PariwaraRagam

Peduli 447 Korban Kebakaran Pasar Citra Mas Loktuan, Baznas Bontang Salurkan Bantuan Rp335 Juta

Peduli 447 Korban Kebakaran Pasar Citra Mas Loktuan, Baznas Bontang Salurkan Bantuan Rp335 Juta
Baznas menyerahkan bantuan kepada para pedagang Pasar Citra Mas Loktuan secara simbolis. (Suci Surya Dewi/Akurasi.id)

Peduli 447 Korban Kebakaran Pasar Citra Mas Loktuan, Baznas Bontang Salurkan Bantuan Rp335 Juta. Bantuan tersebut berasal dari zakat yang dikumpulkan Baznas Bontang, Baznas Provinsi Kaltim, dan Baznas Kabupaten Berau.

Akurasi.id, Bontang – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bontang menyerahkan bantuan modal usaha kepada 447 mustahik pedagang UKM korban kebakaran Pasar Citra Mas Loktuan, di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kelurahan Loktuan, Senin (8/3/2021).

Bantuan yang diserahkan totalnya senilai Rp335.250.000. Rinciannya, dari Baznas Bontang senilai Rp205.250.000. Penyerahan bantuan untuk mustahik ini juga bersumber dana zakat yang dikumpulkan Baznas Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Baznas Kabupaten Berau. Baznas Provinsi Kaltim menyerahkan bantuan senilai Rp100 juta dan Baznas Berau sebanyak Rp30 juta.

Ketua Baznas Bontang Haji Kuba Siga mengatakan, bantuan modal usaha diberikan kepada para pedagang korban kebakaran Pasar Citra Mas Loktuan yang terjadi pada 10 Februari 2021 lalu. Masing-masing mendapat bantuan senilai Rp750 ribu. Bantuan tersebut diberikan secara bertahap.

“Hari ini secara simbolis kami serahkan bantuan untuk 20 pedagang. Mungkin selanjutnya 40 orang lagi. Karena saat ini kondisi masih pembatasan sosial Covid-19, jadi kami serahkan secara bertahap,” ucapnya kepada Akurasi.id.

Bantuan tersebut bersumber dari zakat masyarakat yang dikumpulkan Baznas Bontang. Termasuk zakat dari aparatur sipil negara (ASN) se-Bontang yang berhasil dikumpulkan sejak keluarnya Peraturan Wali Kota (Perwali) Bontang nomor 19 tahun 2019. Yakni tentang Pedoman Pengelolaan Zakat, Infak, dan Sedekah bagi ASN di Lingkungan Pemerintah Daerah.

Baca Juga  Harus Kuat Tahan Lapar, Berikut Daftar Kota Dengan Waktu Puasa Terpanjang

Kuba menegaskan, bantuan tersebut sebenarnya diberikan kepada mustahik yang berhak menerimanya. Namun menghindari adanya gejolak kecemburuan sosial di kalangan para pedagang pasar, maka pihaknya memberikan pilihan. Bagi pedagang yang merasa tergolong mampu, maka berhak menolak bantuan zakat itu.

“Sebab apa yang kita terima itu semua ada pertanggungjawabannya di akhirat,” tegasnya.

Mereka yang Berhak Menerima Bantuan Zakat

Peduli 447 Korban Kebakaran Pasar Citra Mas Loktuan, Baznas Bontang Salurkan Bantuan Rp335 Juta
Ketua Baznas Bontang Haji Kuba Siga menyerahkan bantuan kepada salah satu pedagang korban kebakaran Pasa Citra Mas Loktuan. (Suci Surya Dewi/Akurasi.id)

Penerima zakat sesungguhnya, kata Kuba, diberikan kepada kaum miskin. Miskin pun terbagi menjadi 2, yakni seseorang yang sejak awal tidak mampu dan orang yang termasuk miskin baru. Disebut miskin baru jika seseorang menghabiskan seluruh hartanya untuk modal usaha, namun ternyata terkena musibah seperti kebakaran.

Oleh sebab itu, untuk menghindari gejolak sosial, dari 447 korban kebakaran Pasar Citra Mas Loktuan diakui Kuba pihaknya tidak dapat menganalisis satu per satu dalam waktu singkat, yakni dua hari.

Baca Juga  Baru Sahur Sudah Mau Berbuka, Berikut Daftar Kota Dengan Durasi Puasa Tersingkat

“Saya berharap kepada mustahik, penerima zakat, silahkan mengambil. Tetapi korban musibah yang masih mempunyai harta lain alias mandiri, maka jangan mengambil zakat ini karena berbahaya ditakutkan jadi tidak berkah,” bebernya.

Dalam kegiatan ini juga dihadiri perwakilan dari Baznas Kaltim, yakni Plt Ketua Fariddhotul Islam dan Wakil Ketua III HA Sobyan Herman. Serta dihadiri pula perwakilan Kemenag Bontang, perwakilan lurah Loktuan dan camat Bontang Utara, babinsa, bhabinkamtibmas, asosiasi pasar, dan para pedagang.

Baca Juga  Baru Sahur Sudah Mau Berbuka, Berikut Daftar Kota Dengan Durasi Puasa Tersingkat

Dalam sambutannya, Plt Ketua Baznas kaltim Fariddhotul Islam menyatakan pemberian dana zakat berupa bantuan modal usaha per orang Rp750 ribu meski sedikit diharapkan bermanfaat bagi umat.

“Kami berharap ingin memberi banyak, tetapi perlu dipahami masih banyak yang belum memahami zakat. Harapannya semakin banyak yang berzakat, maka semakin besar bantuan yang diberikan agar seluruh masyarakat kita mampu,” pungkasnya. (*)

Penulis: Suci Surya Dewi
Editor: Dirhanuddin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks