MENU

Mengenal Jenis-Jenis Asuransi Mobil dan Rekomendasi Terbaiknya

Bagi Anda yang kini telah memiliki kendaraan, sangat penting mengenal jenis-jenis asuransi mobil. (Ilustrasi)

Asuransi mobil kini menjadi bagian. Karenanya, sangat penting mengenal jenis-jenis asuransi mobil. Tujuannya agar saat mengasuransikan mobil tidak salah pilih. Berikut jenis-jenis asuransi mobil dan rekomendasi terbaiknya.

Akurasi.id – Asuransi mobil adalah asuransi yang memberikan ganti rugi jika kendaraan mengalami kerusakan, baik rusak parah atau sekadar lecet, dan hilang.

Untuk mendapatkan referensi daftar perusahaan asuransi terbaik, kita perlu mengetahui jenis asuransi mobil itu sendiri. Yaitu asuransi mobil All Risk (comprehensive) dan Total Loss Only (TLO).

Asuransi mobil All Risk menanggung biaya perbaikan untuk semua skala kerusakan, termasuk ganti rugi kehilangan dan ganti rugi pihak ketiga. Sementara itu, asuransi mobil TLO akan menanggung kerusakan berskala berat hingga kehilangan.

Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya, baik dari segi pertanggungan selengkapnya maupun besaran premi yang perlu dibayarkan. Pertanyaannya kini, apa saja jenis asuransi mobil yang bisa dipilih?

Nah, buat mengetahuinya, mari simak lebih lanjut dalam pemaparan berikut ini:

Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Jenis-jenis asuransi mobil yang umum dipilih nasabah ada dua, yaitu:

Asuransi All Risk

Asuransi All Risk sebenarnya diartikan sebagai asuransi yang menanggung semua risiko. All artinya semua, sedangkan Risk artinya risiko.

Baca Juga  BPR Bontang Sejahtera Ajak Warga Menabung di Program Tabungan Rencana Sejahtera

Asuransi All Risk memberikan jaminan berupa perbaikan kendaraan yang rusak dari segala risiko, baik itu kerusakan karena tabrakan, gesekan, tergelincir, terperosok, atau karena sebab yang lainnya.

Tidak hanya itu, asuransi All Risk atau disebut juga asuransi comprehensive bisa menanggung kerusakan kendaraan baik yang sifatnya kecil seperti mobil baret, tergores, atau rusak tapi hanya sebagian bagian saja.

Asuransi comprehensive juga menanggung kerusakan yang besar, termasuk mobil yang hilang karena pencurian atau perbuatan jahat lainnya.

Asuransi All Risk sangat cocok untuk mobil baru yang rusak karena memberikan jaminan maksimal dan kompleks. Dari segi premi, sudah pasti harganya tinggi karena ada banyak manfaat pertanggungan yang diberikan.

Biasanya ada batas usia kendaraan bisa dilindungi asuransi ini, misalnya 8-10 tahun, tergantung dari perusahaan asuransinya.

Asuransi Total Loss Only

Asuransi Total Loss Only atau yang juga disebut TLO merupakan produk asuransi kendaraan yang memberikan perlindungan berupa jaminan atas perbaikan kerusakan kendaraan minimal 75%. Jadi apabila kerusakannya hanya beberapa bagian saja maka tidak dapat dicover oleh asuransi ini.

Akan tetapi, asuransi Total Loss Only memberikan jaminan atas kendaraan yang hilang karena perbuatan jahat. Sebab, kendaraan hilang dianggap sebagai kendaraan yang rusak 100% maka dari itu bisa dicover asuransi Total Loss Only.

Baca Juga  Baksos PIKA PKT, Operasi Bibir Sumbing dan Langit-langit Sumbing 12 Anak

Asuransi Total Loss Only biasanya memiliki tarif premi yang tidak terlalu tinggi. Sebab, manfaat pertanggungan yang diberikan tidaklah terlalu banyak.

Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik 2022

Berikut ini adalah 4 rekomendasi asuransi mobil terbaik 2022 untuk kendaraan yang bisa dipilih, yaitu:

1. Asuransi Sinar Mas

Asuransi Sinarmas (ASM) merupakan perusahaan asuransi yang berada di bawah naungan grup Sinar Mas. Perusahaan ini menawarkan berbagai program asuransi, salah satunya adalah perlindungan mobil atau kendaraan.

Asuransi ini memberikan pertanggungan lengkap untuk polis yang dipilih dengan periode pertanggungan yaitu antara satu bulan hingga satu tahun. Selain itu, asuransi jenis ini menawarkan dua pilihan produk yaitu asuransi mobil all risk dan asuransi mobil TLO.

Asuransi ini menawarkan dua produk dengan polis dan manfaat berbeda yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Persentase asuransi mobil all risk dan TLO ditentukan berdasarkan harga mobil dan wilayah.

2. Asuransi Adira Autocillin

Autocillin merupakan produk asuransi mobil Adira Insurance yang memberikan jaminan terhadap  mobil kamu.

Jaminan yang diberikan Asuransi Mobil Autocillin meliputi jaminan Comprehensive dengan rerata premi asuransi mobil yang berbeda sesuai jenis jaminan yang dipilih.

Baca Juga  Inflasi Terendah dalam 10 Tahun di Bulan Ramadan

Saat ini, Autocillin dilengkapi dengan fitur-fitur terbaik, seperti Emergency Roadside Assistance, dan fitur pelayanan seperti Autocillin Mobile Claim Application, serta Autocillin Mobile Service agar secara terus menerus dapat memberikan pelayanan terbaik dengan proses yang simpel.

3. Asuransi Tugu Pratama

Asuransi Tugu Pratama merupakan anak usaha Pertamina yang berbisnis di bidang asuransi. Untuk mendukung kegiatan bisnisnya, hingga 27 Desember 2021, perusahaan ini telah memiliki 12 kantor cabang dan 22 titik penjualan dan layanan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tugu Pratama Indonesia adalah perusahaan asuransi umum yang unggul dengan pilihan produk asuransi mobilnya.

Ada tiga pilihan kategori produk yang ditawarkan oleh Tugu Pratama Indonesia, yaitu asuransi korporasi, retail (individu), dan asuransi berbasis syariah. Keunggulan produk ini adalah harga terjangkau.

4. Asuransi Garda Oto

Asuransi Garda Oto adalah produk asuransi mobil yang dikelola oleh PT Asuransi Astra Buana. Beberapa keunggulan Asuransi Mobil Garda Oto di antaranya adalah manfaat polis lengkap, layanan antar-jemput ke dan dari bengkel, serta garansi suku cadang asli. (*)

Penulis: Pewarta
Editor: Redaksi Akurasi.id

Share :

Print Friendly, PDF & Email
IKLAN SPACE AKURASI.ID DISEWAKAN
TINGGALKAN BALASAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
POPULER POST
JOB VACANCY
REKOMENDASI
INSTAGRAM FEED
[instagram-feed]