Hard News

Ratusan Blangko KTP-el Ludes dalam Dua Hari

Ratusan Blangko KTP-el Ludes dalam Dua Hari
Ilustrasi. (Net)

Akurasi.id, Bontang – Stok blangko KTP-el habis di hampir semua daerah. Penyebabnya lantaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sedang mengadakan blangko KTP-el.

Pekan lalu pemerintah pusat mengirim 500 keping blangko ke Bontang. Dalam kurun dua hari, seluruh blangko itu habis terpakai.

“Tepat Jumat pagi ini blangko KTP-el sudah habis,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bontang, Yuliatinur, Jumat (9/8/19).

Pihaknya telah mengajukan pengadaan 5.000 keping blangko. Usulan itu sudah lama disampaikan kepada pemerintah pusat. Saat pembagian, Bontang hanya mendapat 500 keping.

“Setiap persediaan blangko kami infokan di website kami, facebook, dan running text di kantor,” ujarnya.

Disdukcapil pun memprioritaskan pencetakan KTP-el. Siapapun yang mengurus KTP-el akan dilayani selama blangko tersedia.

“Tak dibatasi dan tidak membedakan. Karena sebelumnya kami pernah cetak semua. Ternyata orang yang bersangkutan sudah pindah. Makanya sekarang yang datang baru dicetak. Kecuali kalau blangko melimpah stoknya,” jelas dia.

Kekosongan blangko membuat Disdukcapil Bontang mengambil alternatif lain. Surat keterangan (suket) diterbitkan sebagai pengganti sementara KTP-el. Sebanyak 1.044 suket telah diterbitkan Disdukcapil Bontang per Kamis (8/8/19).

“Fungsinya sama. Hanya beda ukuran dan batas waktu. Suket dibatasi hanya enam bulan,” bebernya.

Kata Yuliatinur, kekosongan blangko dialami berbagai daerah di Indonesia. Data yang diterima media ini, Balikpapan sudah menerbitkan 24 ribu suket. Sedangkan perekaman yang siap cetak sebanyak 3.400.

“Balikpapan kemarin sama dengan Bontang. Dapat jatahnya hanya 500 keping. Termasuk Samarinda,” bebernya. (*)

Penulis: Ayu Salsabila
Editor: Ufqil Mubin

Tags
Show More

Tinggalkan Komentar!

avatar

Artikel Terkait

Back to top button
Close
Close