DPRD Bontang

DPRD Bontang Usulkan Tilang Khusus dan Arena Balap

DPRD Bontang Usulkan Tilang Khusus dan Arena Balap
DPRD Bontang usulkan tilang khusus, Ketua Komisi III DPRD kota Bontang, Amir Tosina beri penjelasan. (Muhammad Budi Kurniawan/Akurasi.id)

DPRD Bontang usulkan tilang khusus dan arena balap di Berbas Pantai. Pasalnya kawasan tersebut kerap menjadi tempat arena balap liar. Tak sedikit pula menambah terjadinya kasus kecelakaan lalu lintas.

Akurasi.id, Bontang – Seorang pengendara motor di bawah umur diketahui meninggal di tempat usai terlibat kecelakaan tunggal yang terjadi di kawasan Kelurahan Berbas Pantai, Kecamatan Bontang Selatan, belum lama ini.

Baca juga: DPRD Bontang Sidak Lahan Pemakaman, Amir Tosina: Lokasi dan Akses Jalan Sudah Memadai

Hal tersebut mendapat sorotan dari Ketua Komisi III DPRD Bontang, Amir Tosina. Menurutnya kawasan tersebut kerap terjadi kecelakaan lantaran minimnya rambu-rambu lalu lintas yang seharusnya jadi tanggung jawab Dinas Perhubungan (Dishub).

“Selain rambut-rambu, kurangnya pantauan dari pihak kepolisian dalam hal ini polantas, menyebabkan di area itu sering dijadikan tempat balap liar oleh kawula muda. Seharusnya pihak polantas lakukan antisipasi. Mau terjadi balapan atau tidaknya di sana harus terus dipantau,” ucap Amir, saat dikonfirmasi Jumat (20/11/2020) kemarin.

Selain itu, dia sempat mendapat laporan dari masyarakat sekitar. Salah satunya banyak motor memakai knalpot racing yang suaranya memekakkan telinga. Sehingga warga sekitar terganggu.

“Dulu kan sempat terjadi keributan gara-gara masalah itu. Oleh dari itu saya berharap pihak kepolisian dapat melakukan pemantauan ekstra demi menjaga ketertiban di wilayah Bontang,” ujarnya.

Amir juga berharap pemerintah dapat memberikan akses bagi pemuda Kota Bontang yang memiliki hobi balap agar dibuatkan arena khusus bagi mereka.

“Kalau ada arena khususnya kan warga aman. Anak-anak yang memiliki hobi balap aman dan sekaligus bisa menyalurkan hobi dan bakatnya. Ketimbang memakai jalan raya bisa merugikan pengguna jalan lainnya,” terangnya.

Politikus partai Gerindra itu pun berencana akan memanggil pihak terkait guna membahas permasalahan ini. Disinggung Amir, pihaknya juga pernah mengusulkan untuk dibuatkan perda terkait permasalahan tersebut.

“Kita pun sebelumnya sudah mengusulkan perda terkait tilang khusus bagi anak yang kedapatan balapan liar. Namun belum ada hasil, untuk itu kami akan coba berkoordinasi kembali membahas usulan itu kembali,” pungkasnya. (*)

Penulis: Muhammad Budi Kurniawan
Editor: Suci Surya Dewi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks