Pariwara

Baznas Bontang Terbaik Se-Kaltim di Lomba Program Pemberdayaan Ekonomi Lembaga Ziswaf

Baznas Bontang Terbaik Se-Kaltim di Lomba Program Pemberdayaan Ekonomi Lembaga Ziswaf
Baznas Bontang menjadi juara di Lomba Pemberdayaan Ekonomi Lembaga Ziswaf (istimewa)

Baznas Bontang terbaik Se-Kaltim di lomba program pemberdayaan ekonomi lembaga ziswaf. Pandemi tidak menjadi batasan, Baznas tetap memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat secara umum.

Akurasi.id, Bontang – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bontang mendapatkan predikat juara pertama dalam Lomba Program Pemberdayaan Ekonomi Lembaga Ziswaf, di Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) yang diadakan Bank Indonesia (BI) melalui Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur beberapa waktu lalu.

Ketua Baznas Bontang Haji Kuba Siga merasa bersyukur dengan prestasi yang diraih oleh Baznas Bontang di tahun 2021 ini.

Dikatakannya, walau dalam masa pandemi Covid-19 di Bontang, pihaknya tetap aktif beraktivitas meski ada batasan-batasannya. Pandemi tidak menjadi batasan, Baznas tetap memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat secara umum.

“Alhamdulillah untuk tingkat provinsi, Baznas Bontang mendapatkan juara pertama kategori pemberdayaan ekonomi umat melalui 2 program yang saling berhubungan. Yakni Zmart yang dipadukan dengan program Infak Seribu Rupiah per Pekan Bagi Setiap Rumah Tangga (Insert),” ucap Kuba saat ditemui media ini, Selasa (13/7/2021).

Untuk penjabaran dari Zmart, merupakan program yang diluncurkan oleh Baznas pusat yang diterapkan oleh Baznas di setiap daerah. Sementara untuk Program Insert gencar disosialisasikan tingkat RT hingga kelurahan. “Begitu juga dengan program-program lain untuk pemberdayaan masyarakat. karena sangat berefek terhadap kehidupan sosial masyarakat yang ada khususnya di Kota Bontang,” ungkapnya.

Dia berharap, ke depan program-program tersebut bisa dilakukan oleh seluruh masyarakat Bontang, terlebih untuk program Insert yang sudah berjalan kurang lebih 2 tahun dan dinilai berhasil. “Masyarakat dapat tertolong dengan dana infak untuk membantu mereka dalam pemberdayaan ekonomi umat, utamanya usaha-usaha kecil ditingkat RT,” jelasnya.

Baca Juga  Yayasan Yabis Gelar Kurban, Potong 5 Sapi dan 4 Kambing

Dengan Zmart, lanjutnya, warga sekitar dapat berbelanja di tempat yang nyaman. Harapannya, ditahun 2022 setiap RT sudah memiliki Zmart tersebut. Dia pun membeberkan, dengan adanya pemberdayaan ekonomi umat seperti yang pihaknya lakukan dalam bentuk teritorial, dapat berlaku di tingkat RT baik yang Pengumpulan, Pendistribusian dan Pemberdayaan.

“Kalau ini sudah berlaku di seluruh RT, masyarakat kita akan terberdaya, terayomi dan meningkat kehidupannya. Itulah tujuan kami di Baznas Bontang,” tuturnya.

Selain itu, ada pula program ustaz pendamping untuk setiap RT, agar data yang diperlukan seperti pemberi ataupun penerima zakat bisa tersaji dengan baik. Kemudian dengan ustaz tiap RT, dari unsur keagamaan membuat warga sekitar dapat dibina dari segi ekonomi dan keimanan serta ketakwaan.

“Alhamdulillah, karena Baznas Bontang mendapatkan peringkat pertama di provinsi Kaltim, Insyaallah dalam waktu dekat ini kami akan persiapan untuk lomba tingkat nasional. Baznas Bontang mewakili Kaltim untuk pemberdayaan ekonomi umat yaitu untuk tingkat pusat. Semoga Baznas Bontang bisa semakin baik ke depan,” pungkasnya. (*)

Penulis: Rezki Jaya
Editor: Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks