Pariwara

Sosialisasikan Program Insert, Baznas Bontang Beri Bantuan untuk Masjid di Pesisir

Sosialisasikan Program Insert, Baznas Bontang Beri Bantuan untuk Masjid di Pesisir
Ketua Baznas Bontang Haji Kuba Siga menyerahkan bantuan berupa sajadah dan karpet untuk masjid di Malahing. (Baznas Bontang for Akurasi.id)

Sosialisasikan program insert, Baznas Bontang beri bantuan untuk masjid di pesisir. Belum lama ini, Baznas Bontang menyosialisasikan program Insert ke wilayah pesisir Bontang selama 3 hari.

Akurasi.id, Bontang – Kota Bontang bebas mustahik menjadi salah satu target Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bontang ke depan. Salah satunya melalui program Infak Seribu Rupiah per Pekan Bagi Setiap Rumah Tangga (Insert).

Program Insert pun gencar disosialisasikan ke tingkat RT hingga kelurahan. Belum lama ini, Baznas Bontang menyosialisasikan program tersebut ke wilayah pesisir Bontang selama 3 hari, yakni Senin-Rabu (21-23/6/2021). Hari pertama sosialisasi dilaksanakan di Selangan dan Tihi-Tihi. Pada hari kedua di Nyerakat Kiri serta Teluk Kadere dan hari ketiga di Malahing juga Gusung.

Ketua Baznas Bontang Haji Kuba Siga mengatakan pihaknya mengenalkan program Insert di setiap pesisir yang dihadiri takmir masjid, ketua RT dan perangkatnya, serta tokoh masyarakat. Tujuannya agar masyarakat bisa berinfak dan bisa merasakan dana infak yang dipakai agar terbebas dari riba. Dalam kunjungan itu pula Baznas Bontang juga memberikan SOP (Standar Operasional Prosedur) terkait program tersebut.

“Semoga di awal Juli nanti baik di kota maupun di pesisir bisa serentak melaksanakan program Insert ini,” ucapnya saat dihubungi Akurasi.id.

Kuba menerangkan teknisnya warga mengumpulkan infak Rp1000 per pekan ke ketua RT, lalu membuat laporan keuangan. Peran Baznas hanya sebagai komando yang memverifikasi laporan pengumpulan, pendistribusian, pembinaan, dan pengawasan infak.

“Pengumpulan infak itu nantinya di bawah pengawasan unit pengumpulan zakat (UPZ) masing-masing,” jelasnya.

Sosialisasikan Program Insert, Baznas Bontang Beri Bantuan untuk Masjid di Pesisir
Rombongan Baznas Bontang saat sosialisasi dan menyerahkan bantuan di Gusung. (Baznas Bontang for Akurasi.id)

Program berkelanjutan itu nantinya dapat bermanfaat untuk masyarakat. Dana infak dari masyarakat itu sendiri dapat digunakan untuk membantu warga agar tidak terjerat hutang rentenir. Misalnya untuk modal usaha. Dia menyebut Insert tersebut tidak hanya fokus pada mustahik dari kalangan beragama Islam saja. Namun juga menjangkau kalangan non muslim dalam bentuk donasi.

“Infak itu 60 persen untuk pemberdayaan, sisanya untuk sesuatu konsumtif. Jadi dari masyarakat untuk masyarakat,” tuturnya.

Baznas Bontang Beri Bantuan Karpet dan Sajadah untuk Masjid Pesisir

Bantuan karpet diberikan untuk masjid yang ada di Selangan, Tihi-Tihi, Nyerakat Kiri, Teluk Kadere, Malahing, dan Gusung. Jumlah bantuan yang diberikan masing-masing masjid berbeda. Ada yang mendapat 3 gulung karpet untuk masjid kecil hingga 6 gulung karpet untuk masjid yang besar.

Selain itu, Baznas Bontang juga memberikan bantuan sajadah untuk masjid yang mereka kunjungi selama 3 hari tersebut. Masing-masing mendapat bantuan sajadah sebanyak 12 lembar.

Kuba menuturkan sudah menjadi kegiatan rutin Baznas Bontang setiap tahunnya berkunjung ke pesisir di Kota Taman. Namun karena pandemi Covid-19 tahun lalu, pihaknya sempat menunda agenda kunjungan.

“Tahun ini kami baru turun ke pulau-pulau lagi. Selain memberikan bantuan, kami sekaligus sosialisasi program Baznas kepada masyarakat. Seperti program strategis Baznas, bantuan apa saja yang diberikan ke masyarakat, dan lainnya,” terangnya.

Kuba berharap dengan adanya program kunjungan ke pesisir tersebut dapat menjalin tali silaturahmi lebih erat. Lalu dia juga mengharapkan Insert dapat dirasakan manfaatnya bagi warga. Sehingga dapat meningkatkan taraf hidup dan pendapatan masyarakat. Dia juga berharap agar semakin banyak jiwa sosial dan masyarakat di Bontang agar semakin mandiri.

“Harapan kami warga Bontang bisa menerima program Baznas yang fokus menyejahterakan masyarakat,” tutupnya. (*)

Penulis: Suci Surya Dewi

Editor: Rachman Wahid

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks