Pariwara

PKT Proaktif Salurkan Bantuan Ramadan Senilai Rp2,86 Miliar bagi Masyarakat Bontang

PKT Proaktif Salurkan Bantuan Ramadan Senilai Rp2,86 Miliar bagi Masyarakat Bontang
Serah terima bantuan Ramadan oleh Direktur Utama PKT Rahmad Pribadi (lima dari kiri) kepada Wakil Wali Kota Bontang Najirah. (Humas PKT)

PKT Proaktif salurkan bantuan Ramadan senilai Rp2,86 Miliar bagi masyarakat Bontang. PKT Proaktif wujud peran Perusahaan untuk aktif berkontribusi sebagai agen pembangunan.

Akurasi.id, Bontang – PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) menyalurkan bantuan Ramadan bagi masyarakat dan mitra kerja perusahaan, melalui program PKT Proaktif 2021. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Direktur Utama PKT Rahmad Pribadi, dalam rangkaian Buka Puasa Bersama Forkopimda Bontang di Hotel Grand Equator, Sabtu (2/5/2021).

Beragam bantuan disalurkan dengan total bantuan senilai Rp2,86 Miliar. Di antaranya, pemberian 3.625 paket sembako ke 15 kelurahan di Bontang senilai Rp753 Juta. Sembako berisi 5kg beras, gula, minyak goreng, tepung terigu, amplang dan teh herbal. Program ini melibatkan mitra binaan PKT mulai dari pembuatan tas, pengadaan sembako, pengemasan, hingga pendistribusian sembako ke masyarakat.

Selanjutnya bantuan 2.186 paket Ramadan kepada mitra kerja Perusahaan senilai Rp364 Juta. Program ini melibatkan Karang Taruna Citra Guntung dan Karang Taruna Bina Mandiri Loktuan. Bantuan operasional untuk 21 masjid dan musala senilai Rp190 juta, di kelurahan Guntung, Loktuan, Bontang Kuala dan Tanjung Limau. Bantuan paket Ramadan oleh UPZ PKT, untuk 2.065 mustahik di Bontang senilai Rp449,9 Juta. Dan terakhir, bantuan seragam untuk 265 anak di 5 panti asuhan di Bontang senilai Rp53 Juta.

Ada pula bantuan wifi gratis untuk Kelurahan Guntung dan Loktuan senilai Rp668,3 Juta. Bantuan wifi stations gratis selama 6 bulan (Januari – Juni 2021), dengan 27 titik layanan di Kelurahan Guntung dan 156 titik layanan di Kelurahan Loktuan.

Bantuan Perpustakaan Digital Edukasi Balai Pustaka (EduBP) senilai Rp165,5 Juta, yakni Perpustakaan Mercusuar di Loktuan dan Perpustakaan Cerdas Etam di Kelurahan Guntung.

Bantuan dana untuk 8 panti asuhan di Bontang senilai Rp80 Juta.

Bantuan Aplikasi Mitra Online Store (Mitros) senilai Rp75 Juta. Aplikasi ini bekerja sama dengan PKTv sebagai admin dan kurir, serta melibatkan seluruh mitra binaan PKT di sektor makanan dan minuman.

Selanjutnya bantuan dana pendidikan untuk 27 santri di Rumah Al-Quran Baiturrahman, senilai Rp50 Juta.

Diungkapkan Rahmad Pribadi, program PKT Proaktif merupakan wujud peran serta Perusahaan untuk aktif berkontribusi sebagai agen pembangunan, di samping tanggung jawab sosial bagi masyarakat dan stakeholder. Upaya tersebut direalisasikan dengan mengambil berbagai langkah konkret dalam aktivitas bisnis Perusahaan, yang tak hanya memberi perhatian melalui implementasi CSR saja, namun turut juga mendorong pengembangan UMKM, industri perintis, hingga pembangunan dan perbaikan lingkungan di Bontang.

“PKT Proaktif diluncurkan mulai 2021, sebagai wujud kontribusi dan peran PKT dalam meningkatkan pembangunan masyarakat Bontang,” ujar Rahmad.

Program PKT Proaktif juga merupakan wujud kepatuhan Perusahaan terhadap undang-undang dan aturan berlaku, yang mewajibkan BUMN dan seluruh anak usaha mengambil peran mendorong pembangunan, sekaligus memberi manfaat maksimal dari setiap program yang dilaksanakan.

“Semoga program PKT Proaktif memberi manfaat dan berkah bagi masyarakat maupun daerah. PKT berkomitmen untuk memberi kontribusi optimal sekaligus membantu Pemerintah dalam meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” tambah Rahmad.

Wakil Wali Kota Bontang Najirah, mengapresiasi kontribusi PKT bagi masyarakat selama ini melalui ragam bantuan yang disalurkan pada berbagai program. Dirinya menilai peran PKT sebagai katalisator pembangunan di Bontang, memberikan manfaat besar yang sangat dirasakan masyarakat dalam mendorong peningkatan kesejahteraan dan pembangunan, seperti bantuan infrastruktur, pendidikan, sosial, ekonomi, Kesehatan, hingga perbaikan lingkungan hidup.

“Kami menilai berbagai program yang dilaksanakan PKT bagi masyarakat sangat berperan dalam peningkatan kesejahteraan dan pembangunan di Kota Bontang. Atas nama Pemkot Bontang, kami ucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi kontribusi PKT selama ini,” ungkap Najirah.

Najirah berharap sinergi antara PKT dengan Pemkot Bontang dapat terus ditingkatkan, sehingga manfaat keberadaan Perusahaan dalam mendorong berbagai sektor kehidupan kian dirasakan masyarakat Bontang.

“Semoga PKT dapat terus memberi manfaat bagi masyarakat, sekaligus membantu Pemerintah mendorong pembangunan Bontang yang lebih maju ke depannya,” pungkas Najirah. (*)

Penulis: Navra
Editor: Rachman Wahid

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks