CorakRagam

Kelurahan Satimpo Resmikan Posko Covid-19 dan Pengukuhan Garda Isoman

Kelurahan Satimpo Resmikan Posko Covid-19 dan Pengukuhan Garda Isoman
Kelurahan Satimpo menggelar acara peresmian Posko Covid-19 serta pengukuhan Garda Isoman. (Rezki Jaya/Akurasi.id)

Kelurahan Satimpo resmikan Posko Covid-19 dan pengukuhan Garda Isoman. Satimpo kini memiliki 150 relawan.

Akurasi.id, Bontang – Kelurahan Satimpo, Kecamatan Bontang Selatan meresmikan Posko Covid-19 serta pengukuhan Garda Isolasi Mandiri (Isoman). Kegiatan ini berlangsung di Kantor Kelurahan Satimpo, Rabu (7/4/2021).

Lurah Satimpo Andriyana menjelaskan, tujuan dari pembentukan relawan ini agar dapat lebih menekan penyebaran Covid-19 di wilayahnya. Selain itu pengukuhan ini digelar agar memotivasi relawan bersama Ketua RT agar lebih paham dan peduli dengan keadaan saat ini.

“Ada sebanyak 25 RT di Kelurahan Satimpo ini, masing-masing terdapat 6 relawan,  jadi kalau ditotal ada 150 relawan,” sebut Andriyana saat ditemui Akurasi.id usai kegiatan.

Dia juga menyebutkan, untuk fasilitas yang pihaknya miliki yakni 2 rumah yang berfungsi sebagai Posko Kelurahan Siaga dan rumah karantina mandiri.

“Kami dibantu oleh perusahaan sebanyak 2 rumah, 1 untuk Posko dan 1 rumah karantina mandiri yang di dalamnya terdapat 3 kamar isolasi. Untuk fasilitasnya semua dibantu oleh pihak perusahaan,” bebernya.

Dia juga menjelaskan, fungsi dari rumah karantina ini hanya digunakan untuk keadaan tertentu. Semisal, terdapat keluarga yang anggota keluarganya positif 1 orang, tetapi tidak memiliki kamar untuk isolasi mandiri, jadi diarahkan ke rumah isolasi.

Baca Juga  Baru Sahur Sudah Mau Berbuka, Berikut Daftar Kota Dengan Durasi Puasa Tersingkat

“Tetapi kalau di rumah pribadi warga tersebut sudah memadai, isolasinya di rumah pribadi, tetapi diawasi oleh relawan Isoman,” ucapnya

Tak lupa, Andriyana juga berpesan untuk warga di Kelurahan Satimpo untuk selalu mengedepankan protokol kesehatan walau kondisi Covid-19 sudah membaik di Kota Bontang.

“Kami dari pihak kelurahan selalu mengimbau supaya protokol kesehatan wajib dijalankan. Disisi lain kami juga rajin untuk patroli, jadi bersama memutus mata rantai Covid-19. Semoga kelurahan Satimpo bisa zona hijau dan tidak ada lagi yang positif covid-19,” harapnya.

Disisi lain, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0908 Bontang, Letkol Arh Choirul Huda melalui Danramil 0908-01 Loktuan Kapten Inf Rukito berpesan walau saat ini angkat kesembuhan sudah mencapai 96 persen, masyarakat Bontang harus lebih disiplin lagi dengan protokol kesehatan yang ada.

“Pesan saya untuk masyarakat Bontang untuk tetap jaga protokol kesehatan yang disampaikan oleh pemerintah yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. Karena walaupun melandai, tetapi Covid-19 masih ada. Boleh beraktivitas tetapi jangan lalai akan protokol kesehatan,” pungkasnya. (*)

Penulis: Rezki Jaya
Editor: Rachman Wahid

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks