Diskominfo Kutim

Antisipasi Hoaks, Diskominfo Luncurkan Website Seputar Informasi Virus Corona di Kutim

website diskominfo kutim
Kepala Diskominfo Kutim Suprihanto. (Ella Ramlah/Akurasi.id)

Akurasi.id, Sangatta – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) meluncurkan Website Covid-19, dengan alamat corona.kutaitimurkab.go.id, Selasa (31/03/20).

Website tersebut berisikan informasi tentang virus corona, atau covid-19 yang ada di Bumi Untung Benua –sebutan Kutim. Kehadiran website itu sekaligus sebagai media informasi atas kasus corona dan menangka; berbagai informasi hoaks seputar itu.

baca juga: Lawan Covid-19, PDAM Kutim Tingkatkan Kadar Kaporit, Siapkan Air Cuci Tangan di Sarana Publik

Kepala Diskominfo Kutim, Suprihanto mengatakan, bahwa dalam website itu masyarakat dapat mengetahui beragam informasi terkait virus corona yang tengah membuat masyarakat resah saat ini.

Mulai dari data jumlah orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), kasus positif corona, dan beragam informasi lain atas penangganan corona di Kutim akan disampaikan semua di website tersebut.

“Intinya seputar covid-19 atau corona, sampai dengan imbauan bagaimana memakai masker yang benar serta cara mencegah agar tidak tertular virus tersebut, semua kami sampaikan di website itu,” ujarnya.

Dengan adanya website tersebut, pihaknya berharap agar masyarakat tidak panik dan mendapatkan informasi yang benar. Sehingga, kesadaran masyarakat dapat timbul untuk mencegah, mewaspadai sampai kepada melapor kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutim jika baru saja bepergian ke luar negeri atau daerah yang telah terpapar wabah corona.

Dikatakan Suprihanto, pihak Diskominfo Kutim akan berupaya untuk memberikan informasi yang terbaru, setiap harinya. Sehingga masyarakat dapat memantau terus perkembangan terkini soal wabah virus corona, baik di sekala nasional, Kaltim, dan khususnya Kutim.

“Sementara ini akan kami update terus berbagai informasi seputar corona setiap jam 12.00 Wita atau siang,” jelasnya.

Dengan adanya website tersebut, pihaknya berharap agar masyarakat tidak gampang menerima informasi yang tak jelas sumbernya atau hoaks sehingga menimbulkan kepanikan.

Meski dalam peluncuran akses informasi melalui website corona.kutaitimurkab.go.id., diakui Suprihanto masih ada beberapa kendala, terutama pada wilayah-wilayah yang belum tersentuh jaringan internet (blank spot).

“Walau demikian kami tetap berupaya mengirimkan informasi dan data melalui isi pesan singkat melalui SMS, serta mengajak kepada rekan-rekan media untuk bersinergi dengan pemerintah, untuk bersama menyosialisasikan sumber informasi dan data secara resmi dari website kami untuk diteruskan kepada masyarakat hingga pelosok desa,” pungkasnya. (*)

Penulis: Ella Ramlah
Editor: Dirhanuddin

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks