Politik

KPU Tetapkan Basri-Najirah Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bontang

KPU Tetapkan Basri-Najirah Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bontang
KPU Kota Bontang melaksanakan rapat pleno terbuka terkait penetapan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota terpilih pada Pilkada Bontang tahun 2020. (Doc KPU Bontang)

Sesuai surat dari KPU RI Nomor: 60/PL.02.7-SD/03/KPU/I/2021 Tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih, KPU Tetapkan Basri-Najirah Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bontang

Akurasi.id, Bontang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bontang melaksanakan rapat pleno terbuka terkait penetapan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota terpilih pada Pilkada Bontang tahun 2020.

Penetapan dilakukan di Hotel Equator, Jumat (22/1/2021). KPU tetapkan Basri-Najirah Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bontang sesuai surat dari KPU RI Nomor: 60/PL.02.7-SD/03/KPU/I/2021 Tentang Penetapan Pasangan Calon Terpilih.

Baca Juga  Seram! Ada Pocong Lompat-lompat di Pemakaman Covid Bontang Lestari ?

Karena Basri Rase tengah berada di luar daerah, sehingga penetapan dihadiri oleh Najirah saja.

Ketua KPU Bontang, Erwin menjelaskan, instruksi gelar pleno penetapan paling lambat 5 hari setelah surat dari MK diterima KPU Bontang. Dan hasilnya dari Pleno KPU menetapkan pasangan Basri Najirah unggul di atas pasangan Neni-Joni dengan selisih 4.372 suara.

“Paslon nomor urut 1, Basri Rase-Najirah dinyatakan unggul dengan perolehan suara terbanyak yakni 45.164. Sedangkan pasangan nomor urut 2, Neni Moerniaeni-Joni Muslim memperoleh suara 40.792 suara,” ujar Erwin saat pleno digelar.

Saat disinggung terkait tanggal pelantikan, dia menyatakan kurang tahu tanggal pastinya, mengingat itu bukan wewenang dari KPU lagi, Melainkan masuk dalam wewenang Mendagri.

KPU Tetapkan Basri-Najirah Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bontang
Ketua KPU Bontang, Erwin (Rezki Jaya/Akurasi.id)

“Kalau berbicara pelantikan, itu sudah domain Kemendagri. Kalau berbicara akhir masa jabatan itu tanggal 17 Maret. Info yang saya dengar itu katanya dimajukan bulan depan. Tetapi itu sudah bukan domain kami, kami cuma menjalankan tahapan sampai penetapan calon terpilih, dan alhamdulillah ini sudah masuk di akhir tugas kami,” jelas Erwin

Baca Juga  Perdana Jadi Wali Kota, Andi Harun Sambangi Korban Kebakaran, Langsung Salurkan Bantuan

Dalam kesempatan yang sama, Najirah selaku pasangan dari Basri Rase mengucapkan rasa syukur atas ditetapkannya sebagai pemenang. Dan juga dia bersyukur selama proses Pilkada di Kota Bontang berjalan secara aman dan kondusif.

“Hari ini, pasangan Basri-Najirah ditetapkan sebagai pemenang, saya sangat bersyukur sekali, mengingat Pilkada di Kota Bontang aman dan kondusif. Dan tentunya setelah penetapan ini tinggal menunggu pelantikan,” Ucap Najirah saat ditemui awak media.

Saat ditanyai terkait langkah awal ketika memimpin Kota Bontang, dia menjelaskan akan melaksanakan kewajiban yang sudah Basri-Najirah janjikan ke masyarakat Kota Bontang.

“Tentunya langkah kami ke depan yang sudah menjadi komitmen kami adalah visi misi dan program kami, itu yang harus kami lakukan. Prioritas program yang kami lakukan adalah yang menyentuh pada kesejahteraan masyarakat salah satunya BPJS di bidang kesehatan, bidang pendidikan dan program lainnya,” tutupnya. (*)

Penulis: Rezki Jaya
Editor: Rachman Wahid

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks