Politik

Tidak Ingin Ada Lahan Tidur, Reza Fachlevi Dorong Pemerintah Serius Garap Pertanian Kaltim

Tidak Ingin Ada Lahan Tidur, Reza Fachlevi Dorong Pemerintah Serius Garap Pertanian Kaltim
Anggota Komisi II DPRD Kaltim Akhmed Reza Fachlevi dorong pemerintah serius garap pertanian Kaltim. (Istimewa)

Tidak ingin ada lahan tidur, Reza Fachlevi dorong pemerintah serius garap pertanian Kaltim. Di sisi lain, sebagai provinsi yang telah ditunjuk sebagai lokasi pembangunan IKN, dari sekarang Kaltim harus mempersiapkan diri sebagai bagian dari daerah lumbung pangan.

Akurasi.id, Samarinda Jika dikelola dengan baik, Kaltim bisa jadi salah satu daerah dengan penghasil pertanian yang cukup baik. Kaltim bahkan bisa menjadi bagian dari lumbung pangan nasional, karena disokong lahan pertanian yang membentang luas.

Hal itu diutarakan anggota Komisi II DPRD Kaltim, Akhmed Reza Fachlevi, yang melihat bahwa potensi pertanian yang dimiliki daerah ini belum digarap secara serius oleh pemerintah. Tidak hanya itu, sebagai provinsi yang telah ditunjuk sebagai lokasi pembangunan ibu kota negara (IKN) baru.

Baca Juga  Gabung Ansan FC, Asnawi Mangkualam Siap Dimainkan Usai Jalani Karantina

Menurutnya, semestinya dari sekarang Kaltim menyiapkan kebutuhan pangan, baik itu untuk masyarakat Kaltim sendiri maupun bagi IKN nantinya. Semua sumber daya alam (SDM) yang ada saat ini, harus bisa dimaksimal agar bisa menjadi kawasan pertanian, terutama lahan tidur.

“Kita bersyukur Kaltim memiliki lahan yang luas, sehingga sektor pertanian dapat terus kita kembangkan, agar dapat meningkatkan produktivitas,” ujar pria yang karib disapa Reza itu kepada media ini, Sabtu (30/1/2021).

Dia menyampaikan, saat ini pihaknya tengah mendorong Pemerintah Kaltim untuk mempersiapkan SDM dan infrastruktur dalam meningkatkan sektor pertanian, baik itu lewat program yang telah disiapkan pemerintah maupun lewat anggaran yang tertuang dalam pokok pikiran dewan.

“Saat ini dengan program-program yang ada, kami berusaha meningkatkan SDM, khususnya para petani agar dapat bersaing dengan para petani lainnya (termasuk memenuhi kebutuhan peralatan pertanian yang modern,” ungkapnya.

Baca Juga  Dalami Korupsi Perusda PT MGRM Kukar, Kejati Kaltim Sita 3 Kendaraan, Ada Mobil Mercy dan BMW

Tak hanya pembinan, pihaknya pun terus menyalurkan bantuan-bantuan melalui dana aspirasi, seperti pupuk, mesin giling dan sarana prasarana penunjang. “Perbaikan drainase, sistem irigasi yang baik, dan jalan pertanian, terus kami upayakan melalu aspirasi, agar kesejahteraan para petani,” ujarnya.

Kader muda Partai Gerindra itu menerangkan, selain pertanian, sektor lainnya yang menjadi perhatian pihaknya yaitu perkebunan dan pertenakan. “Bukan hanya pertanian, tapi perkebunan dan pertenakan kami dorong untuk digarap maksimal, apalagi nanti kan Kaltim akan jadi ibu kota negara,” terangnya.

Kepada masyarakat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) selaku daerah pemilihan yang dia wakili, Reza berharap, agar sama-sama berjuang dengan dirinya dan pemerintah dalam pengembangan semua sektor yang ada.

“Stigma masyarakat saat ini kan, Kaltim itu hanya pertambangan saja, pada hal di luar dari itu masih banyak sebenarnya sektor lain, mulai dari pertanian, perkebunan, dan peternakan memiliki potensi yang besar,” pungkasnya. (*)

Penulis: Muhammad Budi Kurniawan
Editor: Dirhanuddin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks