.id, Bontang – Komisi I DPRD Bontang memanggil Pemerintah Kecamatan Bontang Selatan pada Senin (14/6/2021). Pemanggilan itu terkait evaluasi atas capaian kinerja, terutama ihwal serapan anggaran yang telah digelontorkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang di daerah tersebut pada tahun 2021 ini.

Pada kesempatan itu, anggota Komisi I DPRD Bontang Maming menjelasakan, pemanggilan ini merupakan agenda rutin yang dilakukan pihaknya setiap tahun. Tujuannya, untuk mengetahui secara langsung capaian kinerja pemerintah kecamatan, terutama terkait dengan capaian serapan anggaran yang diberikan di pemerintah kecamatan.

“Kami akan rutin Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan mitra Komisi I DPRD Bontang. Kami ingin mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi, seperti alasan tidak tercapai. Tugas kami membantu agar program kerja yang sudah dibuat dapat tercapai,” tuturnya.

Menurutnya, fungsi lain Komisi I yakni memberikan pengawasan terhadap berbagai kinerja pemerintah, termasuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkup Pemkot Bontang. Kecematan Bontang Selatan adalah salah satunya.

“Dari penjelasan Pak Camat Bontang Selatan, dari target capaian kinerja 2021 yang seharusnya 45 hingga 50 persen. Namun capaiannya baru 26,5 persen dari serapan anggaran, karena masih banyak dalam proses pengadaan,” jelasnya.

Lambatnya pencapaian tersebut lantaran terkendala isu dihentikannya Program Dua Ratus Juta (Produta) oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bontang, Basri Rase-Najirah. “Tetapi oleh DPRD Bontang, produta ini tetap diminta berjalan.Karena menyentuh langsung ke masyarakat,” ucapnya.

Baca Juga  Bangunan Polsek Bontang Barat Berstatus Pinjam Pakai, Ketua DPRD Bontang Dukung Pembangunan Kantor Permanen

Maming berharap, produta bisa dilaksanakan tepat waktu. Sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. “Kalau kita lihat bersama dari apa yang ada di lapangan dan progresnya, Insyaallah bisa tercapai di akhir tahun ini,” ujarnya.

Selain produta, Maming juga menyebutkan, kendala lain yang dihadapi Kecamatan Bontang Selatan dalam penyerapan program pembangunan, yakni administrasi. “Ke depan kami akan bahas lagi dalam waktu dekat bersama Kecamatan Bontang Selatan. Semoga yang kurang sudah diperbaiki,” pungkasnya. (*)

Penulis: Rezki Jaya
Editor: Dirhanuddin

Share :

Print Friendly, PDF & Email
IKLAN SPACE AKURASI.ID DISEWAKAN
TINGGALKAN BALASAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
POPULER POST
JOB VACANCY
REKOMENDASI
INSTAGRAM FEED
[instagram-feed]