Ragam

Upaya Jaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Melalui FKPM

Upaya Jaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Melalui FKPM
Rakor dan Penetapan pengurus FKPM Kelurahan Karang Asam Ilir (Muhammad Budi Kurniawan/Akurasi.id)

Upaya jaga keamanan dan ketertiban masyarakat melalui FKPM. Masyarakat yang memiliki masalah dapat melapor ke Posko FKPM terdekat.

Akurasi.id, Samarinda – Jajaran Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) wilayah Sungai Kunjang melaksanakan rapat koordinasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Rakor Kamtibmas) pada Senin (14/6) malam di arena Mahakam Lampion Garden, Jalan Slamet Riyadi, Samarinda Ilir, Sungai Kunjang.

Dalam kegiatan tersebut, sekaligus melantik kepengurusan baru, FKPM Kelurahan Karang Asam Ilir yang ikut dihadiri Camat Sungai Kunjang, seluruh Lurah di Sungai Kunjang, Wakapolsek Sungai Kunjang, dan beberapa anggota FKPM se-Samarinda termasuk FKPM Pelita.

Selain itu, dalam rapat koordinasi itu juga membahas, berbagai masalah yang ada di FKPM se-Sungai Kunjang dan menjelaskan tupoksi anggota FKPM dalam menjalankan tugas sesuai Perpol Nomor 1 Tahun 2021. “Dalam rangka meningkatkan Kamtibmas di Sungai Kunjang, khususnya di Kelurahan Karang Asam Ilir, kita berupaya mengaktifkan kepengurusan FKPM yang ada,” jelas Sipra Ketua FKPM Kecamatan Sungai Kunjang.

Selain itu, Sipra berharap dengan diaktifkannya kembali FKPM di Karang Asam Ilir, masyarakat yang memiliki masalah dapat melapor ke Posko yang berada di Kantor Kelurahan Karang Asam Ilir itu. “Di kecamatan Karang Asam Ilir ini ada 7 Posko FKPM, jadi masyarakat di setiap wilayah dapat mengadukan jika memiliki permasalahan khususnya kasus pidana ringan, atau tipiring,” ungkapnya.

“Kalau sudah masuk ranah hukum pidana berat atau pelapor keberatan biasa langsung diarahkan ke pihak kepolisian,” tambahnya. Selain itu, Wakapolsek Sungai Kunjang, AKP Endang, menjelaskan, adanya FKPM di Wilayah Sungai Kunjang saat ini, sangat membantu tugas-tugas kepolisian dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di wilayahnya, khususnya laporan di bawah 2,5 juta yang tidak bisa diteruskan ke kepolisian.

“Saya berharap seluruh anggota FKPM yang berada di Sungai Kunjang ini dapat terus aktif, dan dapat menjalankan tugas membantu masyarakat yang tengah mendapati permasalahan,” ucap Endang. Endang juga berharap, peran Bhabinkamtibmas di wilayahnya dapat terus  bersinergi dengan pihak FKPM, sebab dengan adanya koordinasi yang baik, permasalahan-permasalahan yang ditemui akan dapat cepat diatasi.

“Keduanya sama-sama memiliki peran, baik Bhabinkamtibmas dan FKPM dalam menjaga ketertiban dan keamanan di wilayah masing-masing,” ungkapnya. Lebih lanjut, Endang, dalam waktu dekat ini akan melakukan pembinaan dan pelatihan bagi pengurus FKPM yang baru, agar lebih paham dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai anggota FKPM.

“Nanti kita agendakan dan saya akan berkoordinasi dengan Kapolsek, untuk dapat melakukan kegiatan rutin dalam pelaksanaan pelatihan dan pembinaan bagi anggota FKPM,” pungkasnya.(*)

Penulis: Muhammad Budi Kurniawan
Editor: Rachman Wahid

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks