Kabar Politik

Wakil Ketua DPRD Kaltim M Samsun Pastikan Perbaikan Jalan Tanah Datar Memasuki Tahap Lelang, Diawali Rp36 Miliar

Wakil Ketua DPRD Kaltim M Samsun Pastikan Perbaikan Jalan Tanah Datar Memasuki Tahap Lelang, Diawali Rp36 Miliar
Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun memastikan tahap perbaikan jalur poros Samarinda-Bontang di Desa Tanah Datar sedang memasuki tahap lelang. (Dok Humas DPRD Kaltim)

Wakil Ketua DPRD Kaltim M Samsun Pastikan Perbaikan Jalan Tanah Datar Memasuki Tahap Lelang, Diawali Rp36 Miliar. Perbaikan dilakukan dalam 3 tahap, pertama tahun ini sebesar Rp36 miliar. Kedua, tahun 2022 sebesar Rp136 miliar. Ketiga, 2023 sebanyak Rp111 miliar.

Akurasi.id, Samarinda Kerusakan jalan yang begitu parah di Jalan Poros Samarinda-Bontang tepatnya di Desa Tanah Datar, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara dipastikan saat ini sedang masuk tahap perbaikan.

Meski terkesan dianaktirikan, lantaran akses jalan menuju Bandara APT Pranoto ini tak pernah diperbaiki sejak tahunan waktu silam, namun Wakil Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Samsun memastikan tahap perbaikan sementara kini sedang dimulai.

Kata politikus Fraksi PDI Perjuangan ini, dari tinjauanya di lapangan, jalan tersebut memang tengah dalam upaya rehabilitasi. Yakni berupa pengerukan drainase sebagai langkah penanganan banjir.

Disebutkan bahwa jalan tersebut sudah beberapa tahun belakangan rusak parah. Menanggapi situasi itu, Samsun menegaskan proses perbaikan jalan sudah berjalan. Dan saat ini, perbaikan secara menyeluruh sedang di tahap lelang.

“Ini hasil konfirmasi saya dengan BPJN (Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XII Balikpapan),” ungkap Samsun, Selasa (6/4/2021).

Samsun juga membenarkan aktivitas perbaikan memang sudah dilakukan di jalur tersebut. Namun demikian, disebutkannya pengerjaan yang ada saat ini hanya bersifat penanganan sementara mengingat banyaknya keluhan yang terus bermunculan. Sedangkan perbaikan secara menyeluruh, masih bergulir di tahapan lelang. “Anggaran perbaikan menyeluruh dalam proses lelang,” tambahnya.

Baca Juga  Sengketa Lahan Areal Penggunaan Lain di Jalan PT Badak, DPRD Minta Pemkot Berikan Peluang Masyarakat

Terpisah, Andre Sahat Tua Sirait selaku Kepala Satker BBPJN Wilayah II Kaltimtara menyebutkan, anggaran perbaikan jalan sebesar Rp283 miliar dengan skema Multi Years Contract (MYC), dan alokasinya dilakukan bertahap setiap tahun anggaran hingga 2023.

Untuk tahun ini kucuran dana perbaikan senilai Rp36 miliar dan Rp136 miliar di 2022, terakhir di 2023 sebanyak Rp111 miliar. Anggaran tersebut masih masuk dalam proses lelang di pusat dan akan diumumkan pada April ini.

Andre memaparkan sepanjang 51 kilometer jalur dari Lempake-Sambera-Santan diprioritaskan penanganan permanen untuk bagian jalan yang rusak parah dengan total 25 kilometer.

Sedangkan untuk 26 kilometer sisanya masuk pemeliharaan rutin, karena kondisinya masih cukup bagus. Khusus untuk Tanah Datar, ia mengatakan pihaknya juga akan memfungsikan kembali saluran drainase, yang sempat tertutup jalan hauling akibat lintasan angkutan batu bara.

“Targetnya tahun ini selesaikan di segmen bandara dan Tanah Datar sepanjang 5 kilometer. Sekaligus drainasenya dibenahi,” pungkasnya. (*)

Penulis : Zulkifli
Editor: Dirhanuddin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks