DKP3 Bontang

Seluruh Nelayan Bontang Dapat Asuransi Menjadi Target DKP3 Bontang

Seluruh Nelayan Bontang Dapat Asuransi Menjadi Target DKP3 Bontang
Nelayan Bontang dapat asuransi menjadi target DKP3 Bontang kedepannya. Nampak DKP3 Bontang melakukan pembinaan kepada nelayan belum lama ini. (Dok DKP3 Bontang)

Seluruh nelayan Bontang dapat asuransi menjadi target Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian (DKP3) Bontang. Sebab risiko nelayan cukup besar lantaran bekerja di laut.

Akurasi.id, Bontang – Warga Bontang banyak menggantungkan kehidupannya sebagai nelayan demi memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Di tengah laut mereka berjibaku melawan ganasnya ombak, cuaca ekstrim, dan banyak hal lain yang dapat merenggut nyawa mereka.

Baca juga: DKP3 Bontang Bina Nelayan, Ajak Bentuk Kelompok Guna Tingkatkan SDM

Sebagai bentuk kepedulian kepada nelayan, Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian (DKP3) Kota Bontang menargetkan semua nelayan di Kota Taman – sebutan Bontang – mendapatkan asuransi. Mengingat asuransi penting bagi nelayan.

Kasi Perikanan Tangkap Ikan Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan dan Pertanian (DKP3) Kota Bontang Idhamsyah mengatakan, meski hampir semua nelayan di Kota Bontang sudah mengantongi asuransi, namun ada beberapa nelayan baru belum mendapat asuransi.

“Sebenarnya semua nelayan sudah terpenuhi untuk asuransinya, dan semuanya dapat bantuan namun ada beberapa nelayan memang yang belum terdaftar,” ucap Idhamsyah saat dikonfirmasi belum lama ini.

Ia menuturkan, banyak nelayan baru yang belum terdaftar sebagai peserta asuransi. Sebagian dari mereka murupakan warga yang beralih profesi. Selain itu ada juga para warga pendatang yang ikut menjadi nelayan di Bontang.

“Seringkali saat kami ke lapangan tidak dapat mendeteksi adanya nelayan baru, karena banyak juga nelayan yang baru yang masuk ke Bontang,” jelasnya.

Menurut pria yang kerap disapa Idham itu, semua nelayan berhak mendapatkan asuransi. Mengingat pekerjaan mereka terbilang berisiko di mana untuk mencukupi kebutuhan konsumen mereka kerap kali menghadapi cuaca ekstrim di laut.

“Asuransi tentu penting, karena pekerjaan mereka selalu menghadapi cuaca ekstrim, seperti ombak besar, angin kencang, hujan badai di laut, tak jarang banyak nelayan menjadi korban dari pekerjaannya itu,”  pungkasnya. (*)

Penulis: Muhammad Budi Kurniawan
Editor: Suci Surya Dewi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks