Dinas Perpustakaan dan Kearsipan

Ingat Jadwal Perpustakaan Keliling Sabtu Sore di Taman Adipura Bontang

Ingat Jadwal Perpustakaan Keliling Sabtu Sore di Taman Adipura Bontang
Ingat jadwal perpustakaan keliling setiap Sabtu sore. Kasi Pengelolaan dan Pelayanan Perpustakaan DPK, Alifia Rizkiyanti mengajak warga meningkatkan minat baca. (Rezki Jaya/Akurasi.id)

Ingat jadwal perpustakaan keliling Sabtu sore di Taman Adipura Bontang. Diharapkan tidak mengurangi minat baca masyarakat di masa pandemi.

Akurasi.id, Bontang – Di masa pandemi Covid-19 saat ini, tidak menjadi hambatan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Bontang dalam menjalankan programnya. Salah satunya Perpustakaan Keliling.

Baca juga: DPK Bontang Didukung Perusahaan untuk Sukseskan Program Literasi

Meski Bontang belum bersih dari virus Corona, masyarakat kini mulai beraktivitas seperti biasa. Bedanya, mereka tetap menjalankan protokol kesehatan.

Melihat itu, DPK Bontang berinisiatif kembali menjalankan program Perpustakaan Keliling. Selain itu, dinas perpustakaan yang beralamatkan di Jalan HM Ardans nomor 1, Kelurahan Satimpo, Kecamatan Bontang Selatan ini juga mendapat usulan agar program tersebut kembali dijalankan.

Pasalnya, Perpustakaan Keliling sempat vakum selama 6 bulan lebih akibat pandemi Covid-19 yang semakin meluas sejak Maret 2020 lalu.

“DPK Bontang mendapatkan usulan untuk memberikan pelayanan tersebut di Taman Adipura,” kata Alifia Rizkiyanti, Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan dan Pelayanan Perpustakaan DPK Bontang mewakili Kepala DPK Bontang Retno Febriaryanti, saat ditemui Akurasi.id, Kamis (5/11/2020).

Rencananya, Perpustakaan Keliling DPK Bontang kembali turun ke jalan setiap Sabtu sore, yakni pukul 16.00 – 18.00 Wita, di Taman Adipura Jalan Piere Tendean, Kelurahan Bontang Kuala, Kecamatan Bontang Utara.

Namun berbeda dari biasanya, pengunjung perpustakaan keliling diimbau agar menaati protokol kesehatan saat membaca buku. Antara lain menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer. Selain itu, untuk anak-anak usia dini yang ingin membaca perlu mendapat pendampingan dari orang tua.

“Untuk pelayanan Perpustakaan Keliling ini kami lakukan di Taman Adipura di Bontang Kuala. Tetapi mengingat sekarang masih dalam kondisi pandemi, kami juga tetap menjaga para pengunjung dan juga staff yang bekerja. Jadi tetap mengutamakan protokol kesehatan,” jelas dia.

Untuk diketahui, program Perpustakaan Keliling merupakan salah satu andalan DPK Bontang. Sebelumnya, program ini terus aktif dijalankan hingga sebelum pandemi Covid-19.

Meski pandemi, kini Perpustakaan Keliling kembali aktif namun dengan pembatasan jadwal. Tujuannya untuk meningkatkan minat baca namun tetap berusaha meminimalisir penyebaran virus corona.

“Masa normal dulu, kami rutin keliling selama empat kali dalam sepekan. Kini sementara cukup sepekan sekali hingga kondisi aman,” pungkasnya. (*)

Penulis/Editor: Suci Surya Dewi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks