PariwaraRagam

Brainstorming Calon Saudagar Zmart, Baznas Bontang Beri Pelatihan untuk 30 Pemilik Toko

Brainstorming Calon Saudagar Zmart, Baznas Bontang Beri Pelatihan untuk 30 Pemilik Tok
Pelatihan Brainstorming Calon Saudagar Zmart di BPU Kecamatan Bontang Utara. (Rezki Jaya/Akurasi.id)

Brainstorming calon Saudagar Zmart, Baznas Bontang beri pelatihan untuk 30 pemilik toko. Tujuan memberikan pelatihan dasar tersebut untuk menunjang Zmart agar lebih profesional.

Akurasi.id, Bontang – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bontang menggelar pelatihan Brainstorming Calon Saudagar Zmart di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Bontang Utara, Kamis (21/10/2021).

Ketua Baznas Bontang Haji Kuba Siga menyebutkan pelatihan tersebut diikuti 30 orang calon penerima manfaat program Zmart yang sudah terdaftar dari pekan lalu. Selain pelatihan, pihaknya juga menyiapkan penandatanganan komitmen. Yakni berisi tentang pelaksanaan Zmart antara pemilik toko dengan Baznas Bontang.

“Alhamdulillah sudah berjalan lancar sesuai dengan rencana. Mereka sudah siap dengan ketentuan dan komitmen yang diputuskan bersama untuk menjalankan usaha tersebut sesuai dengan aturan bersama untuk menuju kesuksesan,” ucap Kuba.

Kata dia, Baznas ingin semua mustahik atau yang terbantu melalui zakat berhasil dalam mengelola usahanya. Selain itu, pengelola Zmart tersebut bisa mengikuti aturan yang diberikan oleh pihaknya agar lebih komitmen dalam pelaksanaan, laporan, keuangan dan senantiasa menjalankan semua yang disepakati bersama.

Dia menjelaskan, Baznas Bontang akan memberikan pelatihan dasar untuk menunjang Zmart agar bisa profesional. Mulai dari penggunaan aplikasi, penataan barang hingga pencahayaan. Tentu tujuannya agar menarik semua pihak, mulai dari masyarakat umum hingga pemerintahan.

“Kami akan mendatangkan orang-orang yang profesional untuk melatih para saudagar Zmart ini. Agar program ini hasilnya bisa maksimal,” harapnya.

Brainstorming Calon Saudagar Zmart, Baznas Bontang Beri Pelatihan untuk 30 Pemilik Tok
Ketua Baznas Bontang, Haji Kuba Siga. (Rezki Jaya/Akurasi.id)

Sebelumnya, Zmart ini sudah berjalan di Kota Taman -sebutan Bontang- sebanyak 20 unit toko sembako. Kuba menuturkan yang menjadi distributor adalah pihak ketiga. Kuba ingin untuk 30 calon saudagar Zmart kali ini diawasi langsung oleh Baznas Bontang.

“Pengawasan langsung kami lakukan untuk memastikan bisa lebih maju dari sebelumnya. Kemungkinan ke depan, tentu dengan pendampingan lebih ketat agar hasilnya bisa lebih maksimal,” ucapnya

Tetapi pihaknya tetap memberikan peluang untuk Zmart yang sebelumnya jika ingin memperbaiki kekurangan dalam tata kelola tokonya.

“Intinya kita ingin dengan adanya program ini, seluruh bagian yang tergabung dalam Zmart bisa sukses bersama,” pungkasnya. (*)

Penulis: Rezki Jaya
Editor: Suci Surya Dewi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks