Kabar Politik

Perusahaan di Bontang Diwanti-Wanti Bayar THR Karyawan, Andi Faiz: Lapor ke Kami Jika Ada Masalah

Perusahaan di Bontang Diwanti-Wanti Bayar THR Karyawan, Andi Faiz: Lapor ke Kami Jika Ada Masalah
Ketua DPRD Bontang Andi Faizal Sofyan Hasdam mewanti-wanti agar setiap perusahaan membayarkan hak karyawan berupa THR. (Redaksi Akurasi.id)

Perusahaan di Bontang Diwanti-Wanti Bayar THR Karyawan, Andi Faiz: Lapor ke Kami Jika Ada Masalah. Menurut ketua DPRD Bontang, ketika ada perusahaan yang tidak membayarkan THR, maka itu sudah masuk kategori sebuah pelanggaran.

Akurasi.id, Bontang – Kendati perayaan Idul Fitri sudah di depan mata. Namun masih ada saja sejumlah perusahaan yang disinyalir belum membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada karyawannya. Padahal itu hak karyawan dan kewajiban yang harus dibayarkan setiap perusahaan.

Perihal hal itu, Ketua DPRD Bontang Andi Faizal Sofyan Hasdam, menegaskan, apabila penerima kerja telah memenuhi syarat, maka sesuai dengan amanat undang-undang pemberi kerja wajib memberikan tunjangan yang dibayarkan setiap tahunnya.

Akan tetatpi, kata pria yang menjabat sebagai ketua Golkar Bontang ini, masih ada saja perusahaan yang tak mengindahkan hal tersebut. Ironisnya, justru ada pekerja di lingkungan pemerintahan yang tidak mendapatkan hak THR secara penuh.

“Ada informasi beberapa perusahaan yang mendapatkan pekerjaan di pemerintahan tidak membayarkan hak THR pekerjanya secara penuh. Jelas ini melanggar. Karena, seluruh pekerjaan di pemerintahan saat pembahasan anggaran sudah ada alokasi anggaran THR untuk pekerjanya. Jadi tidak ada alasan untuk tidak membayar penuh,” tegasnya.

Andi Faiz pun mengingatkan, agar perusahaan itu segera membayarkan pol hak THR para pekerja. Mengingat hari raya Idul Fitri hanya sudah di depan mata. “Kalau sampai Lebaran nanti tidak kunjung diberikan, hari Senin pekan depan akan kami kawal persoalan ini agar hak para pekerja bisa diberikan,” imbuhnya.

Politisi Golkar itu pun mengimbau kepada para pekerja atau buruh yang belum atau tidak mendapatkan haknya, agar segera melapor ke posko pengaduan yang dibuat oleh Dinas Tenaga Kerja Bontang. Atau bisa langsung ke DPRD Bontang.

Baca Juga  Pelaksanaan Haji 2021 Ditunda, Rusman: Keputusan Pemerintah Pusat Pasti Penuh Pertimbangan

“Jika ada yang bermasalah dengan THR, silahkan lapor ke Disnaker atau langsung ke kami (DPRD). Kalau memang terbukti perusahaan melanggar, akan kami tindak lanjuti dengan cara menegur perusahaan yang bersangkutan,” kukuhnya.

Dia juga mengingatkan, kondisi pandemi Covid-19 tidak boleh menjadi alasan setiap perusahaan untuk bersembunyi. Sehingga enggan membayarkan TRH karyawan. Apalagi pemberian THR tersebut sudah diatur undang-undang. (*)

Penulis: Redaksi
Editor: Dirhanuddin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks