Pariwara

BKN Sediakan Fasilitas Simulasi Tes Berbasis CAT dapat Diakses Secara Online

BKN Sediakan Fasilitas Simulasi Tes Berbasis CAT dapat Diakses Secara Online
BKN sediakan fasilitas simulasi tes berbasis CAT dapat diakses secara online (Dok BKPSDM)

BKN sediakan fasilitas simulasi tes berbasis CAT dapat diakses secara online. Simulasi CAT BKN ini dapat diakses secara online oleh seluruh masyarakat di Indonesia melalui laman cat.bkn.go.id/simulasi.

Akurasi.id, Bontang – Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyediakan fasilitas simulasi tes berbasis CAT (Computer Assisted Test). Sebagaimana diberitakan sebelumnya, CAT akan digunakan sebagai metode tes dalam seleksi CASN. Selanjutnya simulasi CAT BKN ini dapat diakses secara online oleh seluruh masyarakat di Indonesia melalui laman cat.bkn.go.id/simulasi.

Hal tersebut dijelaskan oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bontang Sudi Priyanto. Dia menjabarkan, untuk cara mendaftar, pertama-tama membuka akses laman cat.bkn.go.id/simulasi, kemudian Pilih “Daftar Gratis” dibagian kanan bawah.

“Terdapat beberapa data yang harus diisikan saat melakukan pendaftaran akun, data tersebut meliputi Nama lengkap, e-mail, password, konfirmasi password, tempat dan tanggal lahir, Jenis kelamin serta verifikasi capcha. Setelah itu klik ‘simpan’, dan akan muncul konfirmasi yang menanyakan kebenaran alamat e-mail yang diisikan,” jabar Sudi melalui rilisnya, Jumat (27/8/2021).

Lanjut Sudi, Jika pengisian biodata sudah benar, klik “EMAIL SAYA SUDAH BENAR”, setelah itu proses pembuatan akun akan berlangsung, kemudian setelah berhasil dapat login dengan e-mail dan password untuk mengikuti simulasi.

Sudi menambahkan, tujuan difasilitasinya simulasi CAT ini adalah untuk mengenalkan kepada seluruh masyarakat, khususnya yang akan mengikuti tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan/atau Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada seleksi CASN 2021, untuk bisa mengetahui cara penerapan metode CAT yang nanti akan digunakan.

“Harapannya adalah pada saat nanti melaksanakan seleksi CASN tersebut sudah terlebih dahulu mengetahui cara kerja dan alurnya, sehingga tidak mengalami hambatan atau kesalahan teknis, pungkasnya. (*)

Penulis: Rezki Jaya
Editor: Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks