Pariwara

Baznas Bontang Luncurkan Aplikasi Zakat Online, Diikuti Basri-Najirah, Mudahkan Masyarakat Berzakat

Baznas Bontang Luncurkan Aplikasi Zakat Online, Diikuti Basri-Najirah, Mudahkan Masyarakat Berzakat
Tampak Ketua Baznas Bontang H Kuba Siga saat diwawancarai media ini. (Rezki Jaya/Akurasi.id)

Baznas Bontang Luncurkan Aplikasi Zakat Online, Diikuti Basri-Najirah, Mudahkan Masyarakat Berzakat. Pada kesempatan itu, Baznas Bontang juga menyerahkan secara simbolis santunan atau paket Ramadan kepada 1.549 mustahik.

Akurasi.id, Bontang – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang mengadakan salah satu rukun Islam yakni Bontang Berzakat pada Senin (3/5/2021). Kegiatan ini disertakan dengan Launching Aplikasi Layanan Online Baznas Kota Bontang.

Kegiatan itu juga dirangkaikan dengan penyerahan trofi Bontang Berzakat Award Tahun 2021 kepada OPD pengumpul zakat terbaik, serta penyerahan secara simbolis santunan atau paket Ramadan kepada 1.549 mustahik se-Kota Bontang.

untuk trofi Bontang Berzakat Awarf 2021 sebagai OPD pengumpul zakat terbaik diberikan kepada RSUD Taman Husada Kota Bontang dengan pengumpulan Zakat sebanyak Rp90.000.000 per bulan.

Kegiatan tersebut dihadiri Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bontang Basri Rase-Najirah, serta sekertaris daerah, ketua DPRD Bontang, kepala Kejaksaan Negeri Bontang serta berbagai kepala OPD yang ada di lingkungan Pemkot Bontang.

Ketua Baznas Bontang, H Kuba Siga menuturkan, kegiatan ini merupakan kiat Baznas bersama Pemkot Bontang dalam melaksanakan salah satu kewajiban umat Islam yakni membayar zakat. Mengingat Idulfitri tinggal menghitung hari.

“Alhamdulilah hari ini kami adakan beberapa kegiatan. Yakni Bontang Berzakat. Dalam hal ini Pemerintah Kota Bontang sebagai satu perwakilan, beserta dengan Kementerian Agama dan masyarakat,” katanya.

Baznas Bontang Luncurkan Aplikasi Zakat Online, Diikuti Basri-Najirah, Mudahkan Masyarakat Berzakat
Wali Kota Bontang Basri Rase saat ikut menyalurkan zakatnya lewat Baznas Bontang, Senin (3/45/2021). (Rezki Jaya/Akurasi.id)

Selain dari itu, lanjut dia, juga ada pemberian santunan kepada 1.549 mustahik. Yang tidak kalah penting, Baznas Bontang juga hadir dengan inovasi dalam berzakat, yakni menyediakan pembayaran zakat secara online.

“Media online sangat efektif untuk pelaksanaan perzakatan di Indonesia, khususnya Bontang. Pada kesempatan ini, kami launching aplikasi zakat online yang bisa diunduh di Play Store. Aplikasi ini bisa dibilang simpel dan praktis,” cakapnya.

Aplikasi ini sendiri diakui Kuba dalam tahap penyempurnaan terus. Sehingga bisa memberikan kemudahan dan kepuasaan bagi masyarakat. Kendati demikian, aplikasi zakat online ini sendiri sudah dapat diginakan.

“Semoga kedepannya semua pelaporan zakat sudah bisa melalui digitalisasi. Yang sistem manual, perlahan kami coba kurangi. Cuman tidak kami hilangkan. Karena masyarakat juga ada yang langsung berzakat ke Baznas dan semua harus di-cover,” katanya.

Lewat aplikasi daring, masyarakat juga bisa melihat secara jelas apa saja yang menjadi program Baznas Bontang. Begitu juga dengan semua laporan pertanggungjawaban atas zakat yang disalurkan masyarakat.

“Harapannya, semoga lembaga zakat dapat mengurus sesuai syariat dan regulasi kenegaraan. Masyarakat juga ikut mendukung,” pungkasnya. (*)

Penulis: Rezki Jaya
Editor: Dirhanuddin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks