Pariwara

Baznas Bontang Salurkan Bantuan Korban Banjir di Kutim

Baznas Bontang Salurkan Bantuan Korban Banjir di Kutim
Baznas Bontang serahkan bantuan secara simbolis untuk korban banjir di Kutim. (Dok Baznas Bontang)

Baznas Bontang salurkan bantuan korban banjir di Kutim. Sasaran penyaluran bantuan yakni di 3 kecamatan di Kutim antara lain Batu Ampar, Muara Bengkal, dan Muara Ancalong.

Akurasi.id, Bontang – Badan Amil Zakat (Baznas) Bontang salurkan bantuan korban banjir di 3 kecamatan di Kutai Timur (Kutim) yakni Batu Ampar, Muara Bengkal, dan Muara Ancalong. Penyaluran bantuan tersebut mulai Sabtu hingga Senin (29-31/5/2021) lalu.

Wakil Ketua II Baznas Bontang Muhammad Idris mengatakan sebanyak 4 orang dengan 2 relawan menyalurkan bantuan berupa sembako, peralatan mandi, serta pakaian layak ke 3 Kecamatan tersebut.

“Untuk bantuan sembako dan peralatan mandi yang kami bawa dari Baznas nilainya jika ditotal Rp18 juta, sementara untuk pakaian layak itu sumbangan dari masyarakat Bontang,” beber pria yang juga sebagai Penanggungjawab Baznas Tanggap Bencana (BTB) Bontang.

Dia pun menjelaskan, misi BTB Bontang dari pusat yakni mendata kebencanaan di 3 kecamatan tersebut. Sekaligus membuka dapur umum dengan total Rp21 juta beserta dana operasional.

Untuk rincian bantuan yang disalurkan Baznas Bontang yakni di Kecamatan Batu Ampar sebanyak 225 KK dengan 743 jiwa. Kemudian di Kecamatan Muara Bengkal sebanyak 297 KK dengan 1041 jiwa. Serta Kecamatan Muara Ancalong, sebanyak 303 KK.

“Sebenarnya ada 7 Kecamatan di Kutim, sementara yang bisa kami jangkau hanya 3 titik, karena medannya yang berat,” ungkapnya.

Baca Juga  Raih Prestasi MTQ ke-42 Tingkat Kaltim, Dua Siswa Harumkan Nama SMP Vidatra
Baznas Bontang Salurkan Bantuan Korban Banjir di Kutim
Proses penyaluran bantuan Baznas Bontang. (Dok Baznas Bontang)

Dia pun mewakili Baznas Kota Bontang mengucapkan turut berempati atas musibah banjir di Kutim.

“Kami berusaha memberikan kontribusi yakni memberikan bantuan. Semoga zakat yang terkumpul dan kami wujudkan dalam bentuk bantuan seperti ini dapat bermanfaat dan meringankan beban saudara-saudara kita disana,” harapnya.

Diketahui, menurut data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutim, rumah yang terendam yakni Kecamatan Batu Ampar Desa Telaga sebanyak 43 KK, Kecamatan Muara Ancalong yakni Desa Teluk Baru sebanyak 154 KK, Desa Gemar Baru sebanyak 159 KK.

Sementara di Kecamatan Wahau yakni Desa Jak Luay sebanyak 80 KK, Desa Dabeg sebanyak 77 KK, Desa Persiapan Jabdan sebanyak 155 KK.

Dan untuk Kecamatan Long Mesangat yakni Desa Sumber Sari sebanyak 33 KK, Desa Multi Utama sebanyak 4 KK dan Desa Melan sebanyak 119 KK. (*)

Penulis: Rezki Jaya
Editor: Suci Surya Dewi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks