Pariwara

PT Pupuk Kaltim Resmikan Jalan NPK Pelangi dan Ir Suratman, Dekatkan Akses Warga Sidrap, Guntung Hingga Loktuan

PT Pupuk Kaltim Resmikan Jalan NPK Pelangi dan Ir Suratman, Dekatkan Akses Warga Sidrap, Guntung Hingga Loktuan
Peresmian Jalan NPK Pelangi dan Ir Suratman oleh Direktur Utama PT Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi, Wawali Bontang Najirah, sersama Ketua dan Wakil Ketua DPRD Bontang. (Rezki Jaya/Akurasi.id)

PT Pupuk Kaltim Resmikan Jalan NPK Pelangi dan Ir Suratman, Dekatkan Akses Warga Sidrap, Guntung Hingga Loktuan. Upaya Pupuk Kaltim resmikan jalan itu, diharapkan semakin menambah infrastruktur publik yang ada di Kota Bontang.

Akurasi.id, Bontang – Komitmen PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) membangun Kota Bontang dapat kembali kita lihat dengan hadirnya Jalan NPK Pelangi dan Jalan Ir Suratman. Kedua akses jalan ini akan semakin memudahkan aktivitas warga di wilayah Kampung Sidrap, Guntung hingga Loktuan, Kecamatan Bontang Utara.

Peresmian kedua jalan tersebut dilakukan jajaran Pupuk Kaltim, Wakil Wali Kota Bontang Najirah, Ketua DPRD Bontang Andi Faizal, serta disaksikan jajaran Forkompimda dan DPRD Bontang, padi pagi tadi, Sabtu, 18 September 2021.

Selepas meresmikan jalan, Direktur Utama Pupuk Kaltim, Rahmad Pribadi menyampaikan, pembangunan kedua jalan itu untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat, terutama untuk menghubungkan masyarakat dari daerah Guntung menuju Loktuan. Hal itu seiring dengan Jalan Pos 7 yang biasa dilalui masyarakat akan dialihkan untuk lalulintas produksi.

“Untuk penamaan Jalan NPK Pelangi, kami sengaja berikan berdasarkan salah satu produk unggulan PT Pupuk Kaltim, yaitu NPK Pelangi. Tadi, kami sempat jalan santai sembari meninjau kualitas jalan. Alhamdulillah jalannya bagus,” ucapnya Rahmad kepada awak media yang hadir pada kesempatan itu, Sabtu (18/9/2021).

Dia berharap, jalan yang dibangun di atas tanah PT Kaltim Industrial Estate (KIE) tersebut, bisa bermanfaat untuk kepentingan publik dan dapat menarik investor dari luar. Utamanya untuk meningkatkan industri dan ekonomi di Kota Bontang.

Sementara untuk pemberian nama Jalan Ir Suratman, dijelaskan Rahman, memang dibangun khusus untuk kepentingan industri. Dia menjelaskan, penamaannya terinspirasi dari Direktur Utama Pupuk Kaltim ke 3, periode 1990 hingga 1995, Ir Suratman. “Ini untuk menghormati salah satu sosok pemimpin, pionir kita yakni Bapak Suratman. Ini bentuk penghormatan kami kepada leluhur,” tuturnya.

Anak pertama dari almarhum Ir Suratman, Eko Wahyu Laksmono menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada jajaran dewan direksi PT Pupuk Kaltim karena sudah memberikan penghargaan atas mendiang orangtuanya, dengan menjadikannya nama jalan di kawasan tersebut.

“Ucapan terimakasih bercampur rasa haru dan bangga, serta apresiasi setinggi-tingginya kepada dewan direksi yang telah memberikan perhatian kepada ayahanda kami. Kami berharap jalan ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar. Khusunya PT Pupuk Kaltim dapat terus sukses dan memberikan kontribusi kepada pembangunan nasional serta kesejahteraan warga sekitar perusahaan,” harapnya.

Dalam hal spesifikasi jalan, Direktur Utama PT KIE, Minarni F Dwiningsih menjabarkan, pembangunan Jalan NPK Pelangi telah mulai dilaksanakan sejak 2012 dan rampung pada 2019 lalu. Jalan tersebut memiliki lebar sekitar 14 meter, yang dibagi dalam 2 jalur. Dengan panjang mencapai 1.032 meter.

Sementara untuk Jalan Ir Suratman, juga telah mulai dibangun sejak 2012 lalu. Jalan ini memiliki lebar yang sama, yakni 14 meter dan terbagi menjadi 2 jalur. Jalan Suratman memiliki panjang mencapai 1.900 meter. “Kedua jalan tersebut sama-sama mampu menahan beban hingga 10 ton,” sebutnya.

Wakil Wali Kota Bontang, Najirah mengatakan, dengan hadirnya kedua jalan tersebut menjadi satu kesyukuran tersendiri. Karena dengan adanya dua jalan itu, maka semakin menambah fasilitas umum bagi masyarakat. Jalan ini juga menjadi akses alternatif bagi masyarakat Kampung Sidrap, Guntung dan Loktuan.

“Semoga dengan adanya jalan ini akan mengundang invenstor untuk hadir di Bontang, yang tentunya menghadirkan multy player efeck dalam rangka meningkat perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Kota Taman,” ucapnya.

Pemerintah Bontang memberikan apresiasi kepada Pupuk Kaltim dan PT KIE yang sudah memberikan kontribusi bagi pembangunan Kota Taman hingga sejauh ini. Sebagai informasi, peresmian jalan tersebut diawali dengan jalan santai. Semua tamu undangan yang hadir dalam kesempatan itu, telah melalui proses protokol kesehatan (prokes), yakni rapid test antigen. Itu dibuktikan dengan surat antigen dari RS Pupuk Kaltim. Sehingga semuanya dipastikan aman dari Covid-19. (*)

Penulis: Rezki Jaya
Editor: Redaksi Akurasi.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks