Dinas Perpustakaan dan Kearsipan

Tingkatkan Minat Menulis Anak, DPK Bontang Menyelenggarakan Webinar

Tingkatkan Minat Menulis Anak, DPK Bontang Menyelenggarakan Webinar
Tingkatkan Minat Menulis Anak, DPK Boontang gelar webinar bertema Motivasi Menulis Pada Anak di Masa Pandemi. (Rezki Jaya/Akurasi.id)

Tingkatkan minat menulis anak, DPK Bontang menyelenggarakan webinar. Kali ini narasumbernya merupakan penulis lokal yang memiliki segudang prestasi dan aktivitas, yakni Muthi’ Mas’fuah.

Akurasi.id, Bontang – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Bontang kembali mengadakan web seminar (webinar) yang bertemakan “Motivasi Menulis Pada Anak di Masa Pandemi”. Tujuannya untuk meningkatkan minat literasi di Kota Taman -sebutan Bontang-.

Baca juga: Perpustakaan Pesisir Kekurangan Buku, DPK Bontang Berjanji Akan Benahi

Retno Febriaryanti selaku Kepala Dinas DPK Bontang menjelaskan, tujuan webinar kali ini untuk menumbuhkan kebiasaan menulis pada anak. Terutama di masa pandemi ini, agar anak mempunyai kebiasaan yang positif.

“Tujuannya kami melakukan webinar kali ini agar masyarakat di masa pandemi ini, lebih bersemangat dalam berliterasi. Terkhusus untuk orang tua agar dapat mendampingi anak-anaknya dalam menulis,” jelas Retno saat di wawancarai Akurasi.id di Kantor DPK Bontang, Jalan HM Ardans nomor 1, Kelurahan Satimpo, Kecamatan Bontang Selatan, Rabu (11/11/2020).

Dia menjelaskan, selain anak, peranan orang tua di masa pandemi ini sangat besar. Mengingat akibat pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih menyelimuti Kota Bontang, banyak kegiatan anak yang dilakukan di dalam rumah. Seperti sekolah melalui daring, belajar, bahkan bermain. Peran orang tua sangat penting untuk memerhatikan anak.

Tingkatkan Minat Menulis Anak, DPK Bontang Menyelenggarakan Webinar
Kepala dinas DPK Bontang, Retno Febriaryanti. (Rezki Jaya/Akurasi.id)

“Orang tua adalah yang paling dekat dengan anak, yang selalu mengawasi anak, jadi di sini pentingnya peranan orang tua. Literasi ini luas, salah satunya membaca dan menulis. Orang tua harus memberikan semangat kepada anak dan memberikan pengertian akan pentingnya menulis sejak dini,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan dan Pelayanan Perpustakaan DPK Bontang Alifia Rizkiyanti pun menjelaskan, webinar ini untuk menumbuhkan minat menulis pada anak yang dimulai dari sekarang. Terlebih di masa pandemi seperti ini.

Selain itu, dia menjelaskan pihak PT Pupuk Kalimantan Timur turut membantu dalam memberikan souvenir kepada peserta yang memiliki pertanyaan terbaik dalam pelaksanaan webinar tersebut. Pertanyaan terbaik dipilih langsung oleh narasumber, Muthi’ Masfu’ah.

“PT Pupuk Kaltim juga memberikan bantuan berupa souvenir. Souvenir tersebut adalah 5 tumbler dan 5 flash disk untuk 10 penanya terbaik untuk peserta webinar,” pungkasnya.

Untuk diketahui, narasumber yang mengisi webinar DPK Bontang kali ini Muthi’ Masfu’ah. Merupakan Pembina FLP Kids Bontang, yang pernah menjabat sebagai Ketua FLP Kaltim periode 1998-2010. Berprestasi penulisan tingkat  nasional, serta telah menulis 20 buku solo dan masuk dalam 20 buku antalogi nasional. Perempuan berjilbab ini juga merupakan aktivis sebagai ketua Gagas Citra Media, literasi Kaltim, owner Rumah Kreatif dan Bimbel Salsabila. (*)

Penulis: Rezki Jaya
Editor: Suci Surya Dewi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks