RSUD Bontang

Ramahnya Pelayanan untuk Disabilitas di RSUD Taman Husada Bontang

Ramahnya Pelayanan untuk Disabilitas di RSUD Taman Husada Bontang
Pelayanan Rehabilitasi Medik di Poli Tumbuh Kembang Anak RSUD Taman Husada Bontang. (Rae Anugrah/Akurasi.id)

Akurasi.id, Bontang –Poli Tumbuh Kembang hadir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Taman Husada Bontang. Poli ini didukung para dokter yang berpengalaman dibidangnyaini hadir bertujuan menunjang pelayanan agar lebih aman dan nyaman untuk para pasien yang berkunjung.

Baca juga: Jadwal Pelayanan Spesialis Bedah Mulut RSUD Taman Husada Bontang

Poli Tumbuh Kembang dibuka mulai Senin-Kamis pukul 08.00-16.00 Wita dan Jumat pukul 08.00-11.30 Wita. Kepala Ruangan Rehabilitasi Medik dr Dian Rahmawati menjelaskan tujuan dibentuknya poli ini untukmenangani pasien difabel. Selain itu juga menangani salah satu dari cabang kedokteran yang mempelajari tentang masalah penyandang disabilitas.

Difabel dan disabilitas sendiri memiliki makna yang agak berlainan.Dian mengatakan difabel (different ability- kemampuan berbeda, Red.) didefinisikan sebagai seseorang yang memiliki kemampuan dalam menjalankan aktivitas berbeda jika dibandingkan dengan orang pada umumnya. Sementara disabilitas diartikan sebagai seseorang yang belum mampu berakomodasi dengan lingkungan sekitarnya.

“Pelayanannya itu meliputi penanganan pasien baru, pasien lama, dari adanya nyeri akut sampai nyeri kronis mulai dari fase penyembuhan.Pada bagian tumbuh kembang anak juga termasuk dari layanan kami,” ucap dr Dian.

Untuk tenaga yang terlibat, kata dr Dian,ada spesialis rehabilitasi medik, fisioterapi, terapi wicara,terapi okupasi, dan juga melayani pemeriksaan serta pemenasan alat bantu.Seperti sepatu koreksi, kaki palsu, dan lainnya.

Sepatu koreksi yang dimaksud ini merupakan alat bantu medis yang digunakan untuk perawatan pada masalah kaki dan sendi kaki, tujuannya untuk mempermudah pasien yang membutuhkan alat bantu tersebut.

Kepada media ini, dr Dian juga menjelaskan bahwa untuk rumah sakit tipe B tidak memiliki bengkel untuk membuat alat-alat bantu tersebut.Meski demikian pihaknya bisa menjadi penyalur untuk para pasien yang membutuhkan layanan tersebut.

“Walaupun di RSUD Taman Husada Bontang ini tidak bisa membuat alat bantu karena rumah sakit tipe B, tidak seperti rumah sakit besar pada umumnya, tetapi kami bisa menyembatani para pasien untuk mendapatkan layanan tersebut,”jelasnya.

Sementara ini untuk peralatan rehabilitasi di RSUD memiliki beberapa alat seperti low laser, high laser, SWT untuk kasus-kasus nyeri kronis, spasmo, hingga spastik.

“Layanan khusus di poli ini yaitu terapi wicara ini tidak hanya untuk anak-anak, tetapi untuk pasien dewasa dengan gangguan stroke,” pungkasnya. (*)

Penulis: Rezki Jaya
Editor: Suci Surya Dewi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks