HeadlineKabar Politik

Turun ke Kutim, Sutomo Jabir Pasang Badan Suarakan Aspirasi Masyarakat dari Banjir hingga Kesejahteraan Pemadan

Turun ke Kutim, Sutomo Jabir Pasang Badan Suarakan Aspirasi Masyarakat dari Banjir hingga Kesejahteraan Pemadan
(Kanan) anggota DPRD Kaltim Sutomo Jabir saat melaksanakan reses untuk menyerap aspirasi masyarakat. (Redaksi Akurasi.id)

Turun ke Kutim, Sutomo Jabir Pasang Badan Suarakan Aspirasi Masyarakat dari Banjir hingga Kesejahteraan Pemadan. Menurut anggota DPRD Kaltim dari Fraksi PKB itu, sebagai wakil rakyat, dirinya memang berkewajiban menjadi penyambung lidah dan aspirasi masyarakat.

Akurasi.id, Samarinda – Anggota komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Timur Sutomo Jabir mengadakan penyerapan aspirasi di Jalan Masabang, Sangatta Selatan, Jumat (9/7/2021) lalu. Agenda reses ini merupakan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan selama Masa Sidang II, 7-14 Juli 2021.

Dalam kesempatan itu, warga banyak menyampaikan usulan terkait insfrastruktur hingga kebutuhan sarana dan prasarana olahraga di lingkungan mereka. Seperti masalah drainase yang disampaikan Yudi, ketua RT 3 di daerah Masabang.

Lewat kesempatan itu, dia menyampaikan perlu penataan drainase di kawasan mereka lantaran debit air yang meninggi kerap menyebabkan rumah warga kebanjiran. Karena posisi Masabang berdekatan dengan sungai, apabila hujan turun dengan intensitas tinggi ditambah arus deras dari hulu sungai, maka air akan meluap dan mengakibatkan banjir di wilayah itu.

“Setiap tahun, jika hujan deras pasti, banjir di wilayah kami ini akan kebanjiran. Mohon agar sekiranya perbaikan drainase di tempat ini dapat diprioritaskan untuk dibangun,” harapnya.

Selain itu, Derti warga setempat menyampaikan, agar diadakan program bedah rumah atau rumah layak huni. Mengingat masih banyak rumah di kawasan tersebut perlu dukungan pemerintah, dikarenakan masih dalam tahap pengembangan. “Kami menginginkan adanya program bedah rumah. Terserah nanti siapa yang mengerjakan. Harapannya agar segera ditindaklanjuti,” usulnya.

Di sisi lain, Asri, salah satu warga setempat mengusulkan pengadaan perlengkapan untuk mencari ikan. Sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian para warga sekitar yang berprofesi sebagai nelayan. Mengingat banyak nelayan memiliki keterbatasan dalam pengadaan alat penangkap ikan.

Kemudian, ia juga menyampaikan keluhan terkait kesenjangan perbedaan upah di bidang pemadam kebakaran antara Kabupaten Kutim dan Kaltim. Disaat bersamaan warga juga mengusulkan pengadaan perlengkapan olah raga, seperti disampaikan Nurjayanti mewakili ibu-ibu yang hadir diacara reses tersebut.

Baca Juga  Pasien Meninggal di Depan UGD, RSUD AW Sjahranie Akui Kebanjiran Pasien Covid-19

“Kami minta pengadaan perlengkapan volly untuk tim volly. Biar warga makin semangat olahraga,” katanya. Perihal lain yang disampaikan dalam agenda reses itu ialah pengadaan alat pengeras suara atau soud system bagi Musala Silva Duta.

Menyikapi aspirasi yang disampaikan masyarakat, anggota DPRD Kaltim Sutomo Jabir mengatakan, dirinya akan memperjuangkan apa yang menjadi aspirasi serta keluhan warga. Ia juga akan terus berkoordinasi dengan pemerintah Kabupaten Kutim maupun Pemprov Kaltim agar segala persoalan tersebut dapat terakomodir. Sutomo Jabir pasang badan untuk memperjuangkan itu.

Baca Juga  Wajah Pendidikan Pulau Gusung: Kala Satu-Satunya Sekolah “Panggung” Mimpi Puluhan Anak Pesisir Itu Runtuh (2)

“Hasil dari reses ini akan saya koordinasikan baik di tingkat kabupaten maupun provinsi agar apa yang menjadi usulan warga bisa ditindaklanjuti. Insyaallah, apa yang jadi aspirasi masyarakat semaksimal saya perjuangkan,” ucapnya. (*)

Penulis: Devi Nila Sari
Editor: Dirhanuddin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks