OlahragaTrending

Indonesia vs Filipina: Pertarungan Krusial di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Malam Ini

Timnas Indonesia Harus Menang untuk Memastikan Diri Lolos ke Babak Berikutnya

Loading

Jakarta, Akurasi.id – Pertandingan penentuan antara Timnas Indonesia dan Filipina dalam Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan berlangsung malam ini di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. Kick-off dijadwalkan pukul 19.30 WIB. Laga ini menjadi krusial bagi Indonesia untuk mengamankan tiket ke babak ketiga.

Indonesia Butuh Kemenangan

Timnas Indonesia, yang saat ini berada di posisi kedua dengan 7 poin, harus menang untuk memastikan diri lolos ke babak berikutnya. Skuad Garuda harus bersaing ketat dengan Vietnam yang memiliki 6 poin. Irak telah mengunci posisi puncak dengan 15 poin sempurna dari lima pertandingan, sedangkan Filipina sudah dipastikan tersingkir.

Pelatih Shin Tae-yong menegaskan bahwa laga ini tidak boleh disia-siakan. “Kami tidak boleh gugur di sini. Filipina meski sudah gagal lolos, pasti akan berjuang keras melawan kami. Kami akan bekerja semaksimal mungkin agar bisa memberikan kemenangan kepada fans,” ujarnya.

Baca Juga  Nasib Timnas Indonesia Ditentukan Laga Melawan Filipina, Mampukah Lolos ke Putaran Ketiga?

Kembalinya Idzes dan Verdonk

Kabar baik datang dari kembalinya Jay Idzes dan Calvin Verdonk yang siap memperkuat lini belakang. Idzes sebelumnya absen saat melawan Irak karena baru tiba di Indonesia sehari sebelum pertandingan, sementara Verdonk absen karena proses naturalisasi yang belum selesai. Kini, Verdonk sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia dan siap bertanding.

Jasa SMK3 dan ISO

Namun, Timnas Indonesia harus bermain tanpa kapten Jordi Amat yang mendapatkan kartu merah saat melawan Irak. “Absennya Jordi memang sebuah kehilangan, tapi kami sudah menyiapkan strategi untuk mengatasinya,” kata Shin Tae-yong.

Baca Juga  Ranking FIFA Indonesia Melonjak, Vietnam Terjun Bebas

Analisis Pelatih Filipina

Pelatih Filipina, Tom Saintfiet, mengakui bahwa Indonesia lebih sulit dihadapi dibanding Vietnam. “Setelah Piala Asia, Indonesia mengalami perkembangan besar, terutama dengan banyaknya pemain naturalisasi dari Belanda yang bermain di level tinggi,” ujar Saintfiet.

Meskipun Filipina sudah tidak berpeluang lolos, Saintfiet tidak ingin laga ini berlalu begitu saja. “Kami ingin menjadi lawan yang tangguh untuk Indonesia. Kami sudah mempelajari permainan mereka, dan ada beberapa kelemahan yang bisa kami manfaatkan,” tambahnya.

Menurut Saintfiet, 20 menit pertama pertandingan akan sangat krusial. “Indonesia akan menekan kami dengan keras, jadi kami harus bisa menghadapi fase ini. Kami akan mencoba mengimbangi permainan dan mengambil risiko ketika ada peluang,” jelasnya.

Baca Juga  Kekalahan Memilukan Timnas Indonesia U-23 di Playoff Piala Asia

Prediksi Susunan Pemain

Shin Tae-yong diperkirakan akan tetap menggunakan formasi 3-4-3 yang telah diterapkan sebelumnya. Dengan kembalinya Idzes dan Verdonk, formasi ini diharapkan dapat memperkuat pertahanan sekaligus mendukung serangan.

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia:

  • Kiper: Ernando Ari
  • Bek: Rizky Ridho, Jay Idzes, Sandy Walsh
  • Gelandang: Calvin Verdonk, Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On, Shayne Pattynama
  • Penyerang: Egy Maulana Vikri, Dimas Drajad, Witan Sulaeman

Pertandingan malam ini akan menjadi ujian besar bagi Timnas Indonesia. Dengan dukungan penuh dari para suporter di SUGBK, skuad Garuda diharapkan dapat meraih kemenangan dan melangkah ke babak berikutnya.(*)

Penulis: Ani
Editor: Ani

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Terkait

Back to top button