DKP3 Bontang

Daerah Nyerakat Kiri Bakal Jadi Projek Awal Penanaman Berbasis Pekarangan DKP3 Bontang

Daerah Nyerakat Kiri Bakal Jadi Projek Awal Penanaman Berbasis Pekarangan DKP3 Bontang
Kabid Ketahanan Pangan DKP3 Bontang Debora Kristiani saat ditemui di ruang kerjanya. (Muhammad Budi Kurniawan/Akurasi.id)

Daerah Nyerakat Kiri bakal jadi projek awal penanaman berbasis pekarangan DKP3 Bontang. Selain menjadi bagian dari program nasional, dibangunnya Pekarangan Kampung Tangguh Nusantara untuk meningkatkan sumber pangan masyarakat.

Akurasi.id, Bontang – Program menanam di pekarangan rumah sebagai bagian dari program nasional terus digalakkan Dinas Ketahanan Pangan Perikanan dan Pertanian (DKP3) Kota Bontang. Terlebih di masa pandemi Covid-19 saat ini, gerakan itu perlu dimasifkan agar membantu masyarakat terhindar dari wabah tersebut.

Baca juga: Hobi Menanam saat Pandemi, DKP3 Bontang Apresiasi Masyarakat Manfaatkan Pekarangan

Untuk itu, DKP3 Bontang dalam beberapa waktu terakhir terus menggemakan gerakan menanam di pekarangan rumah di antaranya berencana membangun Rumah Pangan Lestari (RPL) Pekarangan Kampung Tangguh Nusantara (KTN) di daerah Nyerakat Kiri, Kelurahan Bontang Lestari.

Untuk diketahui bahwa program KTN merupakan program pemerintah pusat yang bersinergi dengan pihak Kepolisian, TNI, Dinas Kesehatan, dan DKP3 Bontang. Program ini menjadi program pemerintah pusat untuk meningkatkan ketahanan pangan masyarakat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DKP3 Bontang Arman melalui Kepala Bidang (Kabid) Ketahanan Pangan, Debora Kristiani mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan pengadaan fasilitas untuk pemanfaatan pekarangan rumah di kawasan KTN Nyerakat Kiri.

“Ada bantuan dari pemerintah kota untuk menindaklanjuti program KTN di Nyerakat Kiri,” kata Debora saat ditemui di ruang kerjanya oleh wartawan media ini, Senin (9/11/2020).

Selain itu, ia menerangkan bahwa kawasan KTN Nyerakat Kiri dalam waktu dekat ini akan dibangun Rumah Pangan Lestari atau RPL di pekarangan rumah warga.

“Jadi nanti kami bikin RPL di KTN Nyerakat Kiri. Bantuan untuk pekarangan RPL berupa media tanah, polybag, rak untuk jadi wadah tanaman, pupuk organik. Kemudian bantuan lain berupa bibit buah seperti sawo, mangga, kelengkeng,” paparnya.

Pemberian bantuan untuk pemanfaatan pekarangan RPL itu nantinya diperuntukkan bagi 65 kepala rumah tangga di KTN Nyerakat Kiri, Keluarahan Bontang Lestari. Adapun bantuan tersebut sesuai dengan permintaan warga yang telah menjadi kelompok RPL.

“Karena polybag mahal, dan ada permintaan dari masyarakat, jadi kami berikan, kebetulan memang ada bantuan diberikan pemerintah daerah, dan rencananya di pekarangan masyarakat ini akan menanam sayuran organik,” terangnya.

Lanjut Debora, saat ini pihaknya tengah gencar melakukan sosialisasi kepada warga KTN Nyerakat Kiri dengan memberikan ilmu dan bimbingan dalam melakukan penanaman melalui pekarangan.

Debora berharap dengan bantuan tersebut dapat memacu masyarakat meningkatkan tanaman di pekarangan mereka, sehingga dapat meningkatkan swasembada pangan Kota Bontang dan dapat mengonsumsi sayuran dan buah secara organik.

“Bisa juga dijual, karena kami tahu lebih mahal, dan bisa juga mereka konsumsi sendiri. Intinya hasilnya mereka kelola sendiri,” katanya. (*)

Penulis: Muhammad Budi Kurniawan
Editor: Dirhanuddin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks