Kabar Politik

Duduk Bareng Awak Media, PKB Kaltim Mulai Buka Kartu Menyongsong Hadapi Pemilu 2024

Duduk Bareng Awak Media, PKB Kaltim Mulai Buka Kartu Menyongsong Hadapi Pemilu 2024
Ketua DPW PKB Kaltim Syafruddin dan anggota DPRD Kaltim Sutomo Jabir saat berfoto bersama awak media dalam acara buka puasa bersama. (Muhammad Budi Kurniawan/Akurasi.id)

Duduk Bareng Awak Media, PKB Kaltim Mulai Buka Kartu Menyongsong Hadapi Pemilu 2024. Sebagai ketua PKB Kaltim, Syafruddin bahkan telah memetakan setiap potensi politik untuk dapat mendudukan kadernya di pileg, pilkada, maupun Pilgub Kaltim.

Akurasi.id, Samarinda – Memasuki pekan ketiga bulan Suci Ramadan 1442 Hijriah, DPW Partai PKB Kaltim menggelar buka puasa bersama para awak media di Samarinda. Acara itu diselenggarakan di Kantor DPW PKB Kaltim, Jalan Ir H Juanda, Samarinda.

Dalam kegiatan itu, Ketua DPW Partai PKB Kaltim, Syafruddin mengakui, peran media sangat dibutuhkan partainya dalam mendukung kemajuan perkembangan PKB.

“PKB dan wartawan memiliki hubungan simbiosis mutualisme. Kita butuh wartawan sebagai media untuk mendukung, memberitakan, dan menginformasikan kegiatan politik PKB. Sebaliknya, awak media butuh informasi dari kader-kader kami di parlemen maupun di eksekutif,” kata Syafruddin dalam interaksinya dengan awak media, Minggu (3/5/2021).

Sembari menunggu berbuka puasa, kepada awak media, pria yang karib disapa Udin itu, menyampaikan beberapa informasi mengenai langkah dan sikap politik PKB ke depan. Terutama dalam menghadapi kontestasi politik pada 2024 mendatang.

“PKB telah menetapkan target-target politik di Pemilu 2024. Khususnya pada pileg dan pilpres. Untuk itu, kami juga telah mempersiapkan kader-kader kami yang siap berjuang,” ujarnya.

Ditegaskannya, target tersebut bersifat wajib. Adapun jika tak terpenuhi akan ada sanksi menanti. PKB wajib mengirimkan kader terbaiknya ke DPR RI. Jika gagal, ada sanksi atau hukuman yang akan diberikan ke pengurus wilayah dan pusat.

Baca Juga  Perusahaan di Bontang Diwanti-Wanti Bayar THR Karyawan, Andi Faiz: Lapor ke Kami Jika Ada Masalah

“Saya siap mundur jika pada 2024 PKB Kaltim tidak dapat mengirimkan kadernya ke DPR RI, itu sudah jadi konsekuensinya,” beber Udin.

Sebab menurut pria yang menjabat sebagai anggota Komisi III DPRD Kaltim itu. Ukuran dari keberhasilan politik di sebuah partai adalah seberapa banyak mampu mengirimkan kader terbaiknya ke Senayan -sebutan DPR RI.

“Target politik PKB di Kaltim, mengirimkan kader 8 orang ke DPRD Kaltim. Kami sudah ada modal 5 orang untuk naik ke target 8 orang. Bukan suatu pekerjaan yang sulit. Insyaallah bisa terwujud,” ungkapnya.

Hal itu bercermin dari jumlah 6 dapil yang ada di DPRD Kaltim. Sehingga ada beberapa dapil yang ditarget untuk mendapat 2 kursi. Seperti Kukar, PPU, dan Samarinda. “Ini akan jadi target politik PKB untuk kirim kadernya ke provinsi,” tambahnya.

Kemudian untuk target di kabupaten dan kota, PKB wajib mendudukkan kadernya minimal 1 fraksi. Sejauh ini, PKB Kaltim sudah meraih 4 daerah untuk pimpinan DPRD yakni Kukar, Bontang, Mahulu, dan Paser.

“Di semua kabupaten/kota, menargetkan minimal 1 fraksi. Target politik ini jadi komitmen dengan ketua DPC. Kerja politik tidak bisa dianggap sepele. Harus dibarengi komitmen yang kuat,” ucapnya.

Baca Juga  Andi Faizal Apresiasi Mapala Stitek Gelar Turnamen PES dan Mobile Legend, Tingkatkan Prestasi E-sport Bontang

Sementara untuk pilpres, PKB Kaltim bersama DPC se-Kaltim telah memutuskan akan mengusung Muhaimin Iskandar sebagai Calon Presiden di 2024 nanti. Pihaknya juga sepakat menambah target pimpinan kepala daerah.

“Beberapa daerah kami target dan dorong usung kader sendiri. Salah satunya di Mahulu. Begitu pula di Kukar dan daerah lain. Untuk Pilgub Kaltim, kami sudah komitmen usung kader sendiri yang maju sebagai calon gubernur atau wakil,” tutupnya. (*)

Penulis: Muhammad Budi Kurniawan
Editor: Dirhanuddin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks