Pariwara

Baznas Bontang Gelar Bimtek Aplikasi Zmart Indonesia

Baznas Bontang Gelar Bimtek Aplikasi Zmart Indonesia
Baznas Bontang Adakan Bimbingan Teknis Aplikasi Zmart Indonesia di BPU Kecamatan Bontang Utara. (Rezki Jaya/Akurasi.id)

Baznas Bontang gelar bimtek aplikasi Zmart Indonesia. Zmart merupakan program Baznas pusat yang diterapkan oleh Baznas di setiap daerah.

Akurasi.id, Bontang – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bontang gelar bimbingan teknis (bimtek) aplikasi Zmart Indonesia, di gedung Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Bontang Utara dan diikuti oleh 20 peserta yang diberikan bantuan, Kamis (8/4/2021).

Ketua Baznas Bontang Haji Kuba Siga menjelaskan, Zmart merupakan program yang diluncurkan oleh Baznas pusat yang diterapkan oleh Baznas di setiap daerah. Untuk di Kalimantan lanjut Kuba, baru Bontang yang melanjutkan program yang sudah sukses di kota besar yakni Bogor dan Bandung ini.

“Program ini adalah perbantuan dari toko tradisional menjadi toko yang lebih profesional dan kekinian, tetapi ukurannya sangat kecil yakni 3 kali 4 meter, yang metodenya sama dengan minimarket lain yang ada di Indonesia. Tentu Harapannya nanti bisa bersaing harga dengan market besar yang ada di Bontang,” jelas Haji Kuba.

Program yang diterapkan oleh Zmart Ini merupakan kerja tim, ada keterikatan antara distributor center, Baznas dengan para Zmart yang telah pihaknya buat. Sehingga  dengan ini semua berjalan.

Baznas Bontang Gelar Bimtek Aplikasi Zmart Indonesia
Ketua Baznas Bontang, Haji Kuba Siga. (Rezki Jaya/Akurasi.id)

“Kami berharap untuk masyarakat Kota Bontang dapat berjaya di kota sendiri. Ini juga menjadi cita-cita Baznas,” harapnya.

Dia juga menjelaskan, program ini bermula dari November 2020 lalu, sementara untuk perencanaannya pada 2 bulan sebelumnya. untuk fasilitas sendiri lanjutnya, pihaknya menyediakan perencanaan, kemudian dari segi keuangan dari zakat yang berikan dalam bentuk barang, kemudian membedah warung menjadi lebih baik dan modern, dan dibuatkan branding.

“Kami menginginkan 1 sistem dan aplikasi, sehingga semua dapat terkontrol dengan baik, dan juga kami bisa bina secara berlanjut, berikan pendampingan secara maksimal dan dipastikan kepada mereka yang Baznas berikan bantuan bisa sukses yang sebelumnya sebagai mustahik atau yang menerima zakat menjadi muzakki atau orang yang wajib membayar zakat,” ucapnya

Begitu juga dengan bimbingan kerohanian lanjut Kuba, keagamaan yang senantiasa didampingi. Semua amanah ini dari Allah SWT melalui Baznas.

“Cita-cita kami ingin mengangkat saudara-saudara muslim yang tadinya mustahik menjadi muzakki. Artinya dari segi ekonomi dan spiritual sangat menguntungkan untuk dijalani, dan membuat kita menjadi lebih taat kepada Allah SWT,” kata Kuba.

“Kami harapkan kepada mereka nanti akan taat berzakat ketika sudah sampai pada batas perzakatan, dan ketika belum sampai supaya mereka taat kepada Allah SWT untuk taat berinfak dan bersedekah,” pungkasnya. (*)

Penulis: Rezki Jaya
Editor: Rachman Wahid

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks