Dinas Perpustakaan dan Kearsipan

Aplikasi iBontang Jadi Kunci DPK Bontang Jaga Budaya Literasi di Masa Pandemi Covid-19

Aplikasi iBontang Jadi Kunci DPK Bontang Jaga Budaya Literasi di Masa Pandemi Covid-19
Aplikasi iBontang yang disediakan DPK Bontang ini bisa jadi pilihan aplikasi membaca di masa pandemi Covid-19. (Akurasi.id)

Aplikasi iBontang Jadi Kunci DPK Bontang Jaga Budaya Literasi di Masa Pandemi Covid-19. Untuk mendapatkan aplikasi itu terbilang cukup mudah yakni dengan cara men-download aplikasinya di Google Play. Ayo membaca dengan iBontang.

Akurasi.id, Bontang – Pandemi Covid-19 tampaknya tidak menyurutkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Bontang untuk selalu mengajak masyarakat menjadikan membaca sebagai bagian dari budaya literasi serta rutinitas mengisi waktu setiap harinya.

Baca juga: Bidik Lomba Perpustakaan Tingkat Kaltim, DPK Bontang Siapkan 3 Perpustakaan Kelurahan

Walau saat ini, jumlah pemustaka yang berkunjung ke DPK Bontang sedang dilakukan pembatasan sebagai upaya penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, namun hal itu tidak membuat DPK lantas patah arah. Lewat aplikasi iBontang, pemustaka dapat tetap menikmati kegiatan membaca secara daring.

Untuk diketahui, aplikasi iBontang merupakan salah satu inovasi DPK Bontang untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Lewat aplikasi iBontang, kini para pembaca atau pemustaka dapat membaca secara daring atau online, terlebih di masa pandemi Covid-19.

Aplikasi ini sendiri telah dicetuskan sejak 2018 lalu dan bekerja sama dengan PT Woolu Aksaramaya. Aplikasi tersebut ini menjadi begitu produktif di masa pandemi Covid-19, mengingat hampir semua aktivitas masyarakat saat ini dibatasi dan dilakukan di rumah saja. Sehingga banyak masyarakat mengalihkan kegiatannya secara online.

Kepala Seksi (Kasi) Pembinaan dan Pengembangan Budaya Etnis DPK Bontang, Heldarina menuturkan, di masa pandemi ini, DPK mencoba memaksimalkan sebaik mungkin keberadaan aplikasi smartphone dalam hal ini aplikasi bernama iBontang.

“Ini menjadi bagian dari inovasi pelayanan yang bisa kami lakukan di masa pandemi Covid-19. Semoga dengan aplikasi itu, masyarakat tetap dapat menikmati kegiatan membaca secara online,” katanya saat ditemui di kantornya, Selasa (2/11/2020) lalu.

Heldarina menuturkan, aplikasi iBontang sendiri merupakan aplikasi digital yang dipersembahkan DPK Kota Bontang agar memudahkan masyarakat membaca secara digital. Artinya, sekarang masyarakat tetap dapat membaca buku-buku yang mereka suka tanpa meski datang ke kantor DPK Bontang.

Apalagi aplikasi ini berbasis media sosial yang dilengkapi dengan elektronik reader (eReader) untuk membaca elektrobik book (eBook). Dengan fitur-fitur media sosial, masyarakat Bontang bisa terhubung dan berinteraksi dengan pengguna yang lain.

“Masa pandemi ini membuat kita lebih sering berinteraksi di rumah, oleh karena itu para pemustaka bisa memanfaatkan aplikasi dari DPK, yakni iBontang. Di aplikasi itu banyak koleksi eBook yang bisa dinikmati para pembaca di kota Bontang,” pungkasnya. (*)

Penulis: Rezki Jaya
Editor: Dirhanuddin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks