DPRD KaltimIsu Terkini

Garap Pariwisata Leading Sektor Ekonomi, DPRD Kaltim Ajak Stakeholder Bangkit dari Jerat Covid-19

Garap Pariwisata Leading Sektor Ekonomi, DPRD Kaltim Ajak Stakeholder Bangkit dari Jerat Covid-19
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Ely Hartati Rasyid, ingin pemerintah serius menggarap potensi pariwisata yang dimiliki Kaltim. (Samuel Gading/Akurasi.id)

Garap pariwisata leading sektor ekonomi, DPRD Kaltim ajak stakeholder bangkit dari jerat Covid-19. Ragam kebijakan relaksasi yang dihadirkan pemerintah pusat maupun provinsi harus ditangkap sebagai peluang untuk perlahan membangkitkan sektor pariwisata.

Akurasi.id, Samarinda – Sektor pariwisata babak belur gara-gara virus corona atau wabah Covid-19. Di seantero negeri, pelaku bisnis destinasi wisata dibuat memeras pikiran berbulan-bulan lantaran sektor itu mendadak sepi, hal itu seiring kebijakan pembatasan sosial dari pemerintah.

Menyikapi hal itu, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Ely Hartati Rasyid menegaskan, bahwa para wakil rakyat berkomitmen untuk memperbaiki sektor pariwisata di tengah situasi pandemi ini.

Baca Juga  Pemprov Diminta Tak Abaikan Peran DPRD Kaltim Dalam Pengawasan Perubahan Perusda ke Perseroda

“Kami sangat berkomitmen, siap duduk bareng dengan semua pelaku usaha untuk menggenjot kembali sektor pariwisata Kaltim,” ucap Ely ditemui di Gedung D DPRD Kaltim.

Wanita berkerung ini menilai hal ini perlu dilakuan, sebab ia  melihat tingkat kunjungan ke daerah benar-benar anjlok. Belakangan, pemerintah daerah memang bereaksi dengan menggulirkan relaksasi untuk membangkitkan kembali perekonomian yang timpang. Untungnya, ia menilai hasilnya bisa langsung dirasakan.

“Pariwisata belakangan malah untung. Semakin ramai dan semakin tumbuh (seiring kebijakan pemulihan ekonomi di tengah situasi pandemi Covid-19 yang belum mereda),” sebut Ely.

Politikus Partai PDI Perjuangan Daerah Pemilihan Kutai Kartanegara (Kukar) itu mencontohkan, destinasi wisata yang kembali ramai di dapilnya seperti Taman Wisata Desa Kembang Jaong, Taman Gubang, Taman Cempaka, hingga Bukit Durian, kini menjadi episentrum pariwisata Gerbang Raja -sebutan Kukar.

Baca Juga  Pelabuhan Loktuan Bontang Jadi Tempat Bongkar Muat Batu Bara Dianggap Hanya Akan Merugikan Masyarakat

“Masih banyak lainnya yang juga ramai di kunjungi. Dengan tahapan relaksasi saat ini, memang kita harus cepat,” lanjutnya.

Contoh di luar Kaltim, yakni sektor pariwisata di Bali yang kembali bangkit. Kaltim sebutnya, harusnya bisa mencontoh pembangkitan kembali tingkat kunjungan wisatawan ke daerah, agar provinsi ini tak terus-terusan bergantung sektor industri ekstraktif atau sumber daya alam tak terbarukan.

Ely pun menyebut, DPRD Kaltim akan segera merealisasikan hal tersebut dengan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Kaltim. Sehingga segala potensi pariwisata yang terdapat di Bumi Etam, bisa dimaksimalkan dan menjelma menjadi leading sector ekonomi Kaltim.

“Parwisata adalah salah satu sektor andalan yang harus dikembangkan. Banyak yang harus kita benahi. Termasuk Museum Mulawarman yang menjadi salah satu fokus saya,” pungkasnya. (*)

Penulis: Samuel Gading
Editor: Muhammad Aris

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Back to top button
Enable Notifications    OK No thanks