OlahragaTrending

Calvin Verdonk Bersinar di Debut, Shin Tae-yong: Dia Membawa Semangat Baru untuk Timnas

Verdonk Tampil Penuh Percaya Diri dan Memberikan Kontribusi Signifikan dalam Kemenangan Timnas Indonesia

Loading

Jakarta, Akurasi.id – Timnas Indonesia kembali mencatat sejarah baru di bawah arahan pelatih Shin Tae-yong. Pada laga penutup Grup F ronde kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Indonesia berhasil menaklukkan Filipina dengan skor 2-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6). Kemenangan ini tidak hanya memastikan langkah Indonesia ke ronde ketiga, tetapi juga menandai debut gemilang Calvin Verdonk yang mencuri perhatian banyak pihak.

Debut Impresif Calvin Verdonk

Calvin Verdonk, pemain berusia 27 tahun, mendapatkan kesempatan emas untuk memperkuat Timnas Indonesia sejak menit pertama. Dipasang sebagai sayap kiri, Verdonk tampil penuh percaya diri dan memberikan kontribusi signifikan dalam kemenangan tersebut. Meskipun hanya bermain hingga menit ke-67 sebelum digantikan oleh Pratama Arhan, Verdonk sudah cukup menunjukkan kemampuan dan potensinya.

Baca Juga  Harga Cabai Kian Pedas Jelang Ramadan, DPRD Bontang: Salah Satunya Imbas Banjir

“Saya merasa sangat percaya diri berkat dukungan dan kepercayaan yang diberikan oleh Coach Shin Tae-yong. Dia bertanya di mana saya merasa paling nyaman bermain dan memberikan saya kesempatan untuk bermain di posisi sayap kiri,” ujar Verdonk kepada awak media usai pertandingan.

Pujian dari Shin Tae-yong

Pelatih Shin Tae-yong tidak segan memberikan pujian atas performa Verdonk. Menurutnya, pemain yang baru pertama kali membela Timnas Indonesia ini tampil cukup agresif dan beberapa kali menciptakan peluang berbahaya.

Jasa SMK3 dan ISO

“Calvin Verdonk sangat baik, terutama untuk pertandingan pertamanya. Harusnya tidak begitu mudah bagi dia mengingat ada perbedaan waktu dan lingkungan, tetapi dia tetap tampil dengan baik sebagai pemain profesional,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers pasca pertandingan.

Baca Juga  Jokowi Resmi Tandatangani UU IKN, Proyek Ibu Kota Baru Segera Dimulai

Hampir Cetak Gol

Di babak pertama, Verdonk hampir mencetak gol debutnya untuk Timnas Indonesia. Memanfaatkan umpan dari Rafael Struick, Verdonk melepaskan sepakan kaki kiri yang mengarah ke gawang. Namun, upayanya masih bisa digagalkan oleh kiper Filipina, Kevin Ray Mendoza.

Kepercayaan Diri yang Menular

Kepercayaan diri yang dimiliki Verdonk tampaknya menular ke seluruh tim. Shin Tae-yong mengakui bahwa kehadiran Verdonk membawa semangat baru yang sangat positif untuk Timnas Indonesia. “Dia membawa semangat baru untuk tim. Kepercayaan diri yang dia miliki membantu tim untuk bermain lebih agresif dan percaya diri,” tambah Shin.

Baca Juga  PSSI Jamin Shin Tae Yong Bebas Memilih Pemain Timnas Indonesia

Langkah Selanjutnya

Dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia berhasil melaju ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Mereka kini menunggu pengundian grup untuk babak selanjutnya, di mana akan ada 18 negara yang terbagi dalam tiga grup dengan masing-masing berisi enam tim. Babak ketiga ini dijadwalkan berlangsung dari September 2024 hingga Juni 2025, dengan setiap tim akan memainkan sepuluh pertandingan.

Debut impresif Calvin Verdonk dan kemenangan gemilang Timnas Indonesia menjadi bukti nyata keberhasilan strategi dan kepemimpinan Shin Tae-yong. Dukungan penuh dari suporter Garuda juga turut menjadi kunci kesuksesan ini. Kini, seluruh mata tertuju pada langkah selanjutnya Timnas Indonesia dalam mengejar mimpi tampil di Piala Dunia 2026.(*)

Penulis: Ani
Editor: Ani

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button