DKP3 Bontang

Hobi Menanam saat Pandemi, DKP3 Bontang Apresiasi Masyarakat Manfaatkan Pekarangan

Hobi Menanam saat Pandemi, DPK3 Bontang Apresiasi Masyarakat Manfaatkan Pekarangan
Hobi menanam saat pandemi kini digandrungi. Salah satunya memanfaatkan pekarangan untuk bercocok tanam. (Ist)

Hobi menanam saat pandemi, DKP3 Bontang apresiasi masyarakat manfaatkan pekarangan. Kegiatan positif tersebut memiliki banyak manfaat, salah satunya menghemat pengeluaran belanja kebutuhan.

Akurasi.id, Bontang – Di masa pandemi seperti saat ini, banyak para pekerja yang melakukan pekerjaannya di rumah atau Work Form Home (WFH). Selain bekerja tidak sedikit dari mereka menghabiskan waktunya di rumah dengan bercocok tanam yang memanfaatkan lahan pekarangan.

Baca juga: Seluruh Nelayan Bontang Dapat Asuransi Menjadi Target DKP3 Bontang

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Ketahahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian (DKP3) Kota Bontang, Arman melalui Kepala Bidang (Kabid) Ketahanan Pangan Debora Kristiani menyebutkan, bahwa pandemi saat ini banyak masyarakat yang beraktivitas di rumah. Salah satunya memanfaatkan pekarangan rumah mereka untuk menanam berbagai jenis sayur-sayuran atau buah.

“Pandemi ini ada dampaknya apalagi bagi mereka yang hobi menanam, selama bekerja di rumah, mereka memanfaatkan perkarangan untuk menanam kebutuhan pangan makan mereka sehari-hari,” ucap debora saat dikonfirmasi, Rabu (28/10/2020).

DKP3 Bontang akan Menjalankan Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Buat Kampung Tangguh

Selain itu Debora menjelaskan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan menjalankan program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Kampung Tangguh yang rencananya dilaksanakan pada November mendatang di Kelurahan Bontang Lestari, Kecamatan Bontang Selatan.

“Target kami 30 orang, yang seluruhnya ibu-ibu dari PKK, yang memiliki perkarangan rumah untuk dijadikan tempat bercocok tanam,” ujarnya.

Debora menambahkan, selain menghemat pengeluaran, dalam pemanfaatan menanam di pekarangan mereka juga akan memperoleh panganan yang sehat.

“Selain menghemat pengeluaran, Kalau mereka tanam sendiri kan bisa tahu bahan-bahan mereka yang gunakan aman,” terangnya.

Selain memberikan bantuan pembinaan, Dinas Ketahahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian (DKP3) Kota Bontang juga akan menghibahkan benih dan peralatan menanam.

“Nantinya program itu, selain melakukan pembinan, kami juga akan memberi bantuan berupa benih, dan polybag kepada kelompok kami,” pungkasnya. (*)

Penulis: Muhammad Budi Kurniawan
Editor: Suci Surya Dewi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks