DPRD Bontang

Raking Tidak Mau Ada Dikotomi Antara Sekolah Negeri dan Swasta

dprd bontang

pendidikan
Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Bontang Raking. (Suci Surya Dewi/Akurasi.id)

Akurasi.id, Bontang – Pendidikan yang baik menjadi salah satu kunci mencetak generasi bangsa yang berkualitas. Hal senada juga diinginkan Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Bontang Raking. Sebagai wakil rakyat, dia ingin pendidikan di Bontang dapat mencetak anak-anak berprestasi dan juga berkualitas.

Raking mengharapkan, tumpuan pendidikan itu tidak hanya dibebankan kepada sekolah negeri, tetapi juga harus mampu dilahirkan dari sekolah swasta. Karenanya, dia tidak ingin ada lagi dikotomi antara sekolah negeri dan swasta di Bontang.

Dia memandang, baik sekolah negeri dan swasta perlu sama-sama mendapatkan dukungan dan perhatian dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang. Karena bagaimanapun, kedua lembaga pendidikan itu sama-sama menjadi wadah mencetak generasi penerus Kota Bontang.

“Saya kira, sudah tidak saatnya lagi membeda-bedakan antara sekolah negeri dan swasta. Pemerintah harus memberikan pelayanan dan perlakuan yang sama,” kata dia kepada Akurasi.id belum lama ini.

Polisi Partai Berkarya ini menilai, usulan itu sangat dimungkinkan. Sebagai pemerhati pendidikan, baik di Bontang maupun Kaltim melalui Dewan Pendidikan, Raking menganggap penghapusan dikotomi pendidikan antara sekolah negeri dan swasta dapat dihilangkan ke depannya.

“Saya sangat berharap pemerintah terus bersinergi dalam bidang pendidikan. Kita semua ingin pendidikan di Kota Bontang menjadi contoh pendidikan bagi daerah lainnya, terutama dalam penerapan pelayanan dan perlakuan antara sekolah negeri dan swasta yang disamakan,” tutur dia.

Di sisi lain, agar pendidikan di Bontang dapat mencetak pelajar berprestasi dan berkualitas, maka perlu dilakukan pembenahan manajemen. Sebab, maju dan mundurnya pendidikan sangat bergantung dari bagaimana manajemen itu dijalankan.

“Kalau bicara sarana dan prasarana, saya kira Bontang sudah memiliki fasilitas pendidikan yang sangat baik. Sekarang tinggal bagaimana manajemen pengelolaannya saja lagi. Saya yakin, kalau semua sekolah dijalankan dengan baik, maka Bontang akan memiliki banyak sekolah yang berkualitas dan bagus,” imbuhnya.

Baca Juga  Percontohan Budi Daya Lobster di Bontang Kuala, DKP3 Bontang: Tingkatkan Mutu Pelaku Usaha

Tidak hanya itu, pemerintah juga dinilai perlu membenahi dan meningkatkan lagi kualitas serta mutu tenaga pendidik yang ada di Kota Bontang. Tidak hanya bagi sekolah negeri, tetapi juga sekolah swasta. Agar ke depannya, sekolah di Bontang menjadi sekolah yang kompetitif.

“Harapan ke depan, nanti pemerintah bisa memberi training atau pelatihan manajemen ke sekolah-sekolah, bukan hanya sekolah milik pemerintah saja tetapi juga kepada sekolah yang dikelolah oleh masyarakat,” pungkasnya. (*)

Editor: Yusuf Arafah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks